4 Jenis Pakan Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bebek


4 Jenis Pakan Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bebek 1

Bebek merupakan hewan yang sering kita kenal dan jumpai, baik di persawahan maupun di pemukiman. Bebek sendiri merupakan jenis unggas yang sering diperlihara sebagai hewan ternak di masyarakat, dengan memanfaatkan dagingnya maupun telurnya yang sering kita kenal dengan telur asin.

bebek lokal indonesia
bebek lokal indonesia

Namun tahukan anda untuk memelihara bebek sebenarnya diperlukan teknik maupun jenis makanan yang sesuai agar proses pertumbuhan unggas ini cepat dan besar. Untuk jenis makanan biasanya memang dibutuhkan makanan khusus atau alternatif untuk menunjang perkembangan bebek yang memiliki hasil yang baik.

Berikut 4 makanan bebek untuk mempercepat pertumbuhan bebek:

1. Tepung Ikan

Makanan untuk bebek yang pertama agar pertumbuhan bebek cepat adalah tepung ikan. Tepung ikan sendiri memiliki kandungan asam amino lisin dan metionin tinggi yang membuat pertumbuhan bebek menjadi cepat, namun meskipun dengan harga yang terbilang tidak murah, memang sedikit menjadi kendala namun khasiat dari tepung ikan terbilang cukup spektakuler, dan bisa menjadi alternatif pakan unggas bebek ini.

Selain itu penggunaan pakan tepung ikan ini pada bebek terbilang cukup berpengaruh pada kualitas dari daging bebek yang akan dipasarkan itu sendiri, sehingga penggunaan pakan tepung ikan cukup berpengaruh terhadap kualitas daging bebek yang dihasilkan.

2. Ampas Tahu

Untuk pakan berikutnya agar bebek cepat tumbuh, yakni dengan memberikan jenis pakan berupa ampas tahu. Ampas tahu sendiri sering kita jumpai di pasar-pasar, maupun tempat-tempat lain yang khuu menjual tahu. Ampas tahau diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi, dan baik bagi pertumbuhan bebek itu sendiri.

Penggunaan ampas tahu ini tidak boleh terlalu lama disimpan, karena semakin lama tidak dikasihkan bebek, maka ampas tahu dapat menimbulkan bakteri dan mengganggu pertumbuhan bebek menjadi baik. Maka sebaiknya ampas tahu diberikan sesegera mungkin agar protein yang terkandung di dalamnya segera diserap oleh bebek.

3. Onggok

Jenis pakan unggas bebek berikutnya adalah onggok. Onggok sendiri merupakan hasil pengolahan limbah singkong, dan dipercaya mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi pertumbuhan bebek menjadi cepat. Penggunaan pakan jenis onggok ini tidak boleh diberikan pada bebek sesering mungkin karena tidak baik dan dapat mengakibatkan diare pada bebek, jadi diberikan secukupnya saja dalam beberapa kali setiap minggunya.

Onggok sendiri sering kita jumpai dari hasil pengolahan limbah singkong yang sering kita kenal, dengan kandungan karbohidratnya yang besar. Onggok bisa dijadikan pakan tambahan bagi bebek selain didukung dengan pakan-pakan yang lain, sehingga membuat kandungan nutrisi menjadi seimbang.

4. Jagung kuning

Makanan bebek selanjutnya untuk menunjang pertumbuhan bebek menjadi cepat adalah dengan memberikan jenis pakan berupa jagung kuning. Jagung kuning sendiri diketahui memiliki kandungan energi yang cukup bear, dan berpengaruh bagi pertumbuhan bebek menjadi baik. 

Jagung kuning ini mudah didapat, dan bisa dijadikan rekomendasi pakan alternatif bebek, agar pertumbuhan bebek menjadi tambah baik, dan bisa dicampurkan dengan dedak atau pakan lain sehingga kandungan konsentratmya semakin baik.

Nah itu tadi 4 jenis pakan bebek yang bisa kalian jadikan alternatif pakan unggas jenis bebek ini, dan berpengaruh untuk pertumbuhan bebek, sehingga bebek cepat besar.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lystha AK

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap