4 Keunggulan Penggunaan Aplikasi “Pleco” dalam Belajar Bahasa Mandarin di Era Modern

4 Keunggulan Penggunaan Aplikasi "Pleco" dalam Belajar Bahasa Mandarin di Era Modern 1

Dalam kehidupan bermasyarakat akan terjadi interaksi sosial antar individu, sehingga ada pertemuan antara komunikator (orang yang menyampaikan pesan atau gagasan kepada komunikan) dan komunikan (orang yang menerima pesan atau gagasan yang telah disampaikan oleh komunikator). Untuk mempermudah interaksi sosial, maka dibutuhkan bahasa yang dijadikan sebagai alat komunikasi yang akan mempengaruhi tingkah laku sosial (social behaviour). Interaksi sosial dapat terjadi secara domestic atau international, sehingga membutuhkan penyesuaian diri dalam penggunaan bahasa. Jika Anda berinteraksi dengan sesama orang Indonesia, maka sangat memudahkan Anda hanya dengan menggunakan bahasa Indonesia telah terjadi interaksi sosial yang cepat, tetapi jika Anda berinteraksi dengan orang asing, seperti orang China, maka dibutuhkan penyesuaian Anda dengan menggunakan bahasa China untuk lebih memudahkan jalannya komunikasi. Untuk interaksi dengan orang asing, apakah Anda sudah memiliki kemampuan penguasaan bahasa asing tersebut?

Dalam artikel kali ini, saya akan membahas salah satu bahasa asing, yaitu Bahasa Mandarin dimana bahasa ini sudah menjadi bahasa internasional kedua setelah Bahasa Inggris. Perbedaan Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris salah satunya terletak pada cara penulisan, alphabet digunakan dalam Bahasa Inggris, sedangkan Bahasa Mandarin tidak menggunakan alphabet, melainkan menggunakan 汉字 (dibaca Han4 Zi4) dalam menulis karakter. Menurut website www.harianinhuaonline.com , jumlah karakter Mandarin terdapat lebih dari 100.000 telah dimasukkan dalam kamus Bahasa Mandarin dan jumlah tersebut akan mengalami penambahan seiring dengan perkembangan bahasa. Dalam website tersebut memberikan bayangan jika Anda dapat menguasai kurang lebih 2.500 kata, berarti Anda sudah mampu melakukan percakapan sehari – hari dalam Bahasa Mandarin dengan fasih. Pokok permasalahan dari Bahasa Mandarin adalah bagaimana cara mengingat karakter tersebut, sedangkan menggunakan kamus yang tebal akan sangat berat dan menjadi beban untuk dibawah ke mana – mana serta menyulitkan menggunakan kamus berupa buku?

Lebih lanjut, saya akan menjelaskan aplikasi “Pleco” merupakan aplikasi kamus yang tidak perlu memegang kamus yang tebal dan tidak memberatkan Anda, sehingga tidak perlu menjadi beban untuk dibawah ke mana – mana karena kamus ini sudah ada di smartphone Anda, sehingga mudah diunduh melalui PlayStore (untuk pengguna Android) dan AppStore (untuk pengguna iPhone). Berikut ini saya akan menunjukkan tampilan aplikasi “Pleco” melalui PlayStore

4 Keunggulan Penggunaan Aplikasi "Pleco" dalam Belajar Bahasa Mandarin di Era Modern 3
Tampilan Aplikasi “Pleco”

Selain itu, mudah diunduh melalui smartphone Android maupun Apple, saya akan menjelaskan keunggulan dari penggunaan aplikasi “Pleco”, yaitu:
1. Membantu Anda untuk mengenal karakter Bahasa Mandarin baik secara chinese simplified dan chinese traditional. Dalam aplikasi ini membantu dengan adanya 拼音 (Pin1 Yin1), sehingga memudahkan Anda untuk membaca karakter tersebut dan dilengkapi fitur suara yang akan membantu Anda agar dapat mendengarkan bagaimana native speaker dalam mengucapkan karakter tersebut.

4 Keunggulan Penggunaan Aplikasi "Pleco" dalam Belajar Bahasa Mandarin di Era Modern 4
Fitur karakter Mandarin, 拼音 (Pin1 Yin1) dan tombol suara untuk mendengarkan cara pengucapan karakter tersebut.

2. Memudahkan Anda untuk memahami karakter tersebut termasuk kata benda (noun), kata kerja (verb), kata sifat (adjective) atau kata keterangan (adverb) yang dilengkapi dengan contoh kalimat serta cara mengucapkan contoh kalimat tersebut.

4 Keunggulan Penggunaan Aplikasi "Pleco" dalam Belajar Bahasa Mandarin di Era Modern 5
Fitur “Pleco” dilengkapi penjelasan yang lengkap dan contoh kalimat serta cara pengucapannya.

3. Fitur “Pleco” memberikan contoh klausa berupa penggabungan 2 (dua) kata atau lebih, sehingga menciptakan arti yang baru. Contoh: Karakter utama 帅 (Shuai4) artinya tampan, jika 帅才 (Shuai4 Cai2) artinya orang yang tampan dan memiliki talenta khususnya sangat cocok menjadi pemimpin.

4 Keunggulan Penggunaan Aplikasi "Pleco" dalam Belajar Bahasa Mandarin di Era Modern 6
Fitur “Pleco” menunjukkan contoh klausa dari karakter tersebut.

4. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk memahami contoh peribahasa yang digunakan dalam Bahasa Mandarin karena dalam kehidupan sehari – hari, native speaker sering menggunakan peribahasa. Contoh peribahasa: 一无所有 (Yi1 Wu2 Suo3 You3) arti bahwa dalam dunia ini tidak hanya Anda saja yang dapat memiliki hal tersebut (secara terjemahkan dalam Bahasa Indonesia).

4 Keunggulan Penggunaan Aplikasi "Pleco" dalam Belajar Bahasa Mandarin di Era Modern 7
Fitur “Pleco” memberikan contoh peribahasa, cara membaca dan contoh kalimat

Demikianlah penulisan artikel hari ini, jika Anda menemukan keunggulan lain dari aplikasi “Pleco” ini, Anda dapat share melalui kolom komentar dari artikel ini. Semoga penulisan artikel ini dapat berguna bagi Anda untuk belajar Bahasa Mandarin dengan mudah. See you di artikel lain yang berhubungan dengan kehidupan seputar Bahasa Mandarin lainnya. Salam kenal dan jangan lupa tersenyum selalu menyambut hari – hari yang indah.

Best Regards
Ho, Erik Hosan

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ho_erik_hosan