5 Alasan Mengapa Paket McD BTS Sangat Sukses


5 Alasan Mengapa Paket McD BTS Sangat Sukses 1

Mengapa paket McDonald’s dan BTS dapat menyebabkan antrian panjang di berbagai kota? Mari temukan alasannya!

Pada beberapa hari ini terjadi fenomena yang sangat menarik di dalam dunia bisnis restoran siap saji. Sebab pada beberapa gerai resto siap saji terjadi antrian yang mengular sangat panjang.

Padahal di hari-hari sebelumnya, jumlah order atau antrian yang terjadi di tidak sedahsyat ini sebelumnya. 

Ternyata yang menyebabkan antrian mengular ini adalah program antara McDonald’s dengan BTS. Dimana jika kamu membeli paket ini maka kamu akan mendapatkan makanan dengan kemasan yang berlogo BTS. 

Tetapi sebetulnya apa yang menyebabkan program ini menjadi sangat sukses? 

Inilah beberapa alasannya:

1. Kedua brand telah dikenal luas

Hal pertama adalah kedua brand ini telah dikenal luas bahkan dalam skala dunia. Sekarang coba kamu tanya kepada keponakan atau adik kamu yang masih kecil. Apakah mereka mengenal BTS? Dan apakah mereka tahu logo huruf M besar berwarna kuning itu?

Dijamin jawaban “ya” adalah yang akan kamu dengar. Bahkan bagi mereka yang bukan pengkonsumsi atau pendengar dari kedua jenis lini bisnis ini pasti tahu sedikit hal tentang keduanya.

Ibarat power rangers yang bergabung, maka dua jenis brand yang kuat pada lini bisnis masing-masing lalu bergabung akan menimbulkan efek yang dahsyat. 

2. Memiliki basis massa yang fanatik

Alasan kedua adalah boyband BTS memiliki basis massa atau fans yang fanatik. Apapun yang berkaitan dengan grup vokal pria itu akan segera diburu. 

Fans yang setia akan mencari produk atau sesuatu yang dapat mewakili hasrat mereka untuk memiliki “sebagian” dari idolanya. 

Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini. Ketika sebuah konser sulit diadakan. Bahkan konser streaming pun sangat jarang. 

Dengan adanya program ini maka fans yang sudah merindukan idolanya ini akan berhasrat untuk memiliki sesuatu yang dapat mengobati rasa rindu mereka. 

Ditambah lagi basis masa fans BTS ada di berbagai kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Mereka saling berbagi informasi dan minat. 

Sehingga jika ada produk apapun yang berkaitan dengan idola mereka maka informasi tersebut akan langsung tersebar hanya dalam beberapa menit saja.

Apakah kamu termasuk salah satu dari army? Boleh banget untuk share cerita kamu saat berburu souvenir McDonald’s BTS ini!

3. Program memiliki batas waktu

Salah satu unsur marketing yang memiliki dampak hebat adalah keterbatasan waktu. Begitupun yang dilakukan oleh McDonald’s.

Untuk mendapatkan paket BTS ini McDonald hanya mengadakan program dalam waktu terbatas. 

Setiap harinya paket BTS hanya akan dikeluarkan mulai pukul 11 siang. Sementara program ini sendiri akan diadakan selama satu bulan (menurut informasi yang didapatkan dari akun Twitter pada saat tulisan ini dibuat).

Sehingga dengan waktu yang terbatas ini banyak yang merasa takut ketinggalan atau kehilangan kesempatan. 

Inilah unsur FOMO yang dimainkan dengan sangat cantik oleh McDonald’s. 

Kamu akan dibuat deg-degan karena kamu tahu suatu hari program ini akan berakhir. 

4. Desain promosi yang menarik

Salah satu unsur promosi yang sangat penting adalah desain. Apabila kamu membeli paket BTS ini kamu sebetulnya mendapatkan kemasan paket yang sama seperti paket lainnya.

Namun yang membedakan adalah bentuk desain yang dicetak. 

McDonald’s menggunakan warna dominan ungu pada cup dan wadah chicken nugget. 

Ditambah dengan penempatan logo McDonald’s dan BTS di berbagai titik kemasan. 

Hanya dengan melihat sekilas maka kamu akan langsung tahu perbedaan antara paket BTS dengan paket yang lain.

Warna ungu ini juga disebarkan oleh McDonald’s ke berbagai akun mereka. Sehingga setiap orang yang mengunjungi media sosial mereka akan terpapar dengan warna ungu tersebut.

Warna ungu yang sepertinya terlihat biasa saja pada awalnya, kini identik dengan BTS setiap kali kamu melihat warna yang sama. 

Sungguh menarik ya!

5.  Mengubah item standar menjadi collectible item

Alasan berikutnya mengapa program ini sukses adalah dengan mengubah item biasa menjadi sebuah item yang sangat berharga untuk dikoleksi. 

Apalagi McDonald’s memisahkan antara paper bag dengan kemasan makanan lainnya. 

Sehingga paper bag tersebut tetap dapat terjaga kondisinya. Paper bag dan kemasan lainnya dapat menjadi item yang dikoleksi oleh siapapun yang menginginkannya.

Mengapa apa item yang tadinya tidak istimewa namun dapat menjadi collectible item?

Karena kembali lagi pada sifat promosi itu sendiri. Yaitu promo ini hanya memiliki waktu terbatas. 

Sehingga item-item yang dibeli selama masa penjualan ini akan bernilai lebih tinggi. 

Hal ini sudah terbukti dengan adanya orang yang menjual bungkus paket ini secara online. 

Yang lebih mengejutkannya adalah harga yang dijual online tersebut memiliki harga berkali-kali lipat jauh lebih tinggi dibanding harga yang diberikan oleh McDonald’s.Apa

Apalagi jika ditambahkan tagline misalnya “Paket BTS hari pertama,” “First batch BTS McD Package.” dll. 

Kira-kira bisa menembus sampai berapa rupiah ya?

Itulah beberapa alasan yang menjadikan paket McD BTS ini sangat sukses. 

Apakah kamu punya analisa lain? Jangan ragu untuk berbagi ya di kolom komentar!

Jika kamu memiliki bisnis atau usaha kira-kira siapa artis yang pengen kamu gandeng? Boleh juga loh berbagi di kolom komentar. 

Bayangin aja dulu karena semua bisnis itu berawal dari mimpi kok!

Yuk berani bermimpi besar dan berusaha semaksimal mungkin yang kamu bisa! Siapa tahu kamu bisa melebihi kesuksesan McDonald’s dan BTS ini!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ario Seno

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap