5 Alasan Ucapan Semprotulation Itu Penting bagi Mahasiswa Akhir

5 Alasan Ucapan Semprotulation Itu Penting bagi Mahasiswa Akhir

Di zaman serba modern ini mengucapkan selamat atas pencapaian seseorang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya melalui story Instagram. Apalagi di masa-masa pandemi seperti ini.

Jika tidak bisa mengucapkan secara langsung atau bertemu dengan orangnya, maka solusi terbaik adalah mengucapkan selamat via chat dan mengunggah fotonya di story Instagram dengan caption ucapan selamat atau ucapan nyeleneh jika memang teman dekat.

Memasuki masa-masa akhir kuliah, ucapan semprotulation alias selamat atas seminar atau sidang proposal marak beredar di berbagai instagram stories para mahasiswa akhir termasuk saya sendiri. Beberapa kali saya pun selalu mengunggah instagram stories teman-teman yang sudah melakukan siding proposal.

Saya ucapkan selamat lalu meminta foto doi memakai syal dan sedang menggenggam proposal yang banyak coretan atau memegang laptop yang berisi presentasi proposal lengkap dengan judulnya. Setelah itu saya pun menguploadnya ke instagram stories dan tidak lupa men-tag akun teman saya itu.

Saya tidak begitu tahu kapan dimulainya tren seperti ini, yang jelas saya baru tahu ketika memasuki semester ketiga kuliah. Saat itu saya sering melihat kakak tingkat berfoto bersama lengkap dengan syal dan buket di pelataran fakultas lalu diupload ke Instagram.

Baca juga  Dari Privilege Hingga Beban, Inilah yang Dirasakan Ketika Menjadi Mahasiswa

Saya pun pernah ikut foto bersama dengan kakak tingkat yang kebetulan satu organisasi dengan saya saat pandemi belum melanda. Kala itu doi baru saja menggelar sidang proposal skripsi.

Beberapa orang ada yang menganggap bahwa ucapan semprotulation itu tidak begitu penting karena hanya siding proposal yang mana hal tersebut barulaha awal dari perjuangan yang panjang.

Karena setelah itu masih ada sidang kolokium sampai sidang kelulusan yang menentukan kelulusan mahasiswa bersangkutan. Adapula orang yang menganggap penting ucapan semprolutaion sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian temannya. Jarang-jarang juga kan ngebahagiaan hati teman-teman.

Bagi saya pribadi yang sedang menempuh semester akhir, ucapan semprotulation itu penting nggak penting karena toh nggak ada salahnya juga.

Nggak ngucapin ya nggak apa-apa kalau memang tidak terlalu dekat, mau ngucapin ya syukur Alhamdulillah. Tapi menurut saya ada beberapa alasan mengapa ucapan semprotulation itu penting bagi mahasiswa akhir.

#1 Penghargaan atas pencapaian teman

Mengucapkan happy semprotulation itu bukanlah hal yang memalukan atau bikin rugi. Justru mengucapkan happy semprotulation kepada teman itu penting sebagai ucapan penghargaan atas pencapaian yang sudah diraihnya.

Baca juga  Hal Penting yang Perlu Diketahui oleh Mahasiswa Baru

Apalagi kalau sama-sama belum ada pencapaian yang berarti selama kuliah selain berhasil di seminar proposalnya. Menyusun proposal itu tidaklah mudah apalagi harus sering gonti-ganti judul karena tidak disetujui sama dosen pembimbing. Maka ucapan happy semprotulation setidaknya bisa mengobati rasa lelah yang melanda.

#2 Sebagai pelecut semangat untuk proses selanjutnya

Sidang proposal penelitian atau skripsi bukanlah akhir dari segalanya melainkan awal dari lika-liku ke depan. Setelah proposal disetujui, maka kita harus melanjutkan ke tahap mengolah data di lapangan sesuai dengan proposal yang disusun.

Belum lagi harus mengerjakan segala revisian dan tetek bengeknya. Menyusun bab-bab lanjutan sebelum melaksanakan sidang kolokium. Ucapan semprotulation di awal setidaknya membangkitkan semangat juang mahasiswa untuk bisa segera menyelesaikan studinya. Asal jangan sampai terlena saja hingga skripsi pun molor.

#3 Teman dekat yang sidang proposal

Jika teman dekat kita yang melaksanakan sidang proposal apalagi satu fakultas, mengucapkan happy semprotulation atau selamat revisian itu hukumnya penting.

Baca juga  Biaya Kuliah di Asia Pacific University Malaysia

Biasanya kalau teman dekat akan datang langsung ke tempat sidang atau kalau di masa pandemi ini akan datang ke rumah atau ke kosan temannya untuk memberi kejutan berupa hadiah entah makanan atau buket bunga. Tidak lupa berfoto bersama dan menguploadnya ke instagram stories.

#4 Menjaga silaturahmi

Ucapan happy semprotulation penting untuk menjaga silaturahmi kita dengan teman meskipun tidak dekat-dekat amat. Maka dari itu karena jarang bertemu karena satu dan lain hal, mengucapkan happy semprotulation pada teman saat sudah melaksanakan sidang proposal tidak ada salahnya.

Bisa dengan membalas story instagram teman atau mengupload fotonya langsung di instagram stories kita dengan ucapan selamat atau kata-kata mutiara ala influencer.

#5 Jika kita ingin diucapin balik

Alasan terakhir pentingnya mengucapkan happy semprotulation adalah agar teman yang kita ucapkan tersebut mengucapkan balik kepada kita saat sidang proposal. Karena kita tempo lalu sudah mengupload instagram stories, maka teman kita pun setidaknya akan ingat dan merasa tidak enak kalau tidak mengucapkan balik. Maka dari itu sangat penting kita mengucapkan happy semprotulation kalau kita pun ingin dikasih ucapan balik.

Nah kira-kira begitulah alasan mengapa pentingnya ucapan semprotulation bagi mahasiswa-mahasiswa akhir. Namun hal itu kembali lagi pada diri masing-masing apakah perlu atau tidak melakukan hal tersebut asal punya akun Instagram.

Ini semua bukan semata-mata untuk terlihat trendy, namun percayalah mengucapkan dan diucapkan selamat itu rasanya luar biasa. Setidaknya menghargai perjuangan teman dan diri sendiri. Selamat revisian!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Erfransdo