4 Hal yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

4 Hal yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung 1

Belum tau apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh penderita asam lambung? Kalo gitu kalian wajib baca ini sampai akhir. Siapapun pasti akan merasa tidak nyaman ketika asam lambung mulai kambuh sehingga menimbulkan sensasi panas (heartburn) pada dada yang terjadi ketika makan kekenyangan, ataupun berbaring ketika makan. Walaupun gejala ini bisa kambuh kapan saja, namun biasanya gejala dari asam lambung ini muncul ketika pagi hari setelah bangun tidur maupun pada malam hari.

Asam lambung sendiri adalah kondisi dimana zat asam yang ada pada lambung naik menuju kerongkongan yang kemudian menyebabkan rasa panas dan sesak pada dada juga uluhati. Asam lambung pada umumnya lebih banyak diderita orang dewasa, namun tidak kecil kemungkinan juga bisa menyerang anak usia remaja. Walaupun sudah tersedia obat-obatan bagi penderita asam lambung, tentu kita tidak ingin terus terusan mengonsumsinya kan? Apalagi obat hanya meredakan gejala secara sementara. Nah, agar asam lambung tidak sering kambuh maka ada beberapa hal yang harus dihindari loh bagi penderitanya. 

Selain memperhatikan pola makan, jenis makanan, dan minuman yang memicu asam lambung, Beberapa hal yang perlu dihindari dan tidak boleh dilakukan penderitanya, yaitu:

1. Hindari makan terlalu kenyang

Makan terlalu kenyang akan menyebabkan asam lambung kembali kambuh, apalagi makan dengan porsi yang tidak sedikit. Karena, ketika kita merasa kenyang yang berlebihan akan membuat katup di kerongkongan tertekan sehingga terbuka dan asam lambung naik kembali. Duh, jadi penderita asam lambung jangan ikut-ikutan trend mukbang ya, hehe.

2. Berbaring atau tidur setelah makan

Berbaring atau tidur setelah makan adalah hal yang wajib dihindari bagi penderita asam lambung. Karena ketika kalian langsung berbaring setelah selesai makan, dapat mengganggu sistem pencernaan yang membuat tekanan pada lambung meningkat sehingga asam lambung akan mudah kambuh kembali. Jadi selesai makan biasakan untuk duduk terlebih dahulu ya kurang lebih 1 sampai 2 jam sebelum tidur.

3. Hindari merokok 

Bagi penderita asam lambung harus hindari merokok ya. Pasalnya, selain merokok tidak baik untuk kesehatan jantung dan paru paru. Merokok juga tidak dianjurkan kepada penderita asam lambung nih, karena zat kimia yang terkandung pada rokok akan mendorong lambung untuk semakin banyak memproduksi asam dan menyebabkan sfingter menjadi rileks yang akhirnya asam lambung menjadi naik.

4. Hindari stress yang berlebihan

Stress bisa menyebabkan asam lambung mudah kambuh lohh, karena stress dapat memperburuk gejala refluks asam yang terjadi karena tegang nya otot otot perut akibat terlalu tegang atau cemas. Akibatnya, asam akan mudah naik ke kerongkongan.

Itulah beberapa hal yang wajib banget kalian hindari ya ketika merasa gejala asam lambung sering naik. Oh iya, berikut ini ada rekomendasi beberapa makanan sehat bagi penderita asam lambung yang bisa kalian konsumsi dirumah.

  • Nasi merah (mengandung banyak serat dan nutrisi)
  • Sayuran (kentang, buncis, brokoli, kol dan bayam)
  • Buah (pisang, pepaya, semangka, melon dll. Disarankan buah yang mengandung antioksidan dan kalsium)

Nah, rekomendasinya boleh diterapin dan dicoba dirumah. Jangan lupa biasakan hidup dengan pola yang sehat, berolahraga, dan mengonsumsi makanan yang bergizi. Terimakasih sudah membaca.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Jesika Carolin