4 Cara Memuaskan Pelanggan

4 Cara Memuaskan Pelanggan

bisnis perlu diketahui oleh semua pengusaha yang bergerak pada bisnis apapun, karena dengan memuaskan akan membuat mereka loyal terhadap bisnis tersebut.

Jika loyalitas sudah terbangun pada diri pelanggan, setidaknya ada dua keuntungan yang bisa diperoleh pemilik bisnis: pertama pelanggan tersebut tidak akan berpaling menjadi bisnis lain yang sejenis, kedua pelanggan tersebut akan menjadi media promosi gratis karena akan ikut membantu mempromosikan bisnis dari mulut ke mulut.

bisnis memang tidak mudah, tapi dengan melakukan 4 cara berikut ini, hampir bisa dipastikan akan menjadi pelanggan setia.

Kenali Pelanggan dan Pahami Kebutuhannya

Mengetahui target pasar merupakan sesuatu yang wajib untuk dilakukan agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Karena dengan mengetahui target pasar, Anda akan tahu siapa yang akan dituju, produk jenis apa yang paling diinginkan, seberapa besar produk yang dibutuhkan, dan sebagainya.

Baca juga  4 Solusi Menghadapi Konsumen

4 Cara Memuaskan Pelanggan

Untuk dapat mengidentifikasi target pasar, maka segmentasi harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, lokasi dan sebagainya. Bagi pelaku bisnis kecil-menengah bahkan disarankan  untuk dapat mengidentifikasi dengan lebih detail agar kenal betul siapa yang menjadi pelanggannya dan apa saja yang menjadi kebutuhan dari pelanggan tersebut.

Setelah mengidentifikasi target pasar dan tahu apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, usahakan agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Tidak hanya kebutuhan pelanggan pada saat sekarang tapi juga pada masa yang akan datang dengan cara memperkirakan ekspektasi mereka terhadap sebuah produk. Dengan cara itu, pelanggan tidak akan lari kepada bisnis lain yang menawarkan produk sejenis karena apa yang dibutuhkan dan diharapkan telah terakomodir.

Berikan Pelayanan Terbaik

Banyak yang berpendapat bahwa kualitas pelayanan jauh lebih penting dibandingkan kualitas produk. Pelanggan masih bisa memaafkan jika kualitas produk yang dibeli sedikit lebih rendah dari yang ditawarkan. Namun pelanggan sulit untuk memaafkan jika kualitas pelayanan sedikit saja kurang baik.

Baca juga  Tiap Hari Makin Cuan, Ini Cara CRM Bantu Perusahaan

Bahkan, besar kemungkinan pelanggan tidak jadi mengunakan produk yang diinginkan meskipun kualitasnya baik, jika pelayanan yang dia terima buruk. Karena itulah memberikan pelayanan yang terbaik merupakan bagian terpenting dari bisnis.

4 Cara Memuaskan Pelanggan

Banyak cara untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, seperti menunjukkan sikap yang ramah, sopan, santun, pandai mangambil hati pelanggan, memberikan layanan ekstra, after sales service dan sebagainya yang intinya adalah senantiasa membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Pertahankan Kualitas Produk

Pelayanan memang sedikit lebih penting dibandingkan kualitas produk, tapi bukan berarti kualitas produk lantas disepelekan, karena pada akhirnya tolok ukur dari kepuasan pelanggan adalah dari kualitas produk.

Sebagian besar pelanggan tidak begitu saja menerima produk yang telah dia bayar. Cepat atau lambat pelanggan tersebut akan membandingkan produk yang telah dia beli dengan produk sejenis yang dihasilkan kompetitor. Jika produk yang dia beli ternyata kualitasnya lebih rendah, besar kemungkinan dikemudian hari pelanggan akan beralih dari produk Anda ke produk kompetitor.

Baca juga  4 Cara Taklukkan Pembeli dengan Cara Berikut Ini

Harga yang Wajar

bisnis yang lain adalah dengan memberikan bandrol harga yang wajar untuk produk yang dijual. Harga wajar yang dimaksud tidak selalu harga yang lebih murah dibandingkan produk sejenis, karena istilah murah pada sebagian besar pelanggan tidak hanya berpatokan pada nilai nominalnya saja tapi juga pada kualitas produk.

Dengan kata lain, boleh saja Anda menjual produk dengan nilai nominal yang lebih mahal dibanding produk sejenis yang dijual kompetitor, dengan catatan produk Anda memiliki keunggulan dan kualitas yang lebih baik dibandingkan produk kompetitor.

Selain itu, harga yang Anda tawarkan masih dalam batas wajar atau tidak terlalu jauh selisihnya dengan harga produk yang dijual kompetitor. Itulah bisnis dari sisi harga. (*)

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan