4 Hal Penyebab Kecemasan (Anxietas)


4 Hal Penyebab Kecemasan (Anxietas) 1

Semua orang pernah merasakan Cemas, khawatir dan gelisah. Namun, jika anda terus – menerus merasa khawatir, cemas, atau gelisah, anda mungkin mengalami gangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan (Axietas) bukan hanya sekedar melibatkan kekhawatiran atau ketakutan sementara. Untuk seseorang yang memiliki gangguan kecemasan (Anxietas), Jika dibiarkan maka hal ini tidak akan hilang dan bisa bertambah buruk dari waktu ke waktu.

Adapun contoh dari gangguan kecemasan antara lain :

  1. Panic Disorder
  2. Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)
  3. Obsessive-Compulsive Disorder (OCD)
  4. Agoraphobia
  5. Generalized anxiety disorder (GAD)

Kecemasan (anxietas) dapat disebabkan oleh stress, baik dari peristiwa besar dalam hidup atau efek akumulasi dari stres kecil sehari-hari. Kecemasan juga bisa datang dengan kondisi medis seperti penyakit jantung, diabetes, asma, atau gangguan tiroid yang memerlukan pengobatan. pada umumnya, kecemasan merupakan hal yang normal.

Namun jika anda menderitah kecemasan berlebihan (anxietas) dan terlalu khawatir, sudah saatnya anda memeriksakan diri anda ke dokter. 

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan kecemasan. berikut 7 diantaranya :

1. Kondisi Medis

Sumber : www.emc.id
Sumber : www.emc.id

Kondisi medis merupakan salah satu penyebab dari gangguan kecemasan (anxietas). Beberapa kondisi medis yang yang dapat dikaitkan dengan gangguan kecemasan antara lain :

  • Penyakit Jantung
  • Diabetes
  • Gangguan pernafasan seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
  • Nyeri kronis atau sindrom iritasi usus
  • Tumor langkah yang dapat memicu produksi hormon adrenalin atau hormon tertentu lainnya.

2. Stress karena menderita Penyakit tertentu

4 Hal Penyebab Kecemasan (Anxietas) 3

Memiliki kesehatan atau penyakit serius dapat memicu perasaan takut dan cemas berlebihan terutama untuk hal yang menyangkut kematian. Biaya pengobatan, peluang sembuh ataupun  dampak yang diakibatkan oleh penyakit tersebut dikemudian hari (seperti kelumpuhan, kebutaan) juga merupakan faktor yang dapat menyebabkan gangguan kecemasan (anxietas). 

3. Konsumsi Kafein Berlebihan

Sumber : www.yesdok.com
Sumber : www.yesdok.com

Apa yang kita konsumsi ternyata sangat berpengaruh terhadap naik turunnya emosi kita. Salah satunya adalah mengkonsumsi kafein. konsumsi kafein dapat menyebabkan perubahan sensasi fisik yang kemudian dikhawatirkan menjadi permulaan serangan kecemasan yang intens. ketakutan ini kemudian berubah menjadi kecemasan dan bahkan dapat memicu serangan panik.

mengkonsumsi lebih dari 400 miligram kafein sehari bisa membuat seseorang mengalami stimulasi berlebihan dan jadi cemas. hal ini juga dapat memicu munculnya gejala seperti detak jantung yang semakin cepat, mual, serta sakit perut.

4. Alkohol dan Obat – Obatan terlarang

4 Hal Penyebab Kecemasan (Anxietas) 4

Alkohol sudah tidak asing lagi di telinga kita. Disaat orang sedang dalam masalah, banyak orang yang mengandalkan alkohol dan obat-obatan terlarang untuk menenangkan diri dan menjauhkan diri beberapa saat dari masalahnya.

Namun, hal ini justru menjadi bumerang dimana alkohol dan obat – obatan dapat menyebabkan serangan panik dan efek mengganggu pada sistem saraf pusat, sehingga membatasi kemampuan otak untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

oleh sebab itu sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi alkohol ataupun obat-obatan terlarang pada kondisi apapun. Hal ini dilakukan untuk memperparah kondisi tubuh yang sedang stress akibat masalah yang sedang dialami. 

Demikian artikel mengenai 4 Hal Penyebab Kecemasan. Hal-hal diatas merupakan beberapa penyebab dari gangguan kecemasan. ada baiknya kita selalu menjaga pola pikir dan kondisi tubuh supaya mengurangi resiko terjadinya gangguan kecemasan.

Dengan pola hidup yang sehat dan pola pikir yang positif, maka kita bisa mengontrol keadaan diri kita saat terjadi masalah sehingga tidak menimbulkan gangguan kecemasan berlebih (anxietas). Semoga bermanfaat !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

RZN

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap