4 Mitos Tentang Neil Armstrong, Manusia Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Bulan


4 Mitos Tentang Neil Armstrong, Manusia Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Bulan 1

Neil Armstrong merupakan manusia pertama yang menginjakkan kaki dan berjalan di bulan pada tanggal 21 Juli 1969 dengan menggunakan pesawat luar angkasa AS bersama kedua rekannya yaitu Michael Collins dan Buzz Aldrin.

Setelah hari-hari bersejarah tersebut, muncul banyak mitos-mitos dan berbagai teori konspirasi tentang pendaratan di bulan, termasuk Neil Armstrong. Neil Armstrong meninggal pada tahun 2012, tetapi mitos-mitos tentangnya masih hidup sampai sekarang. Berikut 4 mitos tentang Neil Armstrong yang paling terkenal, simak terus ya!

Neil Armstrong mendengar adzan di bulan hingga masuk islam ?

4 Mitos Tentang Neil Armstrong, Manusia Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Bulan 3

Ada sebuah mitos yang paling terkenal yang mengatakan bahwa Armstrong mendengar adzan di bulan, saat itu ia tidak tahu suara itu, tapi saat ia kembali ke bumi, ia mengetahui bahwa yang ia dengar di bulan merupakan suara adzan dan akhirnya Armstrong masuk islam.

Faktanya, itu tidak benar. Armstrong bahkan tidak mendengar suara adzan saat berada di bulan dan tidak pernah berpikir untuk masuk islam. Armstrong berusaha meyakinkan orang-orang bahwa rumor tersebut tidaklah benar. Cerita tentang Armstrong masuk islam menyebar hingga masuk dalam surat kabar di Mesir, Indonesia, dan Malaysia.

Neil Armstong & kru Apollo 11 mengamati pesawat luar angkasa alien

4 Mitos Tentang Neil Armstrong, Manusia Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Bulan 4

Sebuah mitos belakangan terungkap bahwa kru Apollo 11 telah menyaksikan UFO yang dikabarkan berbentuk silinder yang memiliki kecepatan yang sama dengan pesawat luar angkasa Columbia, yang diamati oleh awaknya selama pelayaran Trans-lunar (manuver pendorong yang digunakan oleh pesawat luar angkasa pada lintasan untuk mendarat ke bulan), tetapi tidak sempat difoto karena sudah menghilang sebelum dapat diambil gambarnya.

Pada awalnya kru mengira bahwa objek tersebut merupakan bagian peluncuran roket Saturn V yang mengejar mereka, para kru menghubungi Mission Control untuk menverifikasi bahwa dugaan mereka benar. Balasan kepada kru Apollo 11 mengonfirmasikan bahwa tidak mungkin para kru untuk melihat roket pada peluncuran itu.

Setelah beberapa menit terbang sejajar dengan objek yang terang dan berkedip itu, akhirnya objek tersebut tertinggal. Meskipun tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti objek apa sebenarnya yang secara singkat menyertai penerbangan itu, kru Apollo 11 menyimpulkan bahwa objek yang memiliki kecepatan tinggi tersebut merupakan panel yang dibuang dari kontainer Lunar Module (kendaraan luar angkasa yang membawa astronot mendarat ke permukaan bulan) sehingga memungkinkannya mengimbangi kecepatan dari pesawat luar angkasa setelah berpisah dari roket.

Neil Armstrong harus mengikuti pelatihan kebugaran khusus

4 Mitos Tentang Neil Armstrong, Manusia Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Bulan 5

Mitos ini merupakan mitos yang aneh, dikatakan bahwa Armstrong harus melatih kekuatan fisiknya karena ia jauh dari apa yang diperlukan untuk menjadi astronot. Menurut mitos, Armstrong menghabiskan waktu berjam-jam di gym yang akhirnya membuat ia diizinkan untuk pergi keluar angkasa.

Faktanya, Armstrong memang menjalani gaya hidup yang cukup sehat, tetapi ia jarang berolahraga karena sebuah filosofi yang terkenal bahwa setiap manusia hanya memiliki sejumlah detak jantung yang dialokasikan untuk hidupnya, akibatnya ia tidak berniat untuk melakukan olahraga. Jadi, ia tidak olahraga karena detak jantungnya akan meningkat yang berarti nyawanya juga menjadi pendek.

Buzz Aldrin semula direncanakan menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan, tetapi Armstrong mendapat prioritas di atas rekan setimnya

4 Mitos Tentang Neil Armstrong, Manusia Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Bulan 6

Dikatakan dalam mitos ini, Buzz Aldrin yang merupakan pilot Lunar Module Apollo 11 ini direncanakan menjadi orang pertama yang akan menginjakkan kaki di bulan. Faktanya, sebagai pilot, Buzz Aldrin harus tetap berada di pesawat luar angkasa untuk menjaga kendali.

Tetapi, faktor penentu pada Apollo merupakan engsel pintu Lunar Module yang membuka ke dalam yang berada di sepanjang tepi kanan, berarti bahwa ketika pintu pertama kali dibuka, komandan memiliki jalur yang jelas untuk merangkak mundur melalui pintu yang rendah. Sementara, Armstrong yang merupakan komandan dapat dengan mudah pindah ke ruangnya yang kosong dan mengeluarkannya terlebih dahulu karena saat pilot (yaitu Buzz Aldrin) berada di ruangan komandan, akan sulit untuk keluar di kabin yang sempit.

Itulah 4 mitos tentang Neil Armstrong, manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan, mitos-mitos di atas belum termasuk mitos tentang Apollo 11 karena itu ditulis di artikel lain, terimakasih sudah membaca hingga habis, sekian

Sumber Referensi :

1. https://www.nbcnews.com/id/wbna48790315
2. https://armaghplanet.com/8-myths-about-neil-armstrongs-flight-to-the-moon.html
3. www.cbsnews.com/11-biggest-myths-about-neil-armstrong-first-man-on-the-moon
4. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Apollo_Lunar_Module
5. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Neil_Armstrong
6. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Apollo_11
7. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Buzz_Aldrin
8. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Michael_Collins_(astronaut)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Bukan siapa-siapa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments