4 Keuntungan Berbisnis Kosmetik dengan Brand Sendiri

4 Keuntungan Berbisnis Kosmetik dengan Brand Sendiri 1

Pernahkah kamu memperhatikan kalau akhir-akhir ini banyak sekali merk kosmetik baru yang bermunculan di iklan-iklan media sosial?

Atau menemukan berbagai produk inovasi skincare tertentu, dengan kandungan, hingga mengusung manfaat kecantikan yang lebih beragam.

Dan yang lebih menariknya, pemilik dari brand-brand kosmetik baru ini pun enggak cuma didominasi oleh orang yang ahli di bidang kecantikan dan telah lama berkecimpun di dunia bisnis.

Melainkan banyak dari artis, para influencer, vlogger, hingga blogger. Orang yang terbilang awam dan kurang paham seluk beluk pembuatan kosmetik pun rupanya bisa membuat brand kosmetik mereka sendiri.

Kamu juga pasti bertanya-tanya, apakah orang-orang tersebut harus memulai mempelajari dari awal? Dan apakah mereka mengeluarkan banyak modal dan usaha untuk merintis bisnis di bidang yang bisa dibilang enggak terlalu mereka kuasai?

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaanmu itu, kamu bisa simak berbagai keuntungan berbisnis kosmetik dengan brand sendiri di bawah ini.

Dapat Mengontrol Kualitas dan Kuantitas Produk Kosmetik

  Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels
  Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels

Ketika menjalankan bisnis kosmetik dengan brand sendiri, artinya kamu memiliki kendali penuh terhadap produk yang akan kamu hasilkan dan jual. Hal ini akan memudahkanmu mengontrol kualitas dan kuantitas dari produk kosmetik itu.

Kamu bisa mengetahui dan mempertanggung jawabkan keamanan produk yang kamu buat, misalnya dengan memilih bahan-bahan yang tidak berbahaya, mengawasi proses produksi sendiri, dan memastikan pengiriman produk dilakukan dengan aman.

Formula Kosmetik yang Unik

  Foto oleh Anna Shvets dari Pexels
  Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Ketika berbisnis kosmetik dengan brand sendiri, kamu pun akan lebih mudah mengkreasikan formula produk yang ingin kamu buat. Dengan demikian, kosmetik dari brandmu sendiri akan memiliki nilai keunikan tersendiri.

Dalam beberapa perusahaan maklon kosmetik bahkan menawarkan keunikan formula pada klien mereka. Artinya formula yang diciptakan tidak akan disamakan atau dibuat memiliki ciri khas tersendiri sebagai pembeda dengan brand lain yang bekerja sama dengan mereka. Nilai keunikan inilah yang memberikan nilai tambah dan daya saing pada brand kosmetikmu.

Dengan kata lain, ketika kamu berbisnis kosmetik dengan brand dan produk ciptaanmu sendiri, kamu dapat menjadi diri sendiri dan selalu ada orang yang akan mengapresiasi produk yang kamu buat.

Pasti membanggakan banget, ya!

Lebih Mudah Mendapat Pelanggan Setia

  Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels
  Foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels

Karena kualitas ada dalam pengawasanmu, bahan-bahan yang digunakan dalam formulasi kosmetik juga atas pilihanmu, maka akan sangat mudah bagimu mendapat pelanggan yang setia.

Sebab, ketika seorang konsumen memberikan testimoni mereka mengenai produk-produk yang kamu ciptakan. Itu akan menjadi evaluasi, PR yang harus kamu selesaikan demi membuat konsumen itu nyaman dengan produk kosmetik yang kamu buat.

Nah, karena hal inilah yang membuat pelanggan menjadi loyal kepadamu. Karena kamu enggak akan berhenti untuk berinovasi dan memperbaiki produk kosmetik yang kamu hasilkan.

Kebebasan Mengembangkan Usaha

  Foto oleh energepic.com dari Pexels
  Foto oleh energepic.com dari Pexels

Satu hal lagi keuntungan yang kamu dapatkan ketika menjalankan bisnis kosmetik dengan brand sendiri, yakni kebebasan dalam mengembangkan usaha.

Ketika hanya memasarkan atau menjual kembali produk yang sudah jadi dari merk lain, kamu akan kurang bebas dalam menentukan target pasar dari kosmetik itu. Karena enggak semua brand kosmetik memiliki pangsa pasar yang umum.

Berbeda ketika kamu berbisnis dengan brand kosmetikmu sendiri. Kamu akan bebas ingin mengembangkan produk seperti apa, ingin mengambil pasar yang mana, hingga ingin memasarkannya di mana.

Hal ini dikarenakan kamu mempunyai wewenang dan hak penuh untuk menentukan produk kosmetik apa yang ingin diproduksi, didistibusikan, dan dijual di pasaran.

Kemudahan Memproduksi Kosmetik dengan Brand Sendiri

Dokumentasi Pribadi via mashmoshem
Dokumentasi Pribadi via mashmoshem

Kamu mungkin berpikir bahwa ketika membuat brand sendiri akan jauh lebih merepotkan ketimbang menjualkan produk orang lain.

Sebenarnya, hal itu enggak sepenuhnya benar, lho. Sebab seperti yang telah disinggung sebelumnya, orang-orang yang berkecimpung di bisnis kosmetik akhir-akhir ini terbilang cukup awam dan enggak tahu sedetil itu soal produk-produk kecantikan.

Memproduksi kosmetik dengan brand sendiri kini semakin mudah dengan adanya jasa penyedia maklon kosmetik. Yang bisa membantumu membentuk ide awal brand, menentukan target pasar sesuai seleramu, meracik formula kosmetik dari bahan yang kamu inginkan, hingga memproduksinya dalam jumlah yang besar.

Bahkan ada banyak perusahaan maklon kosmetik yang memberikan penawaran untuk pengurusan izin dan sertifikasi halal serta Badan POM. Juga memberikan layanan after sales terbaik sebagai dukungan mereka terhadap brand klien.

Nah, itu adalah berbagai keuntungan berbisnis kosmetik dengan brand sendiri. Setelah mengetahuinya, apakah kamu tertarik untuk memulai usaha yang sama?

Sebenarnya setiap bisnis juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula saat kamu memutuskan untuk membuat brand kosmetik sendiri.

Namun yang perlu diingat, selama masih banyak peluang dan dukungan yang kamu miliki, maka enggak ada salahnya untuk mencoba berbisnis di bidang tersebut.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Renny Ambar Sari