4 Hal yang Harus Perempuan Pertimbangkan Sebelum Berinvestasi

4 Hal yang Harus Perempuan Pertimbangkan Sebelum Berinvestasi

Apakah dapat berinvestasi? Yup, jawabannya tentu saja bisa. Mengapa tidak? Menjadi seorang yang tinggal dalam dunia yang melelahkan dan sering kali menggemaskan, bukan alasan mengerdilkan kemampuannya untuk berinvestasi.

Terlebih pada masa millenial ini, di mana banyak sekali bermunculan berbagai pilihan aset instrumen untuk meningkatkan nilai kekayaan.

Dulu, mungkin opsi yang dimiliki hanyalah berupa emas, tanah, atau kendaraan. Tetapi kini dapat melirik berbagai pilihan untuk meningkatkan nilai uangnya.

Mulai dari pasar modal sampai yang sekarang sedang naik daun, yaitu crypto. 

4 Pertimbangan Sebelum Berinvestasi

4 Hal yang Harus Perempuan Pertimbangkan Sebelum Berinvestasi

Namun, sebelum kamu menanamkan sejumlah modal, simak apa saja yang harus menjadi pertimbangan.

Ini penting sekali, agar dapat memperkecil potensi kerugian yang dapat terjadi di masa mendatang.

Baca juga  Hari Perempuan Internasional, Bagaimana Sejarahnya?

Kenali Risiko yang Dapat Ditanggung

Nah, ini adalah bagian terpenting ketika akan melakukan . Kenali dulu bagaimana karakter risiko yang kamu miliki.. Apakah termasuk yang mampu menanggung risiko tinggi, menengah, atau hanya dapat menerima jika risikonya rendah.

Perlu diingat bahwa, return yang rendah akan memiliki risiko yang rendah pula. Pun dengan risiko yang tinggi, akan sebanding dengan potensi pendapatan di masa mendatang.

Jika kamu ingin laba yang agak tinggi dengan risiko yang masih dapat ditanggung, mungkin profile risk taker-mu adalah menengah. Pendapatan menengah akan sebanding dengan tingkat risiko sedang.

Kenali Berbagai Aset Instrumentasi

Tahapan kedua ini juga penting, karena akan sejalan dengan kemampuanmu menanggung risiko. Banyak pilihan aset yang dapat dilihat pada bursa berjangka.

Baca juga  Udah Nonton Drama Korea Start-Up Belum? Ini Dia 5 Pelajaran Penting Soal Bisnis & Investasi Yang Bisa Diambil

Bacalah prospektusnya baik-baik. Kenali potensi masa depan aset instrumentasi pilihanmu.

Terakhir, carilah informasi sejelas mungkin. jangan pernah ikuti euforia semata, terlebih lagi jika aset tersebut belum memiliki prospektus yang jelas.

Uang Dingin

Wahai , ini lah yang kadang membuat kamu kehilangan keseimbangan dalam mengelola .

Prinsip ini perlu dipegang erat agar ketika terjadi loss, masih dapat membeli skincare kesayanganmu. Pasalnya, tidak ada yang dapat memberikan keuntungan tinggi dalam waktu hanya beberapa saat saja.

Kamu perlu memasang alert system, jika  seseorang yang mendorongmu berinvestasi pada aset yang baru tetapi menjanjikan return cepat dan tinggi.

Baca juga  Gaji Cepat Habis? Baca Tips Keuangan Ini!

Hm, pikir baik-baik ya. Cari informasi di luar circle tadi. Pada intinya, jangan cepat tergiur dengan model itu.

Pastikan Legalitasnya 

Hal terakhir yang juga harus kamu lakukan adalah mengecek kembali legalitas aset instrumen tersebut pada Bappebti.

Jangan sampai kegiatan tersebut tidak terdaftar dan berpotensi melanggar hukum. Tidak lucu kan, jika sudah menanamkan sejumlah uang, tetapi hanya gara-gara perusahaan tersebut belum terdaftar, kamu menanggung kerugian yang cukup besar.

Nah, ternyata  dapat berinvestasi pada aset instrumen apa pun dengan tepat asalkan melakukan beberapa langkah antisipasi.

Jadi, jangan menyerah, jika ada yang meremehkan kemampuanmu. Tetap semangat dan rasional, itu yang penting.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lembayung Senja