5 Alasan Mengapa Harus Membaca Buku Filsafat

5 Alasan Mengapa Harus Membaca Buku Filsafat 1

Buku merupakan sumber dari segala ilmu, dan semua orang pasti setuju dengan hal itu. Namun meskipun banyak orang yang percaya bahwa membaca buku ada banyak manfaatnya, tetapi dalam realisasinya mereka tidak melakukannya. Hal itu dikarenakan kebosanan yang akan dirasakan ketika membaca sebuah buku.

Yang sebenarnya ada banyak buku menarik diluar sana yang jarang diekspos masyarakat lain, salah satunya ialah buku filsafat. Filsafat berarti menganalisis dan berpikir secara mendalam terhadap sesuatu hal atau fenomena yang ada.

Ada beberapa manfaat membaca buku filsafat yang jarang orang lain ketahui. Jika anda masih tidak tau bagaimana kehebatan serta manfaat dari buku filsafat.

Berikut Beberapa Penjelasan Manfaat Membaca Buku Filsafat

Membantu untuk Berpikir Kritis

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa bahkan akademisi, anda pasti dituntut untuk bisa berpikir kritis dalam menganalisis suatu fenomena dan tragedi. Berpikir kritis berarti menganalisis sesuatu sampai ke akar-akarnya yang terdalam. Memang cukup susah dilakukan karena diperlukan kemampuan memahami yang tinggi.

Tetapi jika anda sering membaca buku filsafat, maka hal ini akan mudah anda lakukan karena diri anda sudah terbiasa untuk berpikir secara mendalam perihal apapun ketika membaca buku filsafat. Berpikir kritis juga dapat menunjang kehidupan bermasyarakat anda sendiri.

Open Minded

Anda pasti tidak asing dengan istilah open minded ini. Istilah tersebut biasanya digunakan untuk julukan terhadap seseorang yang berpikiran terbuka dalam menganalisis suatu hal. Berpikiran terbuka biasa identik dengan tidak mudah menjudge sesuatu yang belum pasti.

Memang terdengar cukup keren dan wah istilah open minded ini dimata masyarakat awam. Jika anda menginginkan hal itu, cobalah untuk sering-sering membaca buku filsafat agar pikiran anda tidak kaku dan mudah berkembang seiring berjalannya waktu.

Akan Lebih Skeptis Melihat Terhadap suatu Fenomena

Skeptis memiliki arti bahwa tidak mudah mempercayai sesuatu jika belum terbukti kebenarannya. Manfaat ini sangat berguna jika digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena banyak gejolak di lingkungan masyarakat yang harus terselesaikan.

Berpikir skeptis seperti ini akan mudah anda dapatkan jika diri anda membiasakan diri untuk membaca buku filsafat. Anda akan terlatih untuk tidak mudah menyalahkan sesuatu jika belum terbukti kebenarannya.

Tidak Mudah Menghakimi Kesalahan Orang Lain

Seiring berjalannya waktu manusia dituntut untuk bisa beradaptasi berdasarkan tempatnya bahkan umurnya. Semakin tua usia seseorang pasti akan lebih bijaksana mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Anda pasti dituntut untuk lebih bijaksana dalam menghadapi suatu hal diluar sana.

Kebijaksanaan itu dapat berupa tidak mudah menghakimi kesalahan orang lain meskipun orang itu benar-benar salah. Maksudnya adalah anda akan lebih berpikiran untuk menanyakan kepadanya mengapa hal itu dilakukan olehnya dengan sepenuh hatinnya.

Tidak Mudah Heran Ketika Mengetahui Sesuatu yang Baru

Gejala yang sering terjadi dikalangan masyarakat indonesia adalah mereka sering heran ketika melihat sesuatu yang baru. Kata “wah gila” akan sering terdengar dan biasanya hal itu malah membuat mereka abai bahwa hal itu belum tentu benar dan bermanfaat.

Untuk menghindari hal buruk tersebut, cobalah untuk sering membaca buku filsafat agar kebiasaan itu bisa hilang dengan sendirinya. Jadilah orang yang elegan dalam menjalani kehidupan setiap hari dengan tidak mudah kagum terhadap fenomena baru atau trend baru.

Demikian, Beberapa alasan mengapa harus membaca buku filsafat, teryata banyak manfaat dari membaca buku filsafat maka dari itu segeralah untuk mulai membaca dari sekarang. Semoga Bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

rohman

   

penulis yang masih dibantu dengan keyboard