5 Alasan Drama Karya Shin Wonho PD Wajib Ditonton

5 Alasan Drama Karya Shin Wonho PD Wajib Ditonton 1

Nama Shin Wonho mungkin sudah akrab dengan telinga penggemar drama Korea di Indonesia, tapi bisa jadi juga masih asing karena ada beberapa orang yang tidak tertarik untuk memperhatikan siapa sutradara di balik sebuah film atau drama yang ditonton.

Karya-karya seperti Reply Series (Reply 1997, Reply 1994 dan Reply 1988), serta Prison Playbook dan yang paling baru dan sedang sangat populer saat ini, Hospital Playlist, berhasil melambungkan nama sutradara kelahiran tahun 1975 ini.

Shin Wonho PD
Shin Wonho PD

Selain karya-karya Shin Wonho PD yang tentunya memiliki jalan cerita menarik, ada berbagai alasan mengapa hampir semua drama karya sutradara yang satu ini selalu mendapatkan rating tinggi pada setiap penayangannya. Karena bahkan bukan hanya penggemar dan penonton dari negara asalnya saja yang mengikuti dengan rajin pada setiap penayangan drama-drama tersebut, penggemar dari negara lain contohnya Indonesia, juga menjadi penambah popularitas dari karya-karya Shin Wonho PD ini.

Mengangkat Realita

Ada begitu banyak drama Korea yang bisa kita nikmati setiap hari baik itu drama yang masih tayang maupun drama yang sudah tayang sejak beberapa tahun lalu namun masih sangat digemari. Namun tidak banyak drama yang sangat terhubung dengan kehidupan kita pada umumnya. Tidak terlalu banyak drama yang membuat kita merasa bahwa cerita yang sedang kita tonton hanyalah cerita fiktif dan bukan sesuatu yang memang benar-benar terjadi pada kehidupan nyata.

Namun cara pengemasan serta ide cerita yang dituangkan oleh Shin Wonho PD pada setiap karyanya merupakan sesuatu yang memberikan ingatan pada kita tentang sesuatu yang mungkin pernah kita alami atau pernah sekadar kita lihat.

Contohnya seperti kejadian saat Sung Deoksun pada serial Reply 1988 ditinggal sendiri ketika keluarganya keracunan gas dari pemanas di rumahnya.

Kita mungkin tidak akan merasakan kejadian yang sama seperti itu, namun sesuatu yang mungkin kita ketahui adalah biasanya anak kedua di dalam sebuah keluarga mendapatkan perlakuan yang sama seperti Deoksun.

Contoh lain adalah tentang apa yang dilakukan oleh Sung Siwon di Reply 1997 yang merupakan seorang penggemar dari grup pria yang sangat terkenal pada masanya.

Apabila kita melihat hal-hal yang dilakukan oleh Siwon, kita bisa melihat hal nyata tersebut pada para penggemar K-POP saat ini seperti membeli barang-barang merchandise yang berhubungan dengan idolanya atau menulis cerita yang biasa disebut fanfiction, yang bahkan berhasil membuat Sung Siwon akhirnya bisa masuk ke sebuah universitas di Seoul.

Sesuatu yang sangat mungkin terjadi pada kehidupan nyata saat ini.

5 Alasan Drama Karya Shin Wonho PD Wajib Ditonton 3

Berani Membicarakan Isu Penting

5 Alasan Drama Karya Shin Wonho PD Wajib Ditonton 4

Pada Reply Series pertama yaitu Reply 1997, pemeran Kang Jooni yang dimainkan oleh Hoya, merupakan seorang penyuka sesame jenis.

Berani menampilkan sebuah cerita  mengenai hal yang masih cukup dianggap tabu oleh negara tersebut, merupakan sebuah keberanian yang luar biasa.

Meskipun secara keseluruhan cerita yang ditampilkan bukan berpusat pada orientasi seksual Kang Jooni, namun hal tersebut juga cukup membuat para penggemar semakin menikmati jalan cerita dari drama tersebut.

Selain pada Reply 1997, tema yang sama juga diangkat oleh Shin Wonho pada drama Prison Playbook di mana seorang tokohnya, bernama Yoo Hanyang yang dimainkan oleh Lee Kyuhyung dengan apik, merupakan sebuah tokoh dengan kepribadian unik.

