3 Wisata Pantai di Bangka Belitung dengan Pemandangan yang Eksotis


3 Wisata Pantai di Bangka Belitung dengan Pemandangan yang Eksotis

Berbagai rekomendasi tempat wisata indah di Bangka Belitung perlu Anda miliki sebelum memutuskan untuk melakukan trip ke propinsi yang namanya dirujuk dari nama dua Kepulauan itu. Kenapa demikian? Karena begitu banyaknya tempat-tempat wisata yang eksotis di wilayah ini.

Bukan tanpa alasan jika pemerintah menetapkan Bangka Belitung sebagai satu dari delapan belas tujuan utama wisata bahari lewat Sail Indonesia. Alasan pertama karena propinsi yang terletak di pesisir timur Sumatera bagian selatan ini kaya dengan gugusan pulau. Ratusan pulau tersebar di sini, dan baru 470 pulau yang sudah memiliki nama, itupun hanya 50 pulau yang berpenghuni.

Alasan kedua tentu saja karena pesona alam pantai yang dimiliki Bangka Belitung sangat mengagumkan. Semua pantai yang ada di sini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan berkilau, dihiasi batu-batu granit yang unik, dengan air lautnya yang jernih.

Tidak hanya itu, alam bawah laut di Babel adalah sorga bagi para penggemar snorkeling dan diving, karena terumbu-terumbu karang yang ada masih terjaga dengan habitat beragam ikan dan satwa laut lainnya.

Tercatat dalam sejarah, Bangka dan Belitung pada abad XVII hingga awal abad XX dikenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia. Itu sebabnya wilayah yang 20% penduduknya keturunan Tionghoa ini dikenal kaya akan sumber daya alam, serta memiliki cukup banyak bangunan bersejarah, karena aktifitas perekonomian di sini sudah berlangsung sejak lebih dari tiga abad yang lalu.

Untuk wisata religi yang ada di sini adalah bangunan-bangunan Kelenteng China –  Buddha yang jumlahnya sekitar 55 Kelenteng, dan Kelenteng yang tertua dapat dijumpai di Desa Batu Rusa yang berlokasi di sepanjang jalan dari Pangkal Pinang menuju ke Sungai Liat.

Selain memiliki banyak tempat wisata religi, budaya dan sejarah, berwisata ke Bangka Belitung serasa belum lengkap sebelum menikmati keindahan pantai-pantai yang ada di sini. Tidak heran jika propinsi ini dikenal sebagai surganya wisata bahari.

Berikut 3 pantai di Bangka Belitung dengan pemandanganeksotis yang tidak boleh dilewatkan

1. Pantai Tanjung Pesona

Pantai yang berlokasi di Desa Rambak, Sungailiat ini menjadi tempat wisata yang difavoritkan masyarakat Bangka, karena lokasinya yang mudah dijangkau. Jika dari kota Sungailiat hanya butuh waktu sekitar 15 menit, dan jika dari Pangkalpinang butuh waktu 45 menit untuk sampai di sini.

Selain menawarkan keindahan panorama alamnya, Pantai Tanjung Pesona juga menyediakan cukup banyak wahana permainan dan olah raga air, seperti berenang, banana boat, kano, jetski, juga memancing.

Jika ingin memuaskan hobby memancing, tidak perlu membawa peralatan apapun, karena di sini disewakan speedboat lengkap dengan perlatan memancingnya, sehingga tinggal berangkat menuju ke tengah laut untuk menghabiskan waktu dengan memancing.

2. Pantai Parai Tenggiri

Pantai ini memiliki kontur yang landai dan ombak yang tenang, sehingga sangat menyenangkan jika bermain di bibir pantainya atau berenang di pinggiran lautnya. Pemandangan di sekitar pantai juga sangat indah, karena kehadiran batu-batu granit yang berpadu dengan hamparan pasir yang putih berkilau.

Fasilitas yang disediakan bagi para wisatawan di Pantai Parai Tenggiri ini terbilang cukup lengkap, sehingga para wisatawan dapat dengan mudah menyewa perahu beserta peralatan memancingnya, menyewa banana boat atau bermain parasailing.

3. Pantai Matras

Selain memiliki kontur yang sama dengan Pantai Parai Tenggiri, Pantai Matras yang ada di di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat ini juga dihiasi dengan jajaran pohon kelapa yang indah. Pesona tersebut masih ditambah dengan aliran sungai di kawasan pantai, serta bungalow-bungalow yang memang disediakan untuk disewa para wisatawan.

Selain ketiga pantai tersebut, masih banyak pantai-pantai eksotis di Bangka Belitung yang menjadi surga bagi para wisatawan, seperti Pantai Tikus, Pantai Pasir Padi, Parai Beach Resort, Pantai Batu Bedaun, Pantai Rebo, Pantai Teluk Uber, Pantai Air Anyir, Pantai Penyusuk, juga Pantai Romodong. (*)