4 Tipe Orang Toxic dan Cara Ngadepinnya!


4 Tipe Orang Toxic dan Cara Ngadepinnya! 1

Elu pasti sering ketemu orang toxic kan? Orang yang bikin elu nggak nyaman, kerjaannya ganggu, ngerugiin banyak orang, dan lain sebagainya. Tapi elu tahu nggak sih sebenarnya orang toxic itu yang kayak gimana aja? Nih, ogut kasih 4 jenis orang toxic dan cara ngadepin orang-orang kayak gitu.

Orang yang Selalu Nyalahin

Orang toxic yang pertama adalah orang yang selalu nyari orang lain buat disalah-salahin. Istilahnya plays the victim card. Biasanya orang toxic kayak gini merasa dirinya sudah ada di posisi tertentu yang aman dan nyaman sehingga nggak mau ternodai oleh kesalahan apapun. Karena nggak mau ternodai sama kesalahan apapun, dia jadi menuduh orang lain atas kesalahan yang pernah dia buat. Agak susah buat tahu jenis orang toxic kayak gini. Cara paling mudah adalah dengan kasih tugas, kalau kerjaannya nggak beres dan dia nyalahin orang, maka dia adalah orang toxic yang selalu nyalahin orang lain.

Cara menghadapinya adalah dengan mengubah cara berhubungan dengan orang tersebut. Mungkin ada yang salah sehingga dia pengen selalu dianggap sempurna. Ajak doi ngobrol dulu. Mau nggak mau elu harus memulai, karena elu yang mungkin tahu dia toxic. Bikin mereka mengakui perilaku mereka dulu. Kalau udah, baru kalian bisa mengubah orang toxic itu. Karena itu kuncinya.

Si Retrograde

Ogut agak sulit menemukan padanan dalam bahasa Indonesianya. Tapi kurang lebih dia itu tipikal orang yang mungkin bahasa yang paling tepat adalah pesimistis dan pengecut. Orang kayak gini nggak pernah berani ngambil keputusan, tapi sekaligus ngebenci orang lain pas mereka mengambil keputusan. Paham maksud ogut? Jadi mereka sering kelihatan nggak dewasa dan nggak bertanggung jawab. Orang-orang kayak gini itu orang yang sering ngejekin elu yang bucin sementara dia nggak pacaran. Dia sebenarnya lebih kurang dari elu, tapi dia nggak berani ambil resiko. Buruknya, dia ngeremehin orang yang ambil resiko.

Cara buat ngadepin orang-orang kayak gini adalah dengan elu harus mengenali cara mereka berpikir dan cara mereka manipulasi perasaan pesimistis dan ngremehin orang itu. Kalau orang itu adalah temen deket, maka elu harus ngasih tahu. Bilang aja, nggak papa buat jadi orang yang ngremehin, tapi akui kalau elu ngremehin dan akui kalau itu toxic. Dia harus mau ngerubah. Dan bilang kalau dengan ngerubah nggak bakal dijauhin kok.

Si Palsu

Orang dengan tipe toxic kayak gini adalah yang paling gampang buat diidentifikasi atau dikenali. Biasanya mereka tipikal orang yang cemburuan sama apa yang udah elu capain. Orang-orang kayak gini akan ngejek apa yang udah elu capai dan ngerusak kepercayaan diri elu. Orang kayak gini biasanya menghisap energi elu dengan terus bikin elu marah dan membuat elu nggak ada gunanya. Makin elu ngedown. orang toxic ini makin suka.

Cara ngadepinnya adalah dengan merahasiakan kesuksesan elu ke mereka. Nggak perlu diceritain. Pilih aja orang yang elu percayai, yang bisa ngasih penghargaan ke elu, sekecil apapun itu. Dengan begitu elu selalu dapet hal positif.

Si Pencari Perhatian.

Ni orang capernya luar biasa. Tipe toxic kayak gini yang percaya kalau mereka itu harus selalu jadi pusat perhatian. Biasanya, karena saking pengennya diperhatiin, mereka akan ngelakuin tindakan yang nggak banget, cenderung kekanak-kanakan, pokoknya apapun buat bikin mereka diperhatiin orang sekitar.

Cara ngadepinnya ya satu aja, anggurin. Jangan diperhatiin. Beres. Mereka akan capek sendiri.

Itu adalah tipe orang toxic. Elu termasuk orang toxic bukan? Sadar diri sob!


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments