4 Destinasi Tersembunyi Di Jawa Tengah, Bikin Penasaran

4 Destinasi Tersembunyi Di Jawa Tengah, Bikin Penasaran

Indonesia menyimpan banyak sekali yang sungguh luar biasa indah. Tidak hanya itu jika kita menghitung hanya dari satu daerah saja, tempat-tempat dengan pesona yang luar biasa mungkin sangat banyak. Namun sayangnya beberapa keindahan ini tidak banyak di nikmati oleh masyarakat. Hal ini sangat masuk akal karena berbagai faktor yang ada, seperti lokasinya yang sulit untuk di akses, atau tidak bisa dicari oleh mesin pencari di dunia maya.

Salah satu daerah yang banyak mempunyai tempat tersembunyi selain bagian Indonesia timur adalah di provinsi yang terletak di pulau jawa. Banyak masyarakat rupanya belum benar-benar mengetahui lokasi tersebut dan lebih memilih untuk mengunjungi tempat- tempat yang memang sudah terkenal sejak awal. Padahal jika kita berwisata ke tempat tersebut mungkin saja mampu mengembangkan sisi perekonomian warga lokal dan mampu membangun pemerataan yang baik disetiap sudut daerah. Berikut adalah tersembunyi di yang belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas.

Air terjun Giri tirta, Pejawaran Banjarnegara

Pejawaran merupakan salah satu daerah di kabupaten Banjarnegara. Di Kota ini rupanya banyak sekali yang memang belum banyak dikenal oleh masyarakat. Salah satu tempat yang cukup direkomendasikan adalah air terjun yang terletak di daerah Giri Tirta Pejawaran. Dengan bentang yang mayoritas adalah daerah pegunungan, sangat wajar jika tempat ini menjadi salah satu tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh masyarakat daerah luar. Terutama wisatawan dari luar daerah di .

Terletak jauh dari pusat kota Banjarnegara atau sekitar 35Km ke arah utara, tempat ini menjadi salah satu unggulan. Disini tidak hanya ada satu air terjun akan tetapi terdapat 3 buah air terjun yang memiliki keunikannya masing- masing.

Yang pertama adalah Curug Genting yang memiliki ketinggian  70 Meter. Curug ini adalah tempat yang akan kalian temui pertama kali saat memasuki kawasan air terjun. Dengan ketinggian air terjun yang cukup membuat kita merasa kagum.

Baca juga  7 Destinasi Wisata Menarik di Kulon Progo, Cocok Untuk Liburan!

4 Destinasi Tersembunyi Di Jawa Tengah, Bikin Penasaran

Selanjutnya adalah air terjun yang tidak terlalu besar, terletak di tengah-tengah kawasan ini. Yang unik dari air terjun ini adalah sumber air yang dihasilkan terasa panas. Sehingga sangat cocok untuk kalian yang ingin berendam disini atau mungkin sekedar menghangatkan kaki setelah lelah berjalan di tempat ini.

4 Destinasi Tersembunyi Di Jawa Tengah, Bikin Penasaran

Terakhir ada curug Mrawu, spot paling ujung yang terletak berdekatan dengan sumber air panas kedua. Untuk air terjun disini tidak hanya keindahan air terjunnya, tetapi juga keindahan sekitar yang terasa lebih menonjol. Apalagi disini dekat dengan lading perkebunan warga masyarakat sekitar. Yang membedakan air Curug Mrawu dengan Curug Genting adalah di lokasi sekitar Curug Genting sudah dibangun beberapa infrastruktur penunjang seperti Mushola dan warung-warung makan. Akses menuju ke daerah air terjun ini terbilang cukup lumayan, karena kita juga harus berjalan kaki beberapa puluh meter untuk menemukan tempat ini.

 

Lanang, Wonosobo

Berada di ketinggian yang hanya berkisar 600Mdpl, ini tidakah begitu tinggi jika di banding dengan lainnya. Bahkan mungkin masih lebih rendah ketimbang perbukitan yang ada di daerah Dieng wetan. Namun mengapa bisa disebut dengan dikarenakan anggapan para sesepuh di daerah sekitar yang memang biasanya menyebutnya dengan nama Lanang.

4 Destinasi Tersembunyi Di Jawa Tengah, Bikin Penasaran

Lanang ini masih termasuk salah satu yang belum banyak dikenal oleh masyarakat. Berbeda dengan tempat-tempat yang memang sudah terkenal dengan potensi alamnya. Padahal keindahan panorama di ini sangat luar biasa dan cukup berbeda dengan tempat kebanyakan. Ditambah dengan sikap ramah tamah masyarakat sekitar yang akan membuat kita betah untuk mengunjungi tempat ini.

