4 Rekomendasi Bimbel Online yang Bisa Kamu Coba dalam Mempersiapkan UTBK

4 Rekomendasi Bimbel Online yang Bisa Kamu Coba dalam Mempersiapkan UTBK

Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan impian para anak SMA di Indonesia. Jalur masuk untuk berkuliah di PTN biasanya terbagi menjadi 3 yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Khusus untuk jalur SNMPTN, seleksi dilakukan melalui nilai rapor siswa dari semester 1 sampai semester 5.

Sementara, untuk jalur SBMPTN dilakukan melalui tes yang disebut dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). 

Soal UTBK biasanya berupa soal High Order Thinking Skills (HOTS) yang memerlukan pemahaman bukan sekadar hafalan saja. Maka dari itu, biasanya para siswa akan mengikuti bimbel supaya dapat mengerjakan soal-soal bertipe HOTS tersebut. Nah, berikut 6 rekomendasi bimbel onine yang bisa kamu coba!

1. Ruang Guru

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bimbel online satu ini. Bimbel online yang berdiri tahun 2014 lalu ini, mempunyai slogan “Bimbel Online Terbaik No. 1”.

Baca juga  UTBK Tinggal 1 Bulan Lagi ? Simak Tips Belajar UTBK Dalam 1 Bulan

Sebagai bimbel online yang sudah populer di mata masyarakat, Ruang Guru menawarkan fitur yang cukup lengkap.

Fitur yang ditawarkan mulai dari video belajar berbentuk animasi, rangkuman berbentuk modul, rangkuman materi, tryout, bahkan live class interaktif.

Ruang Guru juga memiliki fitur Robo Guru yang bisa membantu kamu dalam mengerjakan PR. Dari segi harga, Ruang Guru meng-klaim bimbel mereka hanya seharga Rp1000 per hari.

2. Quipper

Rekomendasi bimbel online selanjutnya yang layak untuk kamu pertimbangkan adalah Quipper. Quipper berdiri tahun 2010 dengan menggaet Maudy Ayunda sebagai Brand Ambassador.

Berbeda dengan Ruang Guru, video pembelajaran yang ditawarkan di Quipper menggunakan papan tulis seperti kamu belajar di sekolah. Selain itu, Quipper juga menawarkan pembelajaran dengan metode live class interaktif.

Untuk fitur belajar, Quipper memiliki fitur yang beragam seperti tryout, latihan soal, dan modul materi yang bisa diunduh dan dicetak, lho! Quipper juga punya fitur yang bisa membantu kamu untuk memahami materi dan mengerjakan PR, namanya Tanya Tutor. Biaya bimbel yang ditawarkan juga beragam mulai dari 149 ribuan saja.

Baca juga  4 Stereotipe Tidak Benar Tentang UTBK Dan SBMPTN

3. Zenius

Zenius adalah adalah bimbel online yang berdiri tahun 2007. Bagi kamu yang merupakan fans Jerome Polin pasti mengenal zenius. Bimbel online ini mengusung Jerome Polin sebagai Brand Ambassador.

Sama seperti 2 bimbel sebelumnya, Zenius juga menawarkan fitur yang cukup lengkap seperti video pembelajaran berbentuk whiteboard dan animasi.

Utamanya, video pembelajaran Zenius berbentuk whiteboard.Namun, beberapa video ada yang berbentuk animasi ataupun video tutor.

Di Zenius terdapat latihan soal, tryout, serta live class interaktif. Zenius juga punya ZenBot yang bisa membantu kamu dalam mengerjakan soal matematika, fisika, dan kimia.

Baca juga  UTBK Tinggal 1 Bulan Lagi ? Simak Tips Belajar UTBK Dalam 1 Bulan

Biaya bimbel di zenius juga beragam mulai dari 82 ribuan per bulan sesuai dengan masa aktif paket dan fitur yang dapat diakses.

4. Pahamify

Diantara bimbel-bimbel sebelumnya, Pahamify merupakan yang paling muda. Pahamify berdiri tahun 2018.

Walaupun masih baru dalam dunia pendidikan, Pahamify patut kamu pertimbangkan sebagai bimbel online untuk UTBK karena memiliki fitur yang lengkap. Video pembelajaran di Pahamify berbentuk animasi.

Selain itu, Pahamify juga punya fitur live class interaktif untuk kamu yang ingin belajar secara langsung bersama tutor.

Sama seperti bimbel lainnya, Pahamify juga punya fitur yang bisa membantu kamu mengerjakan PR yakni Tanya Mipi. Biaya bimbel online di Pahamify juga cukup murah mulai dari 50 ribuan saja.

Itulah 4 rekomendasi bimbel online untuk mempersiapkan UTBK yang bisa kamu coba. Bagaimana? Tertarik mencoba?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Meri Ana