4 Makanan Ekstrem dari Gunung Kidul, Nomor 2 Bikin Merinding!

4 Makanan Ekstrem dari Gunung Kidul, Nomor 2 Bikin Merinding!

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Yogyakarta, ada baiknya Anda berkunjung ke Gunung KIdul. Kabupaten ini terkenal memiliki banyak pantai yang indah. Namun, jika Anda bosan berwisata alam, Anda bisa mencoba berwisata kuliner di sini. Masyarakat Gunung Kidul terkenal dengan olahan masakannya yang tidak biasa, apa saja itu? mari kita bahas.

1. Walang Goreng

Belalang goreng yang kaya protein
Belalang goreng yang kaya protein

Belalang atau walang dalam bahasa Jawa, sering dianggap hama oleh para petani. Belalang sering merusak tanaman petani yang nantinya berimbas pada pertumbuhan tanaman tersebut. Namun, masyarakat Gunung Kidul menjadikan belalang ini sebagai bahan utama pembuatan makanan dengan cara digoreng.

Diketahui bahwa, belalang memiliki tingkat protein yang tinggi seperti seafood. Jika Anda berkunjung ke Gunung Kidul, Anda akan mudah menjumpai penjual belalang goreng di pinggir jalan.    

2. Puthul Goreng

Larva kumbang (puthul) goreng
Larva kumbang (puthul) goreng

Puthul atau sejenis larva kumbang yang banyak ditemukan pada dedaunan saat musim penghujan merupakan hama bagi para petani. Larva puthul ini oleh masyarakat Gunung Kidul dijadikan sebagai bahan utama pembuatan makanan.

Cara mengolahnya cukup mudah, dengan membersihkan dahulu puthul dengan air sekaligus membuang sayapnya. Lalu diberi bumbu bacem dan tiriskan. Setelah itu digoreng dan siap dihidangkan.

3. Codot Goreng

Codot goreng memiliki rasa yang manis
Codot goreng memiliki rasa yang manis

Codot atau kelelawar dalam bahasa Indonesia merupakan hewan pemakan buah. Hewan nokturnal ini biasa tinggal di gua atau tempat yang minim sinar matahari. Di Gunung Kidul, Anda bisa menemukan kelelawar di warung makan yang sudah lengkap dengan bumbu bacem.

Menurut orang yang pernah memakannya, daging kelelawar memiliki rasa manis dan bertekstur alot, namun tulangnya renyah. Orang-orang yang memakan daging kelelawar selain penasaran, juga ingin mencari kesembuhan penyakit seperti asma, kencing manis, dan asam urat. 

4. Tawon Goreng

Tawon goreng biasa dijadikan olahan bacem
Tawon goreng biasa dijadikan olahan bacem

Masyarakat Gunung Kidul juga mengolah tawon sebagai bahan utama pembuatan makanan. Namun, hanya anak tawon yang akan dimasak dan diberi bumbu. Cara mengolahnya pun cukup mudah.

Tinggal bersihkan anak tawon dengan air, lalu diberi bumbu bawang putih dan garam. Kemudian anak tawon digoreng sampai bumbunya meresap sambil diaduk-aduk agar matang merata.

Itulah makanan-makanan ekstrem yang berasal dari Gunung Kidul. Jika Anda penasaran dan mempunyai nyali yang besar, silakan berkunjung ke Gunung Kidul untuk mencobanya!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Ieduddien