Baca juga  3 Tempat Wisata Paling Sejuk di Banyumas

Berlokasi di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Lanang termasuk salah satu tempat yang mudah untuk di akses. Sebab jalan menuju tempat ini sudah banyak yang rata dengan aspal, terlebih lokasinya tidak jauh dengan jalan raya yang hanya berjarak 45 menit dengan pribadi. Mitos yang terkenal di tempat ini adalah tentang kisah cinta seorang pemuda yang dikutuk oleh orang tuanya sendiri karena mempertahankan kekasihnya. Warga masyarakat sekitar juga percaya bahwa tampo mas yang berada di dekat Lanang ini sebagai pasangannya  atau si wanita.

Walau gunung Lanang ini tak se-populer gunung lain yang berada di sekitarnya seperti gunung Lawe, namun adanya fasilitas seperti tali tambang dan akses masuk yang gratis atau tidak membayar akan lebih menarik minat wisatawan untuk setidaknya berkunjung de tempat ini.

 

Air terjun jurang nganten, Pakis Jepara

Di daerah kota Jepara atau lebih tepatnya di Desa Tanjung Kecamatan Pakis terdapat salah satu air terjun yang cukup di kenal oleh masyarakat sekitar. Namun keberadaanya memang belum cukup tenar jika dibandingkan dengan tempat yang lain. Apalagi wisatawan mungkin akan memilih untuk mengunjungi lainnya yang memang lebih dulu dikenal secara luas.

4 Destinasi Tersembunyi Di Jawa Tengah, Bikin Penasaran

Untuk menuju ke air terjun jurang nganten ini kalian memerlukan waktu sekitar 40 menit dari alun-alun kota Jepara. Diberi nama Jurang Nganten karena mitosnya ada sepasang kekasih yang tidak mendapatkan restu dari keluarga si wanita, namun mereka memaksa untuk melangsungkan pernikahan dan melarikan diri menggunakan andong yang ditarik oleh seekor kerbau. Naasnya saat mereka tiba di sebuah aliran sungai yang deras, keduanya terpeleset dan jatuh ke dalam sebuah jurang bersamaan dengan andong yang mereka naiki. Jurang inilah yang menjadi cikal bakal adanya air terjun tersebut. Mitos lainnya adalah batu besar yang terletak tidak jauh dari lokasi air terjun konon dianggap sebagai jelmaan si kerbau yang juga ikut jatuh ke jurang. Si perempuan pun dipercaya juga menjelma sebagai klanceng putih.

Baca juga  Detektif Wisata: Menjelajah Semarang Kota Atlas

Salah satu keunikan yang dipercaya oleh masyarakat sekitar adalah air disini terasa sangat dingin atau lebih dingin di banding air terjun lainnya. Selain itu air terjun ini juga cukup tinggi dan termasuk salah satu curug tertinggi di daerah Jepara.

 

Gunung Rogojembangan

Untuk kalian pecinta gunung atau yang sudah terbiasa mendaki pastinya sangat paham dengan gunung- gunung yang ada di . Mulai dari Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Andong, dll. Tapi apakah kalian mengenal Gunung Rogojembangan ? salah satu hal yang mungkin jarang orang ketahui adalah gunung ini merupakan 10 besar Gunung tertinggi di . Ketinggian gunung ini mencapai 2177 Mdpl. Gunung ini terletak di 2 kabupaten yaitu kota Banjarnegara dan . Tetapi untuk jalur pendakiannya sendiri lebih disarankan melalui Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyono Kabupaten .

4 Destinasi Tersembunyi Di Jawa Tengah, Bikin Penasaran

Gunung Rogojembangan mempunyai panorama yang cukup indah layaknya gunung kebanyakan. Namun tidak hanya panoramanya yang menakjubkan dari puncak ketinggian, gunung tropis ini juga kaya dengan hutan lebat dan segar, tebing-tebing yang mengagumkan, serta jalur pendakian yang masih alami. Dari basecamp menuju puncak sendiri kira-kira sejauh 3Km dan kita akan disuguhkan lingkungan pedesaan yang asri dengan pemandangan perkebunan warga yang sangat khas.

Itu tadi beberapa yang cukup mengagumkan namun belum diketahui oleh banyak orang. menuju ke yang masih sangat asri dan alami akan memberi kalian nuansa yang berbeda serta bisa dijadikan referensi untuk yang menyenangkan.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Meramusenja

   

Selain menulis, rutin bersosialisasi serta jalan- jalan ke berbagai tempat asing menjadi kegiatan bagi saya. Kita akan lebih mengenal banyak hal dan memperkuat jiwa