4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Kalian Memelihara Ikan Koi di Akuarium

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Kalian Memelihara Ikan Koi di Akuarium 1

Umumnya ikan koi dipelihara di kolam karena sifatnya yang lincah, penuh warna dan ukurannya yang besar.  Juga karena jika dilihat dari atas kolam, warna dari ikan ini akan terlihat lebih indah dan tajam dibandingkan ketika berada didalam sebuah akuarium. Tapi jika ingin memelihara ikan koi yang besar di sebuah akuarium apakah bisa? Tentu itu bukan pertanyaan yang aneh, karena setiap hias sebenarnya bisa kita taruh di dalam akuarium. Tergantung dari segi ukuran dan sifat ikan yang agresif atau suka menyendiri (territorial). Tidak sedikit orang yang ingin mencoba menaruh ikan koi besarnya di dalam aquarium. Sebagai penambah dekorasi rumah di dalam maupun di luar ruangan. Untuk perawatan ikan koi sendiri sebenarnya tidaklah sulit, semua orang bisa melakukannya. Asalkan mau belajar dan mencoba.

Jika kalian ingin mencoba memeliharanya di akuarium, ada beberapa hal dibawah ini yang setidaknya wajib kalian perhatikan untuk melakukannya.

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Kalian Memelihara Ikan Koi di Akuarium 3

1. Ukuran Akuarium

Ukuran akuarium yang baik untuk ikan koi yaitu minimal mempunyai panjang kurang lebih 1,5 meter dan lebar 1 meter, serta memiliki kedalaman sekitar 50 cm. Tentu jika ukuran akuariumnya lebih besar, akan lebih baik untuk ikan koi. Karena ukuran akuarium ini cukup besar, maka perlu kalian pertimbangkan tentang ketebalan kaca yang akan digunakan supaya tidak gampang pecah. Lem yang digunakan harus menggunakan lem kaca yang mempunyai kualitas yang baik. Jika kalian ingin menggunakan rangka besi untuk memegang setiap pinggiran sisi akuarium, carilah rangka besi yang kuat, setidaknya kalian harus membuat akuarium tersebut benar-benar aman dan kuat. Jika kalian masih ragu dalam pembuatannya atau ingin menggunakan jasa orang lain. Maka ada baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang-orang yang sudah ahli dalam membuat akuarium agar tampilan atau desain dan kekuatan akuarium tersebut tidak mengecewakan kalian.

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Kalian Memelihara Ikan Koi di Akuarium 4

2. Menyiapkan Ikan Dan Akuarium Ikan Koi

Sebelum memasukkan ikan kedalam akuarium, ada baiknya kalian melakukan ini terlebih dahulu.

–  Peliharalah ikan koi yang akan dimasukkkan ke akuarium terlebih dahulu dalam kolam terbuka. Dengan kedalaman setidaknya minimal 1 meter dari batas air pada permukaan kolam.

–  Letakkan akuarium ikan koi di tempat yang tidak mudah bergetar dan tenang, serta tidak terkena langsung dengan sinar matahari.

–  Untuk memindahkan koi ke akuarium, terlebih dahulu dilakukan aklimatisasi (adaptasi terhadap ikan di tempat baru agar tidak mengalami stress karena perubahan kualitas air) dengan cara memasukkan ikan ke kantong plastik dan dibiarkan terapung di atas air air akuarium setidaknya selama 10 sampai 20 menit. Setelah itu ikan koi baru boleh dilepas dan dimasukkan ke dalam akuarium.

–  Jika ingin memasukkan koi yang baru ke kawanan ikan koi yang sudah lama ada di akuarium, sebaiknya dilakukan karantina terlebih dahulu di dalam bak air terpisah setidaknya selama 2 hingga 4 minggu. Cara ini dilakukan agar kita bisa memastikan apakah ikan ini sehat atau membawa bibit penyakit.

–  Jika suatu saat ingin memasukkkan ikan koi yang baru lagi, sebisa mungkin jangan sampai lebih dari 3 ekor, agar ikan tidak mengalami stress dan tiba-tiba mati.

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Kalian Memelihara Ikan Koi di Akuarium 5

3. Filtrasi / Alat Pembersih Air

Gunakanlah filter air di akuarium. Filtrasi atau pembersih air, sangat berguna untuk untuk menyaring kotoran dan menjaga kualitas air serta kebersihan akuarium. Ingatlah untuk membeli alat filter yang sesuai dengan ukuran akuarium. Selain itu kegunaan yang lain dari filter ini adalah untuk menambah kadar oksigen dan membuat arus pada akuarium melalui curahan air yang tercipta dari top filternya.

4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Jika Kalian Memelihara Ikan Koi di Akuarium 6

4.  Perhatikan Tanda-Tanda Jika Ikan Koi Terserang Penyakit

Ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan jika ikan koi terserang penyakit. Contohnya sebagai berikut.

–  Cara berenang ikan yang tidak normal atau tidak seperti biasanya

–  Nafsu makan ikan berkurang dan terlihat lebih kurus

–  Perut ikan membengkak padahal belumdiberi makan

–  Kulit atau sirip ikan terlihat seperti terkelupas, mengalami kerusakan atau berubah warna

–  Siripnya dibagian dada, perut dan punggung terus menguncup atau menempel pada sisi tubuh

–  Menggaruk atau menggesekkan tubuhnya pada batu atau dekorasi berkali-kali

Demikianlah 4 Hal yang yang harus kalian perhatikan jika ingin memelihara ikan koi di akuarium. Selamat membaca dan terima kasih.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ahyar anak muare