4 Tips Menyimpan Bawang Merah Agar Tahan Lama

4 Tips Menyimpan Bawang Merah Agar Tahan Lama 1

Salah satu bumbu dasar yang tidak boleh terlewat ketika memasak adalah bawang merah. Bawang merah akan membuat masakan kamu memiliki aroma yang wangi dan rasa masakan menjadi lebih gurih serta lezat.  Karena hampir digunakan pada setiap masakan, kebanyakan orang akan membeli bawang merah dalam jumlah banyak untuk persediaan.

Namun sayangnya, tidak sedikit yang mengeluhkan bawang merah persediaan di dapur dapat cepat layu bahkan busuk. Kondisi bawang merah yang tidak lagi segar tentu akan berpengaruh pada aroma dan rasa masakan yang kamu masak.

Jika kamu ingin menyimpan bawang merah dalam jumlah agak banyak sebagai persediaan di dapur, kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut agar persediaan bawang merah kamu lebih awet dan tetap memberikan aroma serta rasa yang segar, gurih, dan lezat pada masakan yang kamu masak.

1. Pisahkan bawang merah dan bawang putih

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Meski sama-sama jenis bawang dan biasa digunakan sepaket sebagai bumbu masakan, tetapi bawang merah dan bawang putih harus disimpan secara terpisah dalam wadah yang berbeda.

Perbedaan gas yang dihasilkan dari kedua jenis bawang tersebut justru dapat mempercepat proses pembusukan bagi yang lain. Jadi, agar bawang merah menjadi lebih awet dan tidak cepat layu atau busuk, sebaiknya pisahkan bawang merah dan bawang putih ketika kamu menyimpannya.

2. Simpan bawang merah utuh di tempat terbuka yang memiliki sirkulasi udara baik

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa memasukkan bawang merah utuh ke dalam kulkas akan membuat bawang merah menjadi lebih tahan lama. Padahal, bawang merah merupakan jenis bumbu dasar yang tidak begitu tahan apabila disimpan dalam tempat yang basah atau lembap, tertutama ketika bawang merah masih dalam keadaan utuh.

Agar lebih tahan lama, bawang merah lebih baik di simpan di ruang terbuka dengan suhu ruang. Gunakan keranjang atau wadah yang memiliki lubang-lubang kecil agar sirkulasi udara dalam bawang merah baik.

3. Cincang bawang merah dan masukkan dalam kulkas atau freezer

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Apabila kamu ingin menyimpan bawang merah di dalam kulkas, kamu perlu mengupasnya atau mencincangnya terlebih dahulu. Gunakan wadah tertutup untuk menyimpan bawang merah yang sudah dicincang agar tidak terkontaminasi bahan-bahan masakan lain yang ada di dalam kulkas.

Menyimpannya dengan cara ini dapat membuat bawang merah tahan satu minggu hingga sepuluh hari. Menyimpan bawang merah yang sudah dicincang juga dapat menghemat waktu ketika memasak. Kamu tidak perlu memotong-motong bawang merah lagi, cukup ambil bawang merah yang sudah kamu cincang secukupnya. Jangan lupa untuk menutup kembali wadah bawang merah cincang hingga rapat, ya. 

4. Jemur Sesekali

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sebenarnya, tidak disarankan menyimpan bawang merah pada tempat yang terkena sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan bawang merah cepat kering. Namun, apabila kamu memiliki persediaan bawang merah yang cukup banyak, sesekali kamu perlu menjemurnya atau sekadar diangin-anginkan di tempat terbuka. Hal tersebut berfungsi agar bawang merah tidak terlalu lembap.

Itu dia 4 cara mudah menyimpan persediaan bawang merah agar lebih awet yang dapat kamu praktikkan. Menyimpan bawang merah dengan cara yang sesuai dapat membuat bawang merah tahan hingga satu bulan, loh.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh