4 Solusi Dalam Memulai Bisnis Kopi

4 Solusi Dalam Memulai Bisnis Kopi 1

Apakah Anda berniat membangun bisnis tahun ini? Tertarik membuka bisnis yang berhubungan dengan kopi? Bisnis kedai kopi sangat populer tahun lalu. Minuman kopi dapat dinikmati oleh semua kelompok muda dan setengah baya. Kopi digunakan sebagai suguhan minuman di tengah obrolan yang menyenangkan.

Munculnya bisnis kopi ini diikuti oleh gaya hidup modern yang mendorong industri kopi terus berkembang. Ekspor kopi dari Indonesia bahkan dapat masuk ke Eropa seperti Inggris dan Italia. Ini artinya bisnis kopi cukup menjanjikan. Kopi dengan jenis tertentu bahkan dijual dengan harga tinggi seperti kopi luwak.

 

Mengapa Bisnis Kopi Menjanjikan ?

4 Solusi Dalam Memulai Bisnis Kopi 3

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus berjuang untuk bisnis kopi. Beberapa alasan ini termasuk yang berikut:

  • Pangsa pasar yang luas

Tidak dapat dipungkiri bahwa pangsa pasar bisnis kopi begitu luas. Tidak hanya mampu mencapai kelas bawah tetapi juga kelas atas. Sekarang kopi tidak hanya diseduh di kedai kopi pinggir jalan tetapi bisa masuk gedung pencakar langit.

  • Bagian dari Gaya Hidup Orang Indonesia

Budaya minum kopi sudah menjadi tren di Indonesia. Kopi tidak hanya melengkapi hari di malam hari tetapi juga ketika pagi tiba. Kopi tidak biasa ketika bekerja untuk dapat menghilangkan kantuk.

  • Menurut Survei Penggemar Kopi di Indonesia Stabil

Berdasarkan hasil survei sosial ekonomi nasional atau SUSENAS, konsumsi kopi di Indonesia cenderung stabil. Setiap tahun setiap penduduk Indonesia dapat mengkonsumsi 1,25 kg. Angka ini dihitung dari 2002-2014 tanpa fluktuasi yang signifikan.

  • Omset harian mudah didapat

Tidak seperti bisnis lain, peluang bisnis kopi ini juga mudah untuk menghasilkan omset. Apalagi saat akhir pekan atau hari libur tiba. Terlebih lagi kopi hanya membutuhkan menu sederhana untuk pelengkap. Kopi biasa disajikan dengan makanan ringan seperti kentang goreng atau kue.

  • Untung Besar

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis kopi ini juga menawarkan keuntungan tinggi. Bisnis kopi mudah dijalankan dan dapat dilakukan di tempat yang nyaman dan tidak harus mewah. Anda bahkan dapat menjual kopi tanpa embel-embel menu lainnya.

 

Cara Memulai Bisnis Kopi Untuk Pemula

4 Solusi Dalam Memulai Bisnis Kopi 4

Warung kopi di Indonesia dimulai pada 1696. Pada saat itu pemerintah Belanda di Batavia menerima biji kopi dari Yaman. Di sinilah bisnis kopi di Indonesia mulai berkembang. Bagi Anda yang tertarik membangun bisnis kopi dengan langkah-langkah berikut!

  • Tentukan Konsep Bisnis

Langkah pertama dalam membangun bisnis kopi adalah menentukan konsep bisnis. Tentukan konsep bisnis Anda apakah Anda ingin membuka kedai kopi atau kafe.

  • Tentukan Target Pelanggan

Terus menentukan target konsumen yang dituju. Dengan memahami konsumen, Anda dapat menentukan strategi bisnis yang tepat. Target konsumen juga dapat digunakan sebagai patokan untuk menentukan harga.

  • Berapa anggaran yang Anda miliki ?

Dalam membangun bisnis kopi modal juga dibutuhkan. Apakah modal Anda cukup atau tidak. Apakah modal bersumber secara mandiri atau ada pihak lain yang juga berinvestasi. Jika modal terbatas, mulailah bisnis dengan membuka warung kopi sederhana.

  • Tentukan Letak Lokasi dan Promosi

Dengan mengetahui target pelanggan Anda, Anda juga dapat menentukan lokasi yang tepat untuk bisnis kopi. Lokasi yang strategis dapat mempengaruhi tingkat penjualan. Apalagi ditambah dengan promosi intensif. Tidak hanya itu, penting juga bagi Anda untuk menemukan pemasok yang tepat. Pemasok Anda dapat memberikan kopi terbaik yang dibutuhkan. Nah, itu langkah sederhana untuk membuka bisnis kopi untuk pemula. Semoga ini membantu Anda dalam menjalankan bisnis kopi yang ingin Anda bangun.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Siska Ramlan