4 Buah Asli Indonesia yang Kurang Populer, Padahal Penuh Khasiat

4 Buah Asli Indonesia yang Kurang Populer, Padahal Penuh Khasiat

Nikmat mana lagi yang berani kita dustakan? Tinggal di negeri indah dengan beragam budaya mempesona. Alam yang menawan berpadu dengan kelucuan tingkah polah masyarakat yang menghibur setiap saat. Sungguh bersyukur bisa diahirkan di .

Namun diantara berbagai kekayaan tersebut, ada satu yang sering dilupakan, yakni keanekaragaman -buahan.

Sebagai sebuah negara kepulauan yang terdiri dari gugusan pulau-pulau dengan tanah yang super subur, tak heran punya keanekaragaman flora yang luar biasa.

Hebatnya lagi tumbuh- itu banyak yang berasal dari golongan penghasil .

Sayang sekali karena satu dan lain hal beberapa asli kalah pamor di tengah khalayak. Alhasil kita hanya mengenal - yang sering nongol di etalase supermarket macam mangga, apel, jeruk dan anggur.

Lantas apa saja -buahan yang kurang populer tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

Baca juga  10 Bisnis yang Terancam Punah

4 Buah Asli Indonesia yang Kurang Populer, Padahal Penuh Khasiat

yang sering dikatakan sebagai makanan ular ini rasanya benar-benar unik. Ada unsur manis bercampur asam.

memang punya penampakan yang kurang elok. Bentuknya seperti labu mini dengan ukuran sebesar kelereng. ini juga sering terlihat terlilit semacam sulur yang memiliki bulu-bulu berwarna hijau.

Walau begitu mungil ini dikenal memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk tubuh. Selain mengandung vitami C, juga diketahui memiliki zat besi dan kalsium. Semuanya adalah zat yang dibutuhkan tubuh dan berfungsi menjaga kesehatan kita.

hidup menajalar dan sebagai liar dia bisa ditemukan nyempil di sawah, ladang atau padang belantara.

 

Keledang 

4 Buah Asli Indonesia yang Kurang Populer, Padahal Penuh Khasiat

Kalau Anda baru ini mendengar nama Keledang, itu wajar. ini cukup sukses menyembunyikan diri dari khasanah per--an di .

Padahal Andai orang-orang tahu, Keledang bisa menjadi salah satu buah favorit untuk dibudidayakan.

Baca juga  Selain Untuk Hiasan Kue, Inilah Manfaat Buah Ceri Yang Sesungguhnya

Buah ini berasal dari Keledang yang tumbuh di Kalimantan. Rasanya nikmat semacam perpaduan antara manggis dan nangka. Sekilas memang buah ini mirip nangka, hanya saja daging buahnya berwarna oranye cerah.

 

 

4 Buah Asli Indonesia yang Kurang Populer, Padahal Penuh Khasiat

Beberapa tahun belakangan ini si buah dari Papua mulai terkenal. Harusnya sejak dahulu bisa lebih terkenal lagi andai masyarakat tahu nikmatnya daging buahnya yang berwarna putih menyegarkan tersebut.

Walau bentuknya mungil dan dibalut kulit buah yang cukup keras, buah sangat lezat. Rasanya mirip perpaduan kelengkeng, apel dan rambutan. Jika belum matang buahnya nampak berwarna hijau. Menjelang siap konsumsi warnanya akan memerah. Namun jika sudah coklat atau hitam, berarti sudah menjelang busuk.

Pohon berperawakan tinggi besar menjulang menantang mega. Cocok untuk Anda yang hobi panjat-memanjat. Karena rasanya yang luar biasa manis bin lezat, akan banyak dijumpai semut-semut menyerbut pohon ini.

Baca juga  4 Manfaat Buah Naga yang Harus Anda Ketahui

Jika Anda tertarik dan harusnya tertarik, silahkan turut membudidayakan . Selain jaminan buah yang segar, nuansa rindang akan terasa di halaman rumah Anda.

 

 

4 Buah Asli Indonesia yang Kurang Populer, Padahal Penuh Khasiat

lebih dikenal dalam wujudnya sebagai stasiun kereta daripada bentuk aslinya yang adalah buah.

Untuk Anda yang baru tahu, sejatinya adalah nama buah yang kaya khasiat Bayangkan saja, buah yang tanamannya dulu sangat mudah dijumpai, khususnay di wilayah Sumatera ini bisa membantu menjaga kesehatan gigi, mencegah penuaan dini, mengobati diare dan memperkuat sistem imun tubuh.

Itulah sekilas empat buah dengan khasiat yang baik bagi tubuh. Selain itu rasa buahnya juga nikmat. Mari kita lestarikan dan budidayakan berbagai buah . Dan sebelum menuju kesana, langkah awalnya adalah dengan mengenal masing-masing buah tersebut.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.