3 Tips Mengatasi Gengsi, Baca Sebelum Anda Bangkrut

3 Tips Mengatasi Gengsi, Baca Sebelum Anda Bangkrut

Tahukah Anda jika ada banyak sekali efek samping dari berlebihan, seperti misalnya depresi, bangkrut dan ditinggalkan orang-orang yang disayang. Bahkan tak jarang kita akhirnya mendengar berita-berita yang mengenaskan tentang orang-orang yang mengakhiri hidupnya karena terlilit utang menggunung dengan nominal yang luar biasa. Dan bisa jadi semua itu berawal dari kegagalan untuk melawan yang berlebihan.

Menjadi kaya dan sukses itu memang penting, namun jika hanya ingin bergaya dan panen pujian padahal diri sendiri tidak sebaik, sekaya, sesukses yang dilihat orang lain, maka semua akan berujung pada kehancuran.

Baca juga  10 Cara Tak Terduga untuk Memperpanjang Umur

Lantas bagaimana untuk bisa terluput dari jerat yang berlebihan. Berikut adalah 4 mengatasi yang bisa Anda semua praktikan sebelum pada akhirnya terlambat.

Perkuat Jadi Diri

3 Tips Mengatasi Gengsi, Baca Sebelum Anda Bangkrut

Ini adalah pertama untuk mengalahkan yang nantinya akan menghancurkan diri Anda. Apa itu? Berdamailah dengan diri sendiri. Jangan dengar kata orang. Ingat, jika nanti Anda terlilit hutang atau ditinggalkan sanak saudara, mereka tidak akan pernah peduli.

Jika saat ini Anda hanya mampu tinggal di rumah sederhana, pergi bekerja dengan naik bus umum atau belum bisa berlibur ke luar negeri, itu bukanlah masalah serius. Jangan malu dengan apa, siapa dan bagaimana Anda sekarang. Malulah jika harus hidup dalam kepura-puraan. Pura-pura kaya dan membeli aneka barang mewah yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Semua itu justru akan berujung pada kehancuran.

Baca juga  Inilah 5 Kebiasaan Orang Indonesia di Saat Malam Pergantian Tahun Baru

 

Berkumpul Bersama Komunitas Positif

3 Tips Mengatasi Gengsi, Baca Sebelum Anda Bangkrut

Lingkaran sosial Anda akan sangat menentukan diri Anda, khususnya jika Anda mudah terpengaruh. Untuk menjaga agar tidak larut dalam hedonis dan menjadi pemuja , ada baiknya untuk berkumpul dengan orang-orang yang rendah hati, apa adanya dan tidak suka hidup dalam kepura-puraan.

Baca juga  6 Tips Liburan Hemat Ke Bali Ala Backpacker

Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki pasangan, sahabat atau mentor yang selalu mengingatkan Anda untuk tidak menjadi insan yang sombong maupun terlampau mempedulikan .

 

Mengatur Keuangan Dengan Ketat

3 Tips Mengatasi Gengsi, Baca Sebelum Anda Bangkrut

Ada kalanya memang kita harus membeli barang bermerk demi pencitraan diri, namun jika tidak dilakukan dengan perencanaan keuangan yang baik, semua itu akan berujung pada kebangkrutan.

Untuk itu biasakan selalu merencanakan keuangan secara rutin, baik mingguan atau bulanan agar kondisi ekonomi dan finansial Anda tetap terjaga. Selain itu tak ada salahnya untuk mulai menerapkan filosofi hidup sederhana.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.