4 Film Jepang Tentang Pencarian Jati Diri ini Bikin Kita Mengerti Arti Hidup

4 Film Jepang Tentang Pencarian Jati Diri ini Bikin Kita Mengerti Arti Hidup 1

Terkadang dalam proses pencarian jati diri kita kerap kali bertanya-tanya apa tujuan hidup kita? Banyak yang mencari jati diri dengan keluar dari zona nyaman, pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi untuk menjadi pengalaman baru.

Nah, di bawah ini ada beberapa film Jepang tentang pencarian jati diri yang mungkin bisa membuat kita mengerti tentang hidup yang sebenarnya. Apa saja? Langsung kita simak aja yuk penuturannya!

1. Memories of Matsuko

4 Film Jepang Tentang Pencarian Jati Diri ini Bikin Kita Mengerti Arti Hidup 3

Film ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Sho Kawajiri yang merasa hidupnya tidak berarti, dirinya didatangi oleh ayahnya yang sudah lama tak ditemuinya. Ayahnya meminta Sho untuk membereskan barang-barang bibinya yang telah meninggal bernama Matsuko di apartemennya. Sho tidak mengenal bibinya tersebut, namun dirinya tetap memenuhi keinginan ayahnya. Di apartemen Matsuko, Sho menemukan fakta-fakta tak terduga tentang sosok bibi yang tak pernah diketahuinya itu.

Ceritapun berjalan menelusuri kisah Matsuko yang pada awalnya merupakan seorang guru yang dihormati namun karena suatu hal dirinya dipecat dari sekolah tempatnya mengajar hingga menghantarkannya pada dunia malam, menjadi tersangka pembunuhan, hingga menjadi korban pembunuhan. Film ini benar-benar menguras emosi dan membuat para penontonnya merasa kasihan pada sosok Matsuko.

2. Survival Family

4 Film Jepang Tentang Pencarian Jati Diri ini Bikin Kita Mengerti Arti Hidup 4

Film ini bercerita tentang keluarga Yoshiyuki Suzuki yang mencoba bertahan hidup karena dunia tiba-tiba seolah mati karena listrik, air dan teknologi modern lainnya tidak berfungsi dalam waktu yang lama. Dalam keadaan yang sulit mereka mencoba pergi ke Kagoshima, tempat ayah Yoshiyuki Suzuki berada.

Mereka belajar melakukan cara-cara tradisional untuk bertahan hidup, dari mulai berburu hingga memasak makanan. Film ini sarat akan makna, cocok ditonton bersama keluarga.

3. Flying Colors

4 Film Jepang Tentang Pencarian Jati Diri ini Bikin Kita Mengerti Arti Hidup 5

Film ini berkisah tentang seorang gadis SMA bernama Kudo Sayaka, dirinya kerap kali berpindah-pindah sekolah karena menjadi korban bullying teman-teman sekolahnya. Suatu hari Kudo Sayaka melihat segerombolan gadis SMA dan Sayaka menyukai seragam para siswi tersebut sehingga berkeinginan untuk sekolah di sana. Singkat cerita Sayaka pun sekolah di sana, Sayaka berteman dengan gadis-gadis yang agak nakal sehingga Sayaka pun ikut-ikutan nakal.

Nilai sekolahnya hancur dan Sayaka kedapatan membawa rokok ke sekolah sehingga dirinya  terancan drop out. Ibunya menyuruh Sayaka untuk mengikuti bimbingan belajar. Di sana Sayaka diajari oleh Yoshitaka Tsubota, soerang guru bimbel yang sangat baik dan selalu memotivasi para muridnya untuk terus berjuang. Sayaka pun terpacu untuk mengejar ketertinggalannya dan bercita-cita untuk kuliah di universitas ternama di Jepang.

4. Have a Song on Your Lips

4 Film Jepang Tentang Pencarian Jati Diri ini Bikin Kita Mengerti Arti Hidup 6

Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Yuri Kashiwaga yang merupakan seorang mantan pianis terkenal, karena kekasihnya meninggal. Untuk mengobati rasa sedihnya, Yuri menjadi guru pengganti di sebuah sekolah di desa. Di sana Yuri mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan para murid.

Ada dua orang murid bernama Nazuna dan Satoru yang menarik perhatian Yuri karena kedua murid itu memiliki masalah keluarga yang berbeda namun mereka tetap bersemangat untuk mengejar impian dan menemukan jati dirinya. Dan hal itu membuat Yuri merasa bersemangat menjalani hidup dan berkeinginan untuk bermain piano lagi.

Nah, itu dia keempat film Jepang tentang pencarian jati diri yang menarik untuk disaksikan, semoga bermanfaat ya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Purwanti