4 Hal Tak Terduga yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh


4 Hal Tak Terduga yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh 1

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk mempertahankan kondisi dan menangkal segala kuman dan penyakit yang siap memasuki tubuh kapan saja. Daya tahan tubuh alami manusia secara ilmu pengetahuan terbagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal.

Namun daya tahan tubuh alami tidak akan bekerja semestinya bila terdapat disfungsi pada tubuh kita akibat kelalalaian kita sendiri. Sehingga sudah sepatutnya kita menjaga daya tahan tubuh kita dengan cara berolahraga, makan yang teratur dan bergizi seimbang serta menjaga pola hidup.

Namun ada beberapa hal yang ternyata juga ikut berpotensi menurunkan daya tahan tubuh, yuk kita simak!

1. Kebiasaan Begadang

 Sumber: www.medicalnewstoday.com
Sumber: www.medicalnewstoday.com

Yup betul sekali, begadang atau kurang tidur adalah salah satu penyebab utama melemahnya daya tahan tubuh, sehingga orang yang begadang cenderung lebih mudah pilek dan flu dibanding yang tidak.

Di samping itu, begadang juga memperlambat penyembuhan penyakit ringan apalagi yang berat dikarenakan respons dan fungsi kekebalan tubuh akan menurun. Oleh karena itu, orang yang sakit disarankan untuk memperbanyak istirahat guna meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Kurang Gerak aka MAGER

Sumber: http://image.freepik.com
Sumber: http://image.freepik.com

Jangan salah loh ya! Kurang gerak atau mageran juga dapat menurunkan ketahanan tubuh. Kenapa? Karena aktifitas duduk, bersandar atau hanya rebahan seharian cuma dapat membakar sedikit kalori dan lemak di dalam tubuh.

Keefisienan kerja sistem saraf pun turut melambat bila kegiatan yang kita lakukan terlalu sedikit dan tidak menyentuh reseptor tertentu di dalam tubuh. Tubuh yang merasa nyaman pun tidak begitu aktif dalam menghasilkan dan mempersiapkan hormon dan antibodi guna melakukan backup apabila tubuh berada dalam keadaan kurang sehat.

3. Polusi Udara

Sumber: www.raconteur.net
Sumber: www.raconteur.net

Polusi udara merupakan salah satu masalah terbesar dunia hingga sekarang. Polusi udara juga berkaitan erat dengan masalah kesehatan seperti ISPA dan kanker paru, termasuk menurunnya daya tahan tubuh orang-orang yang terpapar.

Menghirup polusi udara secara langsung dapat membuat tubuh berkerja ekstra untuk mengatasi benda asing yang masuk yaitu berupa folikel polutan yang bersifat karsinogenik. Sehingga efek yang ditimbulkan adalah melemahnya daya tahan tubuh dan mudahnya virus menghinggapi tubuh.

4. Kesepian dan Rindu yang berlebih

Sumber: http://emotionalskills.uk 
Sumber: http://emotionalskills.uk 

Ups, ternyata kesepian dan rindu yang berlebih juga dapat menjadi pemicu menurunnya daya tahan tubuh loh! Apalagi yang habis diputusin hehe. Hal ini disebabkan konsentrasi kerja tubuh memproduksi hormon tertentu ketika kamu kesepian atau rindu berlebihan.

Bukan hanya itu, mood yang kurang baik cenderung akan membawa kebiasaan buruk kepada seseorang yang sedang rindu berlebih misalnya seperti kacaunya pola makan, pola tidur dan sebagainya.

Itulah 4 hal yang ternyata dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh seseorang meskipun dalam keseharian kita dianggap hal yang sepele dan lumrah.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebaiknya kita meghindari hal-hal yang telah disebutkan di atas dan tidak lupa untuk rajin berolahraga, menjaga pola hidup dan makan serta keseimbangan emosional ya!

Keep healty and wealty!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

andra_faris

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap