5 Alasan Jangan Pernah Memendam Rasa Benci Dalam Diri Kamu, Akan Merugikan Diri Sendiri Loh !


5 Alasan Jangan Pernah Memendam Rasa Benci Dalam Diri Kamu, Akan Merugikan Diri Sendiri Loh ! 1

Setiap menjalani kehidupan yang kita jalani, pastinya akan ada siklus perasaan dalam diri kita yang selalu terus berubah. Tidak selamanya kamu akan mengalami suatu perasaan yang sama secara terus Рmenerus. Entah itu dalam lingkungan rumah, sekolah, kantor ataupun dimana saja. Perasaan yang sering kita alami dan rasakan dalam diri kita adalah perasaan senang dan benci. Rasa benci merupakan salah satu perasaan hati yang  paling sulit untuk dihilangkan. Penyebab dari rasa benci itu sendiri muncul karena adanya perselisihan antara kamu dengan orang lain. Sumber rasa kebencian pun beraneka ragam, mulai dari saling tidak suka dengan perilaku seseorang, cara berbicaranya hingga gaya hidup seseorang. Tetapi, jika perasaan benci tersebut tidak segera dihilangkan dan selalu dipendam, maka akan memiliki dampak buruk untuk diri kamu sendiri. Apa saja ? Berikut 5 alasannya.

1. Putusnya Hubungan Pertemanan

5 Alasan Jangan Pernah Memendam Rasa Benci Dalam Diri Kamu, Akan Merugikan Diri Sendiri Loh ! 3

Salah satu hal yang sering terjadi saat kamu suka mendendam rasa benci adalah bisa menyebabkan putusnya hubungan pertemanan yang kamu miliki. Akibatnya dapat membuat kamu dan orang Рorang disekitarmu untuk tidak ingin lagi berkomunikasi.  Hal ini harus kamu hindari karena saat kamu memiliki rasa benci terhadap seseorang, sebaiknya kamu selesaikan dengan cara saling terbuka dan memberi alasan kenapa kamu sangat membenci orang tersebut. Hal ini juga akan memberikan dampak positif dan masukan kepada orang atau teman yang kamu benci agar dia kelak bisa menjadi yang lebih baik lagi. Inti kunci utama dari suatu hubungan pertemanan yang erat adalah adanya saling keterbukaan antara satu sama lainnya.

2. Beban Pikiran Akan Bertambah

5 Alasan Jangan Pernah Memendam Rasa Benci Dalam Diri Kamu, Akan Merugikan Diri Sendiri Loh ! 4

Semakin lama memendam rasa benci, maka akan semakin bertambah pula beban pikiran dalam dirimu. Jika perasaan benci tidak segera kamu hilangkan dan selesaikan, maka hal ini akan berdampak buruk bagi kamu dan akan menjadi beban pikiran yang terus menghantui. Yang dimana akan membuat kamu menjadi stress sendiri. Karena itu, jangan pernah untuk memendam rasa benci agar tidak menjadi beban pikiran.

3. Sensitif Terhadap Lingkungan Sekitar

5 Alasan Jangan Pernah Memendam Rasa Benci Dalam Diri Kamu, Akan Merugikan Diri Sendiri Loh ! 5

Saat kamu sedang memenda rasa benci terhadap sesorang, pasti akan ada hal yang terbentuk dari diri kamu yaitu sikap sensitif yang berlebihan. Sikap sensitif ini sangat berdampak buruk bagi kamu dan lingkungan sekitarmu. Ketika kamu sedang mendendam rasa benci terhadap seseorang, maka di dalam benak hati dan pikiran kamu juga tersimpan suatu amarah yang cukup besar. Oleh karena itu, dampak buruk yang sering terjadi adalah tingkat pengucapan komunikasi kamu akan menjadi lebih keras dan terdengar lebih kasar. Sehingga orang – orang disekitarmu akan langsung beranggapan bahwa kamu adalah orang yang sensitif.

4. Sulit Untuk Berkonsentrasi

5 Alasan Jangan Pernah Memendam Rasa Benci Dalam Diri Kamu, Akan Merugikan Diri Sendiri Loh ! 6

Penyebab kamu sulit untuk konsentrasi adalah banyaknya kamu memikirkan masalah dan beban pikiran yang terus bertambah akibat dari perasaan benci yang kamu pendam selama ini. Terlebih lagi jika kamu sedang bekerja di kantor itu akan sangat mengganggu dan mengurangi kinerja kamu di kantor. Karena itu, sebaiknya segera hilangkan rasa benci tersebut agar tidak mengganggu kosentrasi dan kinerjamu saat kamu ingin bekerja.

5. Bisa Terkena Penyakit Yang Berbahaya

5 Alasan Jangan Pernah Memendam Rasa Benci Dalam Diri Kamu, Akan Merugikan Diri Sendiri Loh ! 7

Memendam rasa benci yang berlarut – larut akan membuat fisikmu semakin terus melemah. Kondisi seperti ini sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuhmu dan dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya yaitu tekanan darah tinggi. Pada saat kamu memendam rasa benci yang dipenuhi dengan emosi yang cukup tinggi, maka tekanan darah dalam tubuhmu akan meningkat secara drastis dan jika tidak kuat akan menjadi berbahaya sehingga bisa menyebabkan serangan jantung.

Itulah ke – 5 alasan jangan pernah memendam perasaan benci dalam dirimu karena akan memberi dampak buruk untuk diri kamu sendiri. Sebaiknya mulai sekarang kamu harus ada rasa saling terbuka agar tidak menjadi beban pikiran dan merusak dirimu sendiri. Semoga bermanfaat ya !


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments