4 Solusi Menghadapi Konsumen


4 Solusi Menghadapi Konsumen 1

Jangan pernah berharap untuk bisa sukses dalam berbisnis jika Anda tidak memiliki kemampuan menaklukkan konsumen. ‘Menaklukkan’ yang dimaksud di sini adalah bagaimana membuat konsumen merasa puas dan nyaman dengan pelayanan yang Anda berikan, untuk selanjutnya dengan rela hati mengeluarkan uangnya guna memenuhi kas Anda.

Persoalannya, tidak semua konsumen sesuai dengan yang Anda harapkan, bahkan tidak sedikit yang membuat Anda jengkel, entah karena sikapnya yang arogan, cerewet, suka membanding-bandingkan, dan lain sebagainya.

Jika Anda menghadapi konsumen yang membikin darah naik ke kepala, tips-tips berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk mengatasinya:

1. Banyak Pertimbangan

4 Solusi Menghadapi Konsumen 3

Pada umumnya, konsumen memang selalu membuat pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Hal itu syah-syah saja, bahkan seharusnya memang demikian. Tapi jika terlalu banyak pertimbangan dan menyita waktu Anda terlalu lama, tentunya akan sangat menjengkelkan. Apalagi calon konsumen tersebut belum tentu membeli produk yang kita tawarkan.

Jika Anda menghadapi konsumen dengan tipe seperti ini, solusi yang terbaik adalah dengan memahami produk yang Anda jual. sehingga Anda dapat mendeskripsikan produk tersebut dengan sejelas mungkin, terutama menonjolkan keistimewaan yang menjadi daya tarik dari produk yang Anda jual.

Semakin pandai Anda memberikan penjelasan dan semakin detail Anda menunjukkan keistimewaan dari produk yang ditawarkan, calon konsumen tersebut akan kehabisan alasan untuk membuat pertimbangan sehingga akan menjatuhkan pilihan pada produk yang Anda tawarkan.

2. Membanding-bandingkan

4 Solusi Menghadapi Konsumen 4

Konsumen yang suka membanding-bandingkan produk yang Anda jual dengan produk yang dijual pihak lain, pada umumnya memiliki tujuan agar dapat membeli produk Anda dengan harga serendah mungkin. Itu merupakan hal yang wajar karena siapapun pasti ingin membeli sesuatu dengan harga yang semurah murahnya.

Untuk itu, Anda harus memiliki rasa percaya diri, bahwa produk Anda lebih unggul dibanding produk kompetitor. Tapi tidak cukup sampai di situ, Anda juga harus mempelajari produk kompetitor, guna melihat sejauh mana kekurangan dan kelebihannya dibandingkan produk Anda. Jika Anda yakin produk Anda memang lebih baik, tidak perlu ragu untuk menolak, meski calon konsumen tersebut mengatakan bahwa harga yang ditawaran oleh kompetitor lebih murah. Percayalah bahwa selain harga, kualitas produk juga menjadi pertimbangan konsumen.

3. Banyak Bertanya

4 Solusi Menghadapi Konsumen 5

Bertanya memang menjadi hak konsumen agar memperoleh penjelasan lebih detail tentang produk yang akan dia beli. Tapi jika pertanyaannya terlalu bertele-tele dengan topik yang tidak jelas sudah barang tentu membuat kesal. Apalagi jika pertanyaannya menyimpang atau bahkan tidak ada kaitannya sama sekali dengan produk yang Anda tawarkan.

Untuk menghadapi konsumen dengan tipe seperti ini, Anda harus berbicara seperlunya saja. Jelaskan poin-poin yang penting, dan usahakan untuk mengalihan topik pembicaraan bila materi pembicarannya mulai melebar.Anda harus dapat mengendalikan pembicaraan dengan terus menggiring calon konsumen yang cerewet tersebut agar kembali fokus pada produk yang Anda tawarkan.

4. Sulit Dirayu

4 Solusi Menghadapi Konsumen 6

Konsumen seperti ini biasanya cenderung menunjukkan ekspresi tidak tertarik pada penjelasan yang Anda paparkan, seolah-olah kurang begitu berminat pada produk yang Anda tawarkan. Dia lebih banyak diam dan enggan bertanya meski Anda sudah berbicara panjang lebar.

Untuk menghadapi calon konsumen seperti ini, beri dia kebebasan terlebih dahulu dan beri kesempatan untuk memperhatikan lebih detail produk Anda terlebih dahulu. Tunggu dengan sabar pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukannya, dan beri jawaban sejelas mungkin serta mudah dipahami.

Itulah 4 cara menghadapi konsumen yang kerap bikin jengkel dengan sikap yang ditunjukkannya. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments