4 Alasan yang Bikin Orang Baru Di Dunia Bisnis Sering Gagal

4 Alasan yang Bikin Orang Baru Di Dunia Bisnis Sering Gagal 1

Apakah kamu adalah orang yang baru memulai sesuatu di dunia bisnis? Tapi kamu merasa putus asa karena tak kunjung membuahkan hasil? Pernah nanya kenapa nggak? Kenapa ya orang-orang yang baru terjun di dunia bisnis sering gagal? Nah, ogut punya beberapa poin yang mungkin jadi alasan kenapa orang baru di dunia bisnis sering gagal. Mungkin kamu sering ngelakuin ini.

Tujuan yang Belum Jelas

Hal pertama yang paling sering bikin orang baru di dunia bisnis gagal adalah tujuan yang belum jelas. Ketika kalian mau bikin sebuah bisnis, kalian harus memiliki tujuan besarnya dulu. Kenapa mesti ada tujuan? Karena biar jelas kalian menuju kemana. Ketika kalian tahu tujuannya dan tujuan itu jelas, kalian juga bisa memperkirakan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan itu.

Misalnya kalian punya bisnis baru jualan tahu bulat. Kalau kalian cuma sekedar jualan ya bentar aja pasti bakalan bangkrut. Karena nggak tahu mau dibawa kemana. Tapi kalau kalian punya tujuan, misalnya menjadi penjual tahu bulat paling terkenal di Indonesia. Maka kalian akan menentukan strateginya. Ngelakuin promo, dan lain sebagainya. Jadi, udah jelas belum tujuan kalian? Kalau perlu yang detail.

Rencana yang Tidak Terukur

Kalau tujuan yang jelas udah kalian lakuin tapi masih gagal, mungkin kalian nggak punya rencana yang terukur. Inget, ketika udah punya tujuan, maka kalian pasti mau nggak mau akan bikin rencana kan? Nah, ketika kalian bikin rencana, jangan yang ambisius. Lihat kemampuan kalian terlebih dahulu. Misalnya dalam rencana kalian ada promo. Kalian baru sanggup promo di IG dengan nominal 1 jutaan. Ya jangan dipaksa 10 juta. Pelan-pelan aja yang penting efisien. Ini yang dimaksud dengan terukur. Terukur dari luar, juga terukur dari kondisi dalam bisnis kalian sendiri. Udah bikin rencana yang terukur belum? Kalau perlu yang rigid juga.

Target yang Belum Ada

Kalau rencana terukur udah ada, tujuan besar udah jelas, sekarang kalian udah punya target belum? Target ini biasanya menjurus pada sesuatu yang jangka waktunya pendek. Misalnya target harian. Katakanlah kalian jualan tahu bulet, maka kalian harus bikin target harian. Misalnya target hariannya adalah kelilingin 5 desa. Atau ngejual 3000 tahu bulet misalnya. Target ini adalah tujuan-tujuan kecil yang ngebantu kalian mencapai tujuan besar. Udah dilakuin belum? Ini sama kayak to do list harian gitu lah.

Tak Adanya Mentor

Mau nggak mau mentor adalah orang yang sangat penting dan dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Kalau kalian nggak punya mentor, bisa jadi kalian akan melakukan banyak kesalahan. Mentor adalah orang yang mungkin sudah pernah melakukan kesalahan lalu belajar dan jadi lebih baik, dan pengalamannya yang dibagikan ke kalian, atau orang yang punya ilmunya. Sehingga perhitungan mereka lebih detail dari kalian.

Mentor itu kayak guru. Kalau nggak ada guru, kalian bisa jadi kebingungan kan? Kecuali kalian cerdas luar biasa. Tapi ingat, dunia bisnis itu kadang-kadang upredictable.

Itu beberapa alasan kenapa banyak orang baru di bisnis yang keok di awal. Jadi, mana yang udah dan belum kalian lakuin? Coba tulis di kolom komentar!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.