4 Fakta Menarik Negara Pakistan, Ada Jalan Raya Paling Berbahaya di Dunia

4 Fakta Menarik Negara Pakistan, Ada Jalan Raya Paling Berbahaya di Dunia

Semua pasti pernah mendengar dan juga tahu negara Pakistan. Pakistan berada dekat dengan India sangat , berada teritorial Selatan ini memiliki nama negara Republik Islam Pakistan, dan tentunya memiliki beberapa persamaan dengan negara tetangganya India.

Namun kebanyakan belum pernah ada yang tahu bagaimana sih fakta-fakta dari negara tersebut, ada hal-hal yang wajib kamu tahu mengenai beberapa hal yang tentang negara ini. Berikut akan kami ulas 4 fakta menarik Negara Pakistan?

Jalan Aspal Tertinggi di Dunia

Jalan Raya Karakoram
Jalan Raya Karakoram

Fakta menarik dari negara pakistan, yakni sebuah jalan dengan medan yang tidak lazim, sebuah jalan yang menghubungkan Pakistan dengan China ini berada diatas ketinggian 15.397 , dan merupakan delapan keajaiban dunia saat ini. 

Jalan raya karakoram ini menghubungkan wilayah Gilgit-Baltistan di Pakistan dan Silk Road di China, Jalan raya Karakoram membentang dengan 1.300 kilometer. Karakoram dibangun atas sama antara pemerintah China dan pemerintah Pakistan, dan ini dilakukan selama 20 tahun sampai kemudian resmi dibuka tahun 1979.

Baca juga  Negara-negara Ini Ternyata Banyak Menyerap Kosakata dari Bahasa Arab

Proyek ini dahulu mengerahkan banyak pekerja gabungan antara China dengan Pakistan. Jalan ini merupakan salah satu jalan raya paling tinggi dan berbahaya di di dunia menghadirkan landskap alam yang mempesona.

Puncak Tertinggi di Dunia

Shandur Pass
Shandur Pass

 Puncak Shandur disebut-sebut sebagai atapnya dunia, dengan ketinggian 12.200 kaki dan berada di wilayah Gilgit, Pakistan. Shandur sendiri merupakan lokasi sebuah tempat olahraga Lapangan Polo Tertinggi di dunia. Puncak ini berada di kisaran 3738 meter di atas permukaan antara Kecamatan Chitral dan Kecamatan Ghizer Gilgit-Baltistan, Pakistan. Shandur menyebutnya sebagai Atap Dunia, dengan berbentuk datar, sering diselenggarakan Shandur Polo Festival yang ada di sini. Shandur menyajikan perhelatan olahraga polo, dan menjadi salah satu rute gunung utama di Pakistan. Wilayah ini menjadi salah satu tempat terbaik yang sangat bagus untuk dikunjungi di Pakistan. menuju tempat ini biasanya tidak ada penduduknya dan melewati sebuah tempat yang tertutup salju di ketika dan menjadi tempat paling sulit dilewati.

Baca juga  Jangan Cari Perkara, Negara - Negara Ini Punya Senjata Nuklir

ATM Tertinggi di Dunia

ATM Tertinggi di Dunia
ATM Tertinggi di Dunia

Ada yang menarik dibalik fakta negara Pakistan, dimana pemerintah membangun sebuah ATM yang dioperasikan oleh Bank Pakistan dan diletakkan di ketinggian 16.007 kaki di atas permukaan laut, ATM ini berada di perbatasan Khunjerab Pas, Pakistan. Sebuah pemandangan yang jarang temukan, sebuah mesin ATM yang sering kita tahu, hanya berada di temoat yang mudah dijangkau, namun ATM satu ini telah memecahkan rekor baru sebagai ATM tertinggi di dunia, Bank ingin melihatkan keahlian mereka dengan meletakkan ATM dalam ketinggian yang setinggi mungkin, sebagai sebuah dari inovasi Hijau oleh bank. ATM ini mempergunakan mesin tenaga matahari dan angin untuk menghasilkan listrik. Ini adalah sebuah wilayah yang maju pesat dengan banyaknya turis, dan biasanya para turis selalu menggunakan ATM ini. ATM ini berjalan 24 jam. ATM ini dikelola dan diawasi 24 jam oleh cabang Bank terdekat yang berada di Sost City.

Baca juga  Pentingnya Sejarah Kemerdekaan Indonesia Bagi Pembentukan Karakter Anak

Pelabuhan Terbesar di Dunia

Pelabuhan Gwadar
Pelabuhan Gwadar

Pelabuhan Gwadar adalah pelabuhan laut dalam terbesar di dunia, terletak di Laut Arab barat daya di sepanjang garis pantai Balochistan, Pakistan. Pelabuhan ini berada di pertemuan tiga tempat paling pada perdagangan dunia, yakni wilayah Timur Tengah yang kaya akan , Asia Tengah, dan Asia Selatan.

China dan Pakistan memang membangun proyek ini sejak 15 tahun lalu, namun pada tahun 2015 mereka secara berbarengan mulai membangun akses jalan raya, jalur kereta, sebuah pembangkit listrik, sarana komunikasi dan temoat-tempat industri besar di Pakistan, dengan nilai dari China yang ditaksir  mencapai 46 miliar dolar.

Impor negara China akan dibawa oleh truk-truk, kemudian dibawa feri ke wilayah China Barat, dengan melewati Jalan Raya Karakoram yang berbahaya, melewati bukit-bukit di sepanjang gunung dengan pemandangan gleyser penuh salju di kawasan Pakistan sebelah Utara.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra K