4 Ikan Koi Termahal Di Dunia

4 Ikan Koi Termahal Di Dunia 1

Ikan koi adalah ikan hias yang populer di dunia termasuk di Indonesia. Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk carp amur (Cyprinus rubrofuscus) yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak. Ikan koi memiliki jenis yang beragam serta keunikan yang dimiliki ikan ini membuatnya disukai para pencinta ikan hias. Hal tersebutlah yang membuat harga ikan koi bisa sangat tinggi di pasaran.

Ikan koi awalnya berkembang di Jepang dan di sana ikan ini dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi. Seiring berjalannya waktu, ikan koi mengalami banyak perkembangan jenis dan memiliki banyak variasi ikan dengan warna yang cantik dan bentuk yang unik. Beberapa di antaranya hasil dari persilangan dan pengembangbiakan antara jenis-jenis ikan koi yang sudah ada sebeumnya. Karena minat pasar yang sangat tinggi terhadap ikan koi, harganya pun sangat beragam dan bisa sangat tinggi untuk jenis-jenis tertentu. Penasaran jenis apa saja yang mempunyai harga yang mahal?

Berikut daftar 4 ikan koi termahal di dunia.

1. KOI S LEGEND

Sumber : Okezone
Sumber : Okezone

Inisial “S” pada ikan ini diambil dari nama belakang pemiliknya yaitu Mr. Daishiro Shirasaka dari Jepang. Ikan yang memiliki corak putih merah yang indah dan berukuran besar ini adalah ikan koi dengan varietas Kohaku. Ikan ini mempunyai panjang 101 cm, dan yang membuat harganya bisa melambung sangat tinggi adalah kualitas serta prestasinya dalam berbagai kontes ikan koi.

Pada tahun 2018, ikan koi jenis kohaku dengan nama S legend ini mencatatkan rekor baru dengan terjual dengan harga Rp26 miliar di Saki Fish Farm, Hiroshima, Jepang. Seorang kolektor ikan hias dari Taiwan lah yang berani membeli ikan ini dengan harga fantastis tersebut.

2. BLACK DRAGON

Sumber Gambar : Mascota.eu.org
Sumber Gambar : Mascota.eu.org

Ikan koi Black Dragon mempunyai keunikan dengan mempunyai indukan yang nyaris sempurna tanpa cacat, dengan corak unik perpaduan antara hitam, merah dan putih. Ikan ini disebut sebagai jenis ikan koi yang sangat langka dengan populasi yang sangat sedikit di dunia.

Ikan koi Black Dragon betina dengan panjang 57 cm hadir pada ajang pelelangan ikan di Momotaro Farm, Okayama, Jepang. Hasil lelang ikan koi Black Dragon ini sangat fantastis. Ikan koi Black Dragon ini berhasil dibawa pulang dengan harga Rp2,9 miliar.

3.DAINICHI SHOWA

Sumber Gambar : 99.co
Sumber Gambar : 99.co

Ikan koi dengan varietas Nisai Showa ini memiliki corak yang unik dan langka serta bisa dibilang mirip ikan koi Black Dragon yang mempunyai corak unik perpaduan antara hitam, merah dan putih. Ikan yang satu ini termasuk keturunan Oyagoi “Gacchami”, kemudian diberi nama Danichi Showa.

Pada November 2013 silam, ikan koi Dainichi Showa ini terlelang senilai Rp2,15 miliar. Harga ikan koi yang sangat tinggi ini disebabkan karena tubuhnya memiliki corak yang sangat unik pada setiap sisi serta kualitasnya yang sangat baik.

4. MARUTEN KOHAKU

Sumber Gambar : Pinterest
Sumber Gambar : Pinterest

Koi yang satu ini satu varietas dengan koi S Legend, yaitu varietas kohaku. Corak tubuhnya juga mirip dengan S Legend yang mempunyai warna putih yang dominan serta variasi merah. Nama maruten ini diberikan karena ikan koi ini memiliki corak seperti mahkota yang terletak di bagian kepalanya dan maruten dalam bahasa Jepang berarti mahkota.

Pada tahun 2010 lalu, ikan koi jenis ini pernah terjual dengan harga fantastis mencapai 1,1 miliar di ajang pelelangan ikan koi di Niigata, Jepang. Ikan koi maruten disebut berkualitas bagus jika memiliki bentuk bulat seperti telur. Jika mahkotanya berwarna merah terang, ikan koi ini seperti memiliki bendera Jepang di tubuhnya.

Nah, itulah 4 Ikan Koi yang harganya selangit. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mengoleksi jenis-jenis ikan koi di atas?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Thomy