5 Action Manga yang Jarang Diketahui Banyak Orang

5 Action Manga yang Jarang Diketahui Banyak Orang 1

Pada umumnya manga dengan genre action  merupakan manga yang paling banyak diminati. Pertarungan yang sengit , karakter dengan kekuatan yang unik, serta villain yang tak terkalahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembacanya yang sebagian besar laki-laki. Action manga sering dijumpai pada genre seinen dan shounen, namun tidak menutup kemungkinan bahwa shoujo juga dapat memunculkan manga action, bahkan beberapa di antaranya cukup terkenal.

Sailor Moon, Basara dan Akatsuki no Yona adalah beberapa manga shoujo yang sukses dengan actionnya. Walaupun memang, jika berbicara mengenai action manga, nama-nama seperti Berserk, Vinland Saga, Attack on Titan, Naruto akan lebih familiar bagi pendengarnya, tetapi karena saking banyaknya manga dengan genre ini terkadang membuat banyak manga tidak terkenal, walaupun dengan cerita dan aksi yang tidak kalah kerennya dengan action manga yang terkenal, seperti misalnya deretan manga berikut ini :

5. Jagaaaaaan

5 Action Manga yang Jarang Diketahui Banyak Orang 3

Nama manga buatan Kaneshiro Muneyuki yang satu ini memang sangat unik, bahkan untuk sekedar membaca judulnya saja sudah cukup membuat pusing. Walaupun begitu justru dengan nama yang aneh ini membuat orang penasaran tentang ceritanya. Manga ini berkisah mengenai kehidupan seorang polisi biasa dengan kehidupan yang normal, bernama Jagasaki. Suatu hari kehidupannya yang serba normal berubah begitu saja, ketika dirinya berubah menjadi manusia setengah monster yang dapat menembakkan sesuatu kepada lawannya.

Jagasaki sebagai karakter utama dalam cerita ini, digambarkan sebagai seorang antihero, yang dapat menghabisi lawannya tanpa pandang bulu.  Menjadi makin menarik lagi karena monster yang dimunculkan oleh Muneyuki , tidak selalu adalah penjahat, namun mereka yang menjadi korban ketidakadilan dalam masyarakat. Aksi pertarungan dalam manga ini juga cukup brutal yang menambah keseruan dari manga ini.

4. Area D- Inou Ryouki

5 Action Manga yang Jarang Diketahui Banyak Orang 4

Tema superpower merupakan salah satu tema yang lazim ditemui pada manga bergenre action, namun bukan berarti ceritanya menjadi biasa saja. Seperti dalam manga karya Nanatsuki Kyouchi dan Yang Kyung-Il yang satu ini, dimana para manusia berkeuatan super dimaksudkan ke dalam penjara khusus yang tereltak di pulau antah-berantah bernama Area D. Dalam penjara khusus ini para tahanan harus bertahan dari kekejaman sipir yang kebanyakan adalah manusia biasa dan perebutan kekuasaan antar kelompok berpengaruh.

Art dari manga ini dapat dikatakan luar biasa untuk kategori shonen, karena Yang Kyung-Il dapat memberikan visual yang detail dalam setiap panelnya. Karakter manusia super dalam manga ini juga digambarkan beraneka ragam dari yang hanya berupa manusia biasa hingga mereka yang mengalami perubahan wujud layaknya monster.

3. Buster Keel

5 Action Manga yang Jarang Diketahui Banyak Orang 5

Bisa dikatakan manga yang satu ini sangat underrated, karena jarang sekali yang mengetahui tentang manga ini. Di tambah lagi versi terjemahan Bahasa Inggrisnya juga sempat tertunda bertahun-tahun, menyebabkan orang yang mengikuti kisah dari manga ini harus puas dengan versi scannya terlebih dahulu. Kisah dari manga ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan sebagian besar manga shonen, dimana karakter bernama Keel melakukan petualangan bersama dengan dua orang temannya, untuk bertemu dengan Siva dan  mencari harta karun misterius.

Bagi kalian, yang menyukai One Piece dan Fairy Tail, manga yang satu ini sangat disarankan, karena secara visual dan jalan cerita mirip. Namun worldbuilding dalam manga ini menjadi nilai tambahi, dimana setiap tempat yang dikunjungi oleh karakter utamanya memiliki tantangan tersendiri.

2. ZINGNIZE

5 Action Manga yang Jarang Diketahui Banyak Orang 6

Bercerita mengenai kehidupan Tiga Jinnai, yang masing-masing terkenal berkat sepak terjang dalam perang besar Sekigahara. Kemudian salah satu dari mereka, Takasaka Junouchi, yang merupakan mantan bandit gunung, mendapatkan tugas untuk memburu dan menghabisi Kotaro Fuma yang tidak lain adalah kriminal paling berbahaya di Edo. ZINGNIZE  mengambil setting Jepang di masa lalu, dimana ninja dan samurai merupakan keberadaan yang disegani, walaupun dengan penambahan berbagai unsur fiksi di dalamnya. 

Manga ini memang jarang sekali di dengar, karena versi inggris atau bahasa indonesianya sangat sulit untuk dicari, bahkan ketika di dapatkan hanya tersedia beberapa chapter. Sangat disayangkan, karena cerita dan artnya memberikan pengalaman yang berbeda dengan mangad dengan tema yang sejenis. 

1. Kiba no Tabishounin – The Arms Peddler

5 Action Manga yang Jarang Diketahui Banyak Orang 7

Berbicara mengenai manga dengan tema dark fantasy, pasti yang terbayang pertama kali adalah Berserk dan Claymore. Namun masih banyak manga dengan genre serupa yang layak untuk diikuti, salah satunya adalah manga karya Nanatsuki Ryouchi dan Night Owl yang satu ini. Berkisah mengenai kehidupan seorang pemuda yang baru saja melewati kejadian tragis dimana seluruh anggota keluarganya dibantai dan dia dihadap hanya pada dua pilihan, yaitu mati dengan damai sekarang juga atau terus mencoba bertahan hidup di dunia yang kejam tersebut. 

Kolaborasi dari Nanatsuki Ryouchi dan Night Owl dalam manga ini terlihat dari bagaimana keduanya dapat menciptakan dunia bagaikan mimpi buruk tak berujung, dimana bandit, zombie, monster dan vampir haus darah selalu mengintai dari kegelapan. Salah satu karakternya yang menarik adalah Garami, yang merupakan seorang pedagang senjata, dimana pekerjaannya tersebut mengharuskan dirinya menjelajahi wilayah paling berbahaya.

Deretan manga di atas sebenarnya bukan tidak terkenal karena jalan cerita dan art yang biasa saja. Ini dikarenakan manga-manga tersebut memiliki banyak kendala seperti misalnya hiatus dalam waktu yang lama, scan versi bahasa inggris yang tidak tersedia, dimunculkan oleh publisher yang tidak terkenal, hingga tidak diadaptasi ke versi anime membuat banyak orang kesulitan dalam mengenal manga tersebut.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

GUTS