4 Tempat Terdingin di Dunia, Salah Satunya dengan Suhu Ekstrem -128° C


4 Tempat Terdingin di Dunia, Salah Satunya dengan Suhu Ekstrem -128° C 1

Di dunia sendiri ada beberapa tempat yang dianggap sangat dingin, dan tak seperti tempat biaisanya, tentunya dengan suhu dibawah normal. Bagi yang tinggal diwilayah yang biasa, maka kalian tak pernah membayangkan tinggal atau sekedar berkunjung ke tempat paling dingin yang ada di dunia. Wilayah kutub tentunya menjadi sorotan, khususnya daerah Antartika pastinya memiliki shu dibawah normal, dan pasti dinginnya minta ampun.

Di beberapa negara atau wilayah di dunia ada beberap musim, misalnya di Indonesia sendiri ada hanya dua musim, musim kemarau dan penghujan, sementara didaerah sub tropis, ada empat musim, salah satunya musim dingin atau ketika salju turun, dimana merupakan suasana dimana bumi berada pada posisi paling dingin. Nah beberapa tempat yang dianggap paling dingin di dunia berikut kita ulas :

1. Verkhoyansk

Verkhoyansk 
Verkhoyansk 

Sebuah tempat bernama Verkhoyansk yang merupakan kota di Rusia, dan berada di dekat sungai Yana, dan berada di sepanjang Lingkaran Arktik. Wilayah ini dianggap sangat dingin, bahkan ketika musim dingin tiba, suhu di daerah ini mencapai -50 °C (-59 °F). Hal ini terjadi dibeberapa sudut tempat di wilayah ini, baik di bandara, maupun disekitar pelabuhan. 

Tempat ini pernah mengalami rekor suhu paling ekstrem dengan shuhu mencapai -67,6 ° C (-154 ° F), Verkhoyansk pun adalah kota terkecil nomor tiga di Rusia. Sementara itu kota Verkhoyansk ini sendiri memiliki beberapa musim dingin dan paling dingin di dunia.

2. Denali

Denali
Denali

Sebuah tempat bernama Denali berada di wilayah Alaska, dan menjadi tempat paling dingin selanjutnya di dunia, dengan memiliki suhu ekstrem. tercatat di tempat paling atas gunung tercatat suhu mencapai -73 ° C (163,4 ° F). Sementara rekor suhu mencapai -83,4 ° C (182 ° F). Denali sendiri berada di pegunungan di wilayah Alaska dan merupakan tempat yang masuk di kawasan Taman Nasional Denali, di Alaska. Denali merupakan gunung daratan tertinggi di dunia.

3. Stasiun Vostok

Stasiun Vostok
Stasiun Vostok

Tempat berikutnya yang merupakan tempat paling dingin berikutnya bernama Stasiun Vostok yang merupakan stasiun penelitian di Rusia yang berada di kawasan Kutub Selatan. Bahwa teempat ini memiliki suhu paling rendah dengan catatan sebesar -89,2 ° C (192,56 ° F). Wilayah di Stasiun Vostok ini juga merupakan tempat yang terdapat sinar matahari paling banyak di dunia.

Untuk catatan suhu paling dingin terjadi pada tahun 1983, dengan suhu paling dingin mencapai -128,6 derajat F. Betapa kita membayangkan berada di wilayah dengan suhu seperti itu, maka manusia pun tak bisa tinggal disana, kecuali mereka para peneliti distasiun penelitaan tersebut.

4. Dome Argus

Dome Argus
Dome Argus

Sebuah wilayah bernama Dome Argus dan merupakan wilayah di kawasan dataran tinggi Antartika, berada berjarak 1200 kilo meter dari pemukiman, dan merupakan sebuah pegunungan es dan merupakan kawasan paling dingin di dunia, dengan suhu paling ekstres mencapai  −90 ° C (−130 ° F) hingga −98 ° C (−144 ° F). Wilayah Dome Argus sendiri berada di Lapisan Es di Antartika Timur dan merupakan wilayah pegunungan es tertinggi di Antartika.

Domee Argus masih disebut wilayah dengan suhu paling dingin di dunia, hampir mencapai -100 derajat celcius. Meski begitu tempat ini memang dipenuhu struktur gunung es dengan jumlah banyak.

Nah itu tadi 4 tempat paling dingin di dunia, dan tentunya tak pernah terbanyangkan kita yang berada di diklim tropis dapat tinggal disana denga shuhu yang sangat ekstrem.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap