5 Alasan Penjaga Sekolah Perlu Diberi Penghargaan Tersendiri dari Sekolah

5 Alasan Penjaga Sekolah Perlu Diberi Penghargaan Tersendiri dari Sekolah

Sudah lebih dari 4 tahun saya lulus dari sekolah dan salah satu sosok yang masih saya ingat dan saya rindukan di sekolah selain guru-gurunya adalah penjaga sekolah.

Mungkin kebanyakan siswa akan sepakat dengan saya bahwa di setiap sekolah pasti ada satu sosok penjaga sekolah yang banyak disukai oleh para siswa. Entah karena keramahannya, kekocakannya, dan juga kesetiaannya mengurusi sekolah.

Bisa dibilang penjaga sekolah ini adalah kuncen yang ada di sekolah yang mengetahui seluk-beluk sekolah tempatnya bekerja. Apalagi kalau penjaga sekolah tersebut asli warga sekitar atau malah rumahnya berada di dalam sekolah itu sendiri.

Sama seperti penjaga sekolah saya yang rumahnya ada di tengah-tengah sekolah. Jadi di sekolah ada satu bangunan sederhana yang dipakai oleh penjaga sekolah dan keluarganya sebagai tempat tinggal. Anaknya pun sekolah di tempatnya bekerja yang mana doi merupakan kakak kelas saya berbeda dua tahun.

Di sekolah bertemu dengan penjaga sekolah bukanlah hal yang aneh bagi saya. Setiap hari saya selalu bertemu dengan blio yang sering kami panggil dengan sebutan Abah. Sosok Abah ini pula yang mempunyai warung makan serta usaha fotokopian di sekolah saya.

Baca juga  Sistem Luring yang Didaringkan

Setiap kali saya dan teman-teman ke kantin, blio sering berada di kantin dan nimbrung dengan kami mengobrol ringan. Malah blio sudah hafal nama-nama dari kami karena sudah menjaga langganan di kantinnya.

Bagi saya sosok penjaga sekolah yang mengabdi bertahun-tahun di sekolah perlu mendapatkan penghargaan tersendiri dari sekolah tempatnya bekerja. Berikutlah beberapa alasannya.

1. Berjasa menjaga sekolah

Penjaga sekolah mempunyai tugas yang banyak alias merangkap banyak jabatan seperti para pejabat di negeri yang entah di mana itu. Penjaga sekolah bertugas mulai dari menyapu dedaunan di lingkungan sekolah, membuang sampah, membeli peralatan sekolah, kadang membantu satpam membuka gerbang, mengecat sekolah, sampai disuruh-suruh oleh guru entah untuk membeli makanan atau memfoto copy suatu berkas.

2. Banyak berkorban

Selain perangkat sekolah seperti guru yang banyak berkorban untuk sekolah, salah satu sosok yang paling banyak berkorban untuk sekolah ialah penjaga sekolah. Blio berkorban untuk banyak hal. Mulai dari menjaga keamanan sekolah jika guru, murid, dan satpam sudah pulang, berkorban untuk kebersihan sekolah setiap hari, dan memastikan semua yang ada di sekolah aman terkendali seperti ruang-ruang komputer dan ruang penting lainnya. Bisa dibilang penjaga sekolah ini menjadi orang yang pertama dan terakhir di sekolah.

Baca juga  Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus SMA

3. Dikenal baik oleh para siswa dan guru

Seperti saya bilang sebelumnya, penjaga sekolah ini sangat friendly dengan siswa-siswa dan juga para guru. Apalagi jika penjaga sekolahnya mempunyai sifat kebapakan yang membuat nyaman para siswa di sekolah. Saya dan teman-teman pun jika pergi ke kantin sering mengobrol dengan penjaga sekolah mulai dari hal ringan sampai yang berat seperti masa depan.

Blio sering memberi petuah-petuah mengenai kehidupan yang diselingi dengan candaan khasnya. Tidak heran kalau blio memang dikenal baik dan digemari oleh banyak siswa di sekolah karena bisa dianggap sebagai orang tua sendiri.

Baca juga  Tips Agar Selalu Fokus Belajar Dan Mendapatkan Nilai Yang Bagus

4. Banyak membantu

Alasan lain mengapa penjaga sekolah perlu diberi penghargaan tersendiri karena rata-rata dari penjaga sekolah sering membantu banyak perangkat di sekolah. Terkadang meskipun blio banyak membantu siswa dan guru namun blio orangnya suka tidak enakan alias tanpa pamrih.

Meskipun ada juga sebenarnya penjaga sekolah yang menginginkan balas jasa lebih namun biasanya mereka selalu rendah hati sehingga tidak ingin terlalu merepotkan orang lain. Malah doi yang sering direpotkan meskipun bukan tugasnya.

5. Tidak kenal lelah

Hal terakhir yang bisa diteladani dari sosok penjaga sekolah karena blio dikenal tidak mudah lelah apalagi menyerah. Meskipun cukup banyak pekerjaan yang harus diselesaikan namun semangatnya tidak pernah pudar.

Bisa saya bilang bahwa pahlawan tanpa tanda jasa di sekolah selain guru adalah penjaga sekolah atas segala dedikasinya selama ini. Bahkan karena saking setianya pada sekolah, terkadang beberapa penjaga sekolah dipercaya untuk mengurusi bagian tata usaha atau administrasi sekolah meskipun tidak sepenuhnya.

Meskipun penjaga sekolah bisa dibilang pekerjaan yang sederhana namun kenyataannya tugas yang dibebani sangat banyak dengan upah yang mungkin tidak seberapa. Namun berkat kegigihan dan kerja kerasnya mereka mampu bertahan dan terkadang menjadi tempat curhat beberapa siswa. Maka dari itu memberikan penghargaan tersendiri bagi blio adalah hal yang perlu dilakukan pihak sekolah berkat jasanya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Erfransdo