4 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan, Jika Tak Ingin Mobil Matic Rusak


4 Hal Yang Tak Boleh Dilakukan, Jika Tak Ingin Mobil Matic Rusak 1

Mobil dengan transmisi otomatis atau tanpa kita memindahkan gigi persneling secara manual menghadirkan kemudahan dalam mengendarai mobil. Sebagian besar para produsen mobil banyak yang beralih ke transisi otomatis mengingat permintaan konsumen yang cukup tinggi. Alhasil, banyak mobil keluaran baru saat ini yang mempergunakan transisi matic atau otomatis dan menjadi pilihan mayoritas pengguna mobil.

Dibalik kemudahan mengendarai mobil matic, ada semacam larangan atau hal-hal yang tak boleh dilakukan saat mengendarai mobil matic ini, jika larangan ini tetap tak diindahkan, maka resiko yang terjadi mobil matic anda akan cepat mengalami kerusakan, Berikut 4 larangan-larangan tersebut :

Tidak boleh menginjak rem saat posisi gigi masuk dalam kondisi mobil berhenti.

Para pengemudi matic tentunya banyak yang belum tahu tentang pantangan yang satu ini. Mereka yang berhenti saat lampu merah atau pada posisi jalanan macet, kebanyakan dari mereka tak sadar bahwa kakinya menahan lajunya mobil dengan menginjakkan rem yang cukup lama, dengan posisi gigi berada di posisi jalan. Hal itu akan membuat cepat kekurakan pada matic anda.

Tidak boleh alihkan gigi pada posisi P saat mobil belum sepenuhnya berhenti

Larangan yang jarang diketahui, bahkan sering dilakukan pengendara matic saat akan memberhentikan mobilnya, yakni memindahkan posisi gigi ke posisi P (Parkir) saat mobil benar-benar belum berhenti. Ini akan membuat mobil secara tiba-tiba akan berhenti dengan sistem pengereman otomatis. Hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada transmisi matic, apalagi tongkat P hanya berfungsi saat mobil dalam kondisi berhenti dan akan diparkirkan.

Tidak boleh injak gas yang berlebihan sebelum gigi persneling dimasukkan ke posisi jalan atau D

Hal ini yang sering dilakukan pengguna matic, dimana sebelum gigi jalan masuk atau posisi D, mereka langsung menggeber gas lalu memasukkan tuas matic ke posisi D, hal ini tentunya membuat mobil akan kerusakan pada komponen transmisi serta kerusakan pada clutch mobil matic anda.

Tidak boleh memasukkan gigi Netral saat posisi jalan menurun 

Pernah terlintas dibenak para pengguna mobil matic, saat mobil mereka melintas di jalan menurun dengan memasukkan gigi netral dengan melakukan pengereman akan efektif mengatasi konsumsi bahan bakar kendaraan. Namun hal tersebut sangatlah dilarang, karena bisa menyebabkan sistem transmisi mobil matic akan menjadi jebol. Lebih baik dengan memasukkan gigi pada posisi yang lebih rendah, misalnya ke D1 maka mobil tetap melaju dengan pelan dan akan melakukan pengereman otomatis tanpa harus melakukan pengereman manual dengan kaki.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap