5 Alasan Mengapa Sewa VPS Itu Sangat Penting

5 Alasan Mengapa Sewa VPS Itu Sangat Penting

Bagi sebagian orang mungkin tidak tahu apa itu VPS. Padahal layanan VPS sangat penting bagi hosting karena kualitas servernya jauh lebih baik.

Hal ini akan semakin penting jika kamu memiliki website marketplace dengan jumlah pengunjung yang besar. Oleh karena itu, sewa VPS menjadi layak untuk dipertimbangkan.

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server yang berguna untuk mengonlinekan sebuah situs dengan mudah. Penggunaan VPS dianggap lebih baik terutama dalam hal kualitas server, keamanan data serta kemudahan penggunaannya. 

Namun, masih banyak lagi alasan untuk memakai VPS ini dan hal ini bisa kamu ketahui dari artikel ini.

Beberapa Alasan Penting Untuk Sewa VPS

Selain alasan di atas, terdapat berbagai alasan penting yang harus kamu ketahui ketika akan sewa VPS, yaitu:

1. Sumber Daya dengan Kapasitas yang Besar

Hosting membutuhkan sumberdaya yang besar terutama untuk jenis website dengan jenis marketplace. Karena, trafiknya cukup tinggi sehingga bisa mempengaruhi kecepatan loading situs.

Jika situs melambat maka pengunjung aka kesal dan meninggalkan situa tersebut. Karenanya resource hosting harus terjaga dengan baik.

VPS ini justru menawarkan memory lebih besar sehingga situs kamu bisa menampung banyak pengunjung sekaligus. Selain itu, dengan memakai VPS kamu bisa menyimpan lebih banyak data sehingga sangat bermanfaat untuk web marketplace.

2. Bisa Mengelola Lebih dari Satu Akun Hosting

Baca juga  3 Alasan Mengapa UI/UX Designer Sangat Dibutuhkan!

 Kelebihan lain dari VPS adalah kamu bisa mengelola banyak akun dari 1 hosting. Hal ini mungkin terjadi jika VPS tersebut memiliki lisensi WHM. Jadi, kamu bisa mengelola 5 akun sekaligus.

Fitur ini sangat penting terutama bagi kamu yang memiliki banyak klien. Namun, semuanya membutuhkan pelayanan setial harinya. Kamu juga bisa melakukan login sekaligus ataupun secara parsial. 

Namun, pastikan perangkat yang kamu miliki memiliki spesifikasi yang baik. Karena semakin banyak akun yang dibuka maka akan semakin berat pula prosesnya.

3. Hosting Bisa Selain Menjalankan Situs

Selama ini hosting biasa digunakan hanya untuk menjalanman website saja. Karena website ini terus berkembang dan jenisnya juga bertambah.

Namun, kamu bisa menggunakanVPS untuk melakukan hal lain daripada hanya sekedar mengoperasikan website saja. Kamu juga bisa memakainya untuk hal berikut:

  • Membuat server game online karena bisa menerima banyak user dan kamu bisa mengaturnya dengan mudah.
  • Sebagai backup data secara online.
  • Media pengujian aplikasi pada berbagai stage sesuai kebutuhan.
  • Membuat dan mengatur VPN yang berguna untuk membatasi akses pada jaringan yang kamu miliki.

Penggunaan di atas sangat baik untuk VPS namun kurang direkomendasikan untuk pemakaian shared hosting. Mengapa? Karena hal ini akan membatasi performa yang ada.

4. IP Address Terdedikasi dengan Baik

Baca juga  Menarik, Dapat Pemasukan Tambahan Dengan Testing Website

Bagi para internet marketer melalui email pasti sering mengeluhkan emailnya yang masuk bagian spam. Padahal informasi yang diberikan valid dan bermanfaat kepada calon customer.

Mengapa hal ini terjadi? Salah satu penyebabnya adalah IP Address yang buruk atau memiliki reputasi yang tidak baik.

Biasanya ini terjadi pada shared hosting karena kamu akan mekakai 1 hosting dan 1 IP untuk berbagai kegiatan. Khususnya spamming email.

Pada akhirnya IP yang dimiliki dianggap tidak memiliki reputasi yang baik sehingga setiap pesan yang ada akan otomatis masuk ke spam.

Namun, Ketika memakai VPS kamu akan memiliki IP terdedikasi karena diperuntukkan secara individu. Jadi, pengiriman email menjadi lebih mudah dan tidak otomatis masuk ke spam.

5. Bisa Memilih Sistem Operasi dengan Bebas

Baca juga  7 Situs Yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Merasa Jenuh dan Bosan Ketika #DiRumahAja

Sebagian besar pengoperasian hosting memakai OS Linux. Memang OS ini cukup baik dan memiliki segudang keunggulan lainnya.

Namun, masih banyak orang yang tidak biasa memakai OS tersebut dan lebih terbiasa memkaai CentOS, Debian, Ubuntu dan lainnya.

Hal ini akan sulit dilakukan jika memakai hosting biasa, namun dengan VPS kamu memiliki opsi untuk memakai OS yang lain dan pastinya lebih familiar.

Selain itu, kamu juga memiliki pilihan dari sisi control panelnya sehingga pengoperasian hosting secara menyeluruh jadi lebih mudah. 

Sewa VPS sangat penting bagi pemilik website. Selain itu, kamu bisa memakai jasa hosting murah gratis domain agar website yang ada memiliki performa yang sangat baik.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Digstraksi Official

   

Digstraksi adalah platform untuk mempertemukan penulis independen & pembaca yang haus informasi.