4 Tempat Wisata di Semarang yang Menakjubkan

4 Tempat Wisata di Semarang yang Menakjubkan 1

Tempat-tempat rekreasi di Semarang tumbuh dengan subur sejak lama, karena kota yang berdiri sejak abad IX ini memiliki posisi yang strategis sebagai jalur perdagangan, sehingga menjadi tempat persinggahan kapal-kapal dari berbagai daerah dan Negara. Keluar-masuknya orang-orang dari berbagai wilayah itulah yang membuat tempat-tempat rekreasi di kota yang dulunya bernama Pergota ini dapat tumbuh dan berkembang.

Disamping itu, Semarang juga memiliki banyak situs bersejarah dengan penduduk yang heterogen yang hidup dengan selaras lewat budaya Jawa, Arab, China, juga Belanda yang berpadu dengan harmonis dan menjadi potensi yang luar biasa dalam mendukung industri pariwisata.

Tempat Rekreasi di Semarang yang Menakjubkan

Banyak tempat rekreasi di Semarang yang membuat siapapun akan terkesima saat melihatnya, beberapa tempat tersebut adalah:

Karimunjawa

4 Tempat Wisata di Semarang yang Menakjubkan 3

Jernihnya air laut yang berwarna kebiru-biruan dengan hamparan pasir putihnya yang menawan dan udara yang segar, adalah suguhan utama yang diberikan Karimunjawa bagi para pengunjungnya.

Gugusan pulau yang terdiri atas 27 pulau ini juga dihiasi dengan hutan tropis dataran rendah dan hutan mangrove dengan beragam faunanya yang menyejukkan mata. Sebagai kawasan Taman Nasional, Karimunjawa memiliki kekayaan alam yang beragam dengan sejumlah satwa unik dan langka sepertikera ekor panjang, rusa, penyu hijau, penyu sisik juga 242 spesies ikan hias.

Melakukan trakking menyusuri kawasan ini merupakan aktifitas menyenangkan yang dapat dilakukan para wisatawan.

Ambarawa

4 Tempat Wisata di Semarang yang Menakjubkan 4

Pesona alamnya yang memukau dengan panorama pegunungan yang berhias lembah hijau dan hamparan sawah yang subur, membuat Ambarawa sejak jaman penjajahan sudah menarik perhatian para pembesar Belanda untuk menjadikan daerah ini sebagai tempat peristirahatan.

Tempat ini juga menjadi bagian dari sejarah Indonesia karena pada Masa Perang Dunia II daerah ini pernah dijadikan sebagai kamp penahanan orang-orang Eropa, serta pernah menjadi tempat pertempuran antara Pasukan TKR yang dipimpin Jenderal Soedirman dengan Sekutu pada 12-15 Desember 1945 yang saat ini diabadikan lewat Monumen Palagan Ambarawa.

Monumen ini juga dilengkapi museum untuk mengabadikan peristiwa bersejarah tersebut, seperti uniform tentara Jepang dan Sekutu, helm baja, senjata-senjata yang dipakai dalam pertempuran, mobil angkut tentara, tank kuna, kereta api, juga pesawat Mustang P-51 yang dipakai Sekutu dalam pertempuran dan ditembak jatuh oleh TKR di Tawa Pening.

Klenteng Sam Poo Kong

4 Tempat Wisata di Semarang yang Menakjubkan 5

Berdiri di atas lahan seluas 1.020 meter2 dengan bangunan yang didominasi warna merah, klenteng yang berlokasi di kawasan Simongan, Semarang Barat ini tidak hanya dikunjungi oleh Umat Buddha Tri Dharma untuk dijadikan sebagai tempat beribadah, tapi juga umat beragama lainnya yang menyukai wisata minat khusus.

Klenteng Sam poo Kong didirikan pada abad XV untuk mengenang Laksamana Cheng Ho yang kala itu berlayar menyusuri Laut Jawa dan sempat merapat di Pantai Utara Semarang. Laksamana dari China yang beragama Islam tesebut kemudian mendirikan masjid di tempat tersebut, dan dalam perkembangannya masjid tersebut berubah menjadi klenteng yang sekarang diberi nama klenteng Sam Poo Kong.

Lawang Sewu

4 Tempat Wisata di Semarang yang Menakjubkan 6

Gedung peninggalan Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij ini terletak di bundaran Tugu Muda yang dulu dinamakan Wilhelmina Plein. Gedung berlantai dua yang dibangun tahun 1904 dan selesai tahun 1907 ini awalnya dipakai sebagai perkantoran sebelum akhirnya dibiarkan kosong, sehingga muncul cerita-cerita mistis yang menyelimuti gedung ini.

Lawang Sewu menjadi terkenal karena banyak dipakai sebagai objek pembuatan acara-acara televisi yang berbau mistis, bahkan sempat dijadikan judul sebuah film. Meski bernama lawang sewu yang berarti pintu seribu, namun faktanya gedung ini tidak memiliki pintu sebanyak seribu. Hanya saja bangunannya memang memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar dan hampir sama dengan ukuran pintu.

Selain 4 tempat tersebut, masih banyak tempat wisata di Semarang yang layak untuk dimasukkan ke daftar kunjungan Anda saat akan menjelajah kawasan Jawa Tengah. (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.