Awalnya tidak ada yang tahu saat Yoo Hanyang, atau biasa dipanggil sebagai Haerongie, seorang pecandu narkoba yang ditangkap polisi atas bantuan dari orang tua dan kekasihnya, bahwa kekasih yang selalu menjenguknya di penjara tersebut ternyata berjenis kelamin sama dengannya, yaitu laki-laki.

Selain tema yang dianggap tabu ini, Shin Wonho juga sering menyelipkan isu politik yang ada sesuai dengan waktu yang menjadi setting dari drama tersebut. Seperti yang terjadi pada salah satu adegan saat Sung Bora ikut berdemo bersama para mahasiswa lain, hingga namanya terancam masuk dalam daftar hitam pemerintahan.

Juga perkara menegenai pernikahan dengan marga sama yang pada masa itu masih menjadi isu penting di Korea Selatan, meskipun pada akhirnya undang-undang negara tersebut memberikan ijin pada orang-orang yang menikah dengan marga sama.

Membangkitkan Kenangan

5 Alasan Drama Karya Shin Wonho PD Wajib Ditonton 5

Mungkin sebagai orang yang tinggal di Indonesia yang notabene bukanlah negara asal dari drama-drama karya Shin Wonho, namun banyak sekali adegan maupun keadaan yang ditampilkan dalam drama-drama tersebut yang bisa membawa kita kembali ke masa lalu. Terlebih bagi beberapa generasi yang kebetulan merasakan saat-saat yang sama dengan setting waktu pada drama-drama tersebut.

Bahkan seringkali, drama-drama karya Shin Wonho ini membuat kita, para penonton, merasakan kerinduan pada orang tua, keluarga, teman-teman lama maupun tempat yang sudah lama tidak kita kunjungi.

Memiliki Soundtrack Yang Bagus

5 Alasan Drama Karya Shin Wonho PD Wajib Ditonton 6

Satu lagi kelebihan dari drama-drama karya Shin Wonho ini adalah karena hampir sebagian lagu yang menjadi soundtrack di dalamnya adalah lagu-lagu lama yang pernah popular pada jamannya, dan diaransemen ulang untuk kemudian dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi yang sedang terkenal di masa kini.

Tidak sedikit lagu-lagu yang sebelumnya pernah tenggelam, kembali naik di tangga lagu setelah menjadi lagu pengisi pada drama-drama tersebut.

Kameo Yang Mengejutkan

5 Alasan Drama Karya Shin Wonho PD Wajib Ditonton 7

Shin Wonho adalah rajanya membuat kejutan. Pada setiap drama yang dia garap, kita akan bisa melihat pemeran pada dramanya yang lain, yang seringkali sanggup membuat kita tertawa terbahak atau sekadar berteriak kaget karena tiba-tiba muncul seseorang yang sudah kita kenal dari drama Shin Wonho yang lain.

Seperti pada drama Reply 1988, kita bisa melihat Sereukki oppa yang tiba-tiba muncul sebagai seorang dokter dengan karakter yang sama dengan perannya di Reply 1994, yang awalnya merupakan pria yang akan menjalani kencan buta dengan Sung Bora.

Dan yang paling fresh, adalah munculnya Yoo Hanyang pada salah satu episode drama Hospital Playlist, yang dikenalkan sebagai pemilik sebuah apotek besar di Gangnam, yang mana pada drama Prison Playbook, Yoo Hanyang memang seorang lulusan Seoul University jurusan Farmasi.

Tentunya tidak sedikit orang yang sudah menonton semua drama karya Shin Wonho PD ini tanpa mengetahui siapa sebenarnya orang di balik layar yang mampu menghasilkan karya luar biasa sehingga bisa membangkitkan berbagai macam perasaan pada penontonnya ini.

Dan inilah sosok hebat yang sudah membuat banyak orang terhibur, memberikan berbagai hiburan dari balik layar, sosok jenius yang mampu memberikan kita sedikit lagi harapan untuk bertahan di dalam keadaan berat seperti sekarang ini.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Haruna