4 Anime Yang Mengangkat Olahraga Tradisional

4 Anime Yang Mengangkat Olahraga Tradisional 1

Asia Timur memiliki budaya yang sangat beragam. Mulai dari makanan khas, pakaian tradisional, pola hidup hingga memiliki beberapa olahraga tradisional yang khas. Bahkan beberapa olahraga khas ini menjadi inspirasi dari beberapa judul manga maupun anime. Anime memang memiliki banyak pilihan genre yang unik serta mengangkat beragam tema.

4 Anime Yang Mengangkat Olahraga Tradisional 3

Beberapa anime berikut ini mengangkat tema olahraga tradisional khas dari Jepang dan negara-negara di sekitarnya. Berikut ini beberapa judul yang mengangkat olahraga tradisional khas,

1. Chihayafuru

Adegan di anime Chihayafuru
Adegan di anime Chihayafuru

Judul ini bisa dibilang yang paling populer. Diadaptasi dari manga dengan judul yang sama karya Yuki Suetsugu. Manga ini cukup populer dan masih belum mencapai akhir cerita hingga saat ini. Dirilis pada tahun 2007 dan mulai diadaptasi menjadi anime pada tahun 2011. Manga ini mengusung tema olahraga tradisional asal Jepang yaitu Karuta. Karuta sendiri olahraga yang sangat unik.

Memperebutkan kartu yang berisi lanjutan penggalan puisi atau sajak yang dibacakan. Unik dan tidak ada di negara lain pastinya. Cerita yang diusung sendiri juga sangat bagus. Penjelasan soal permainan serta alur ceritanya sangat baik. Tak heran anime ini memiliki 3 season dengan jumlah 25 episode. Bahkan telah diangkat menjadi versi drama layar lebar. Bagi yang penasaran dengan olahraga karuta , judul ini sangat direkomendasikan.

2. Touhai Densetsu Akagi: Yami ni Maiorita Tensai

4 Anime Yang Mengangkat Olahraga Tradisional 4

Judul berikutnya mungkin cukup asing dan tidak terlalu populer. Akan tetapi judul ini tak bisa dilewatkan begitu saja. Olahraga yang diangkat dalam judul ini adalah mahjong. Mahjong sendiri adalah olahraga yang berasal dari tiongkok. Olahraga ini memiliki aturan yang cukup sulit dimengerti bagi orang awam. Beberapa aturan pun bisa dibilang cukup rumit. Pemainnya sendiri juga butuh keahlian bahkan mungkin bakat alami untuk menjadi handal.

Anime ini diadaptasi dari manga dengan judul Akagi: Yami ni Oritatta Tensai yang ditulis oleh Nobuyuki Fukumoto. Manga nya sendiri pertama dirilis pada tahun 1991 dan telah berakhir pada tahun 2008. Anime ini dirilis pada tahun 2005. Ceritanya berpusat pada taruhan dalam permainan mahjong. Cukup berat dan tersegmentasi memang. Dasar cerita yang cukup gelap membuat judul ini tak bisa dinikmati semua kalangan. Kemungkinan hal ini pula yang membuat anime nya tak bisa mengikuti kesuksesan dari manga nya.

3. Hikaru no Go

4 Anime Yang Mengangkat Olahraga Tradisional 5

Judul berikutnya adalah Hikaru no Go. Salah satu judul yang sangat populer bahkan membuat permainan Go menjadi populer saat perilisan judul ini. Go atau Igo adalah permainan papan yang berasal dari Tiongkok. Judul ini membawakan cerita serta penjelasan permainan yang bagus. Bisa diikuti semua umur serta memiliki cerita yang ringan, membuat judul ini sangat populer dan bisa diterima dengan baik. Judul ini diadaptasi dari manga dengan judul yang sama.

Cerita nya ditulis oleh Yumi Hotta dan diilustrasikan oleh Takeshi Obata. Dirilis pada tahun 1998 dan berakhir pada tahun 2003. Judul ini mendapat adaptasi anime pad tahun 2001 dan memiliki 75 episode. Judul ini juga mendapatkan adaptasi drama. Drama nya sendiri dibuat oleh Tiongkok dan telah tayang pada tahun 2020 yang lalu dengan jumlah 36 episode. Judul yang sangat direkomendasikan untuk diikuti.

4. Sangatsu no Lion

4 Anime Yang Mengangkat Olahraga Tradisional 6

Judul terakhir adalah Sangatsu no Lion. Judul yang sudah cukup dikenal para penggemar anime. Olahraga yang diangkat pun juga sudah sudah cukup populer yaitu shogi. Shogi sendiri juga sudah dipopulerkan oleh anime Naruto dan sudah cukup ikonik. Namun judul ini memang tidak terlalu menerangkan permainannya, namun lebih terfokus ke drama dari karakter utama. Namun unsur shogi nya masih sangat kuat. Diadaptasi dari manga dengan judul yang sama dan ditulis oleh Chika Umino.

Dirilis pertama pada tahun 2007 dan masih berlanjut hingga kini. Dan memiliki review yang sangat positif. Anime nya dirilis pada 2016 dan memiliki 2 season. Juga diangkat menjadi film layar lebar pada 2017. Saran saja mungkin jangan terlalu berharap penjelasan permainan shogi yang rinci di judul ini, tetapi drama yang disuguhkan dan cerita yang dibahas sangat bagus dan tidak akan mengecewakan. 

Beberapa judul di atas adalah anime dengan tema olahraga tradisional yang sangat layak untuk diikuti dan tidak akan mengecewakan. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

adesty