5 Aplikasi Penyedia E-book Legal Mulai Dari Yang Bayar Sampai Yang Gratis


5 Aplikasi Penyedia E-book Legal Mulai Dari Yang Bayar Sampai Yang Gratis 1

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak masyarakat yang lebih nyaman mengerjakan apapun dari rumah masing-masing. Tak terkecuali untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah, dimana harus mencari sumber bacaan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain tugas sekolah dan kuliah, masyarakat juga membutuhkan bacaan-bacaan ringan ataupun berat untuk mengisi kegiatan selingan sehari-hari supaya tetap bisa mendapatkan ilmu lewat apa yang dibaca. Disini masyarakat mendapatkan jawaban dengan adanya beberapa aplikasi penyedia E-book legal yang bisa diakses dari mana saja. Selain itu, adanya aplikasi penyedia e-book juga memberikan pilihan kepada masyarakat untuk ikut mengurangi pembajakan-pembajakan buku diluar sana, karena e-book yang disediakan 100 persen adalah e-book legal yang berarti tidak merugikan penerbit, editor, apalagi penulis.

Ini dia, 5 aplikasi penyedia e-book legal yang wajib kamu tau.

1. Ipusnas

5 Aplikasi Penyedia E-book Legal Mulai Dari Yang Bayar Sampai Yang Gratis 3

Aplikasi yang satu ini adalah penyedia e-book nasional yang dikelola langsung oleh perpustakaan nasional Indonesia. Berbagai macam jenis e-book tersedia disini, mulai dari biografi sampai dengan novel fiksi sekalipun. Eits, salah satu syarat yang harus dimiliki oleh peminjam e-book disini adalah harus sabar ya. Karena peminjaman e-booknya gratis dan yang meminjam cenderung lebih banyak dibanding kuota e-booknya jadi harus antri untuk bisa baca e-book yang tergolong banyak peminatnya. Biasanya e-book yang banyak antriannya adalah e-book untuk kuliah ataupun sekolah dan e-book novel-novel fiksi.

Untuk batas peminjamannya, satu e-book dipinjamkan selama 7-14 hari. Jika dalam kurun waktu tersebut belum selesai di baca, maka otomatis e-book tersebut akan hilang dari daftar pinjam kamu. Dan untuk maksimal e-book yang boleh dipinjam hanya 3 e-book saja, tapi sepertinya itu sudah lebih dari cukup ya.

2. Lontara

5 Aplikasi Penyedia E-book Legal Mulai Dari Yang Bayar Sampai Yang Gratis 4

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi penyedia e-book untuk memudahkan kamu menemukan bacaan yang selama ini mungkin kamu cari. Karena di aplikasi lontara, pembaca, penulis, dan penerbit bekerja sama menyediakan e-book terbaik mereka untuk di sediakan di sini.

Jenis e-book yang tersedia juga sangat beragam seperti e-book pengembangan diri, motivasi, agama, hobi, perempuan, parenting, biografi, ensiklopedia, puisi, dan sebagainya.

Layanan yang disediakan oleh aplikasi lontara ini antara lain layanan sewa dan layanan beli yang keduanya sudah pasti diharuskan membayar. Untuk layanan sewa, setiap e-book yang akan dibaca sudah tertulis harga sewanya masing-masing dan setiap 1 e-book yang disewa bisa kamu baca selama 2 pekan. Jika 2 pekan ternyata e-book yang kamu baca belum selesai, kamu boleh memperpanjang sewa dengan membayar sewa kembali. Sedangkan untuk e-book yang ingin kamu beli juga sudah tertera harga di masing-masing e-book.

Metode pembayaran yang disediakan oleh lontara dapat dilakukan dengan Transfer antar bank, saldo lontara, ataupun menggunakan Dana.

3. Rakata

5 Aplikasi Penyedia E-book Legal Mulai Dari Yang Bayar Sampai Yang Gratis 5

Aplikasi rakata ini mirip sekali dengan aplikasi lontara. Hanya berbeda pada e-book yang tersedia. Jika lontara menyediakan e-book dari berbagai penerbit, sedangkan rakata menyediakan e-book khusus yang diterbitkan oleh penerbit Bentang Pustaka. E-book yang tersedia di rakata juga tidak sebanyak yang tersedia di lontara, karena dari informasi yang didapatkan aplikasi rakata ini masih dalam tahap pengembangan.

Layanan yang diberikan rakata juga sama dengan lontara, yakni sewa dan jual. Tetapi, untuk penyewaan e-book di rakata ini sedikit lebih mahal dibanding penyewaan e-book di aplikasi lontara. Pembayaran yang disediakan juga sama dengan aplikasi lontara, yakni menggunakan transfer antar bank, dan dompet elektronik.

4. Play Book

5 Aplikasi Penyedia E-book Legal Mulai Dari Yang Bayar Sampai Yang Gratis 6

Di aplikasi ini, banyak sekali e-book yang disediakan. Kamu yang membutuhkan e-book apapun dapat mencari dengan mengetikkan judul e-book, penulis, ataupun penerbit. Aplikasi play book ini juga sangat user friendly, karena nyaman digunakan, dan jika kamu sedang membaca salah satu e-book dari play book dan ingin menandai kalimat yang menurut kamu penting, maka akan disediakan tools seperti stabilo. Jadi jika sewaktu-waktu kamu butuh kalimat tersebut tinggal buka kembali e-book tersebut.

Nah layanan yang diberikan oleh aplikasi play book ini hanya layanan jual, ada beberapa memang e-book gratis, tapi tidak banyak. Harga yang dipasang sangat beragam, mulai dari 5 ribu rupiah sampai dengan 200-an ribu rupiah.

Metode pembayaran yang digunakan juga cukup beragam. Kamu bisa membayar menggunakan pulsa prabayar, ataupun menggunakan dompet digital.

5. Gramedia Digital

5 Aplikasi Penyedia E-book Legal Mulai Dari Yang Bayar Sampai Yang Gratis 7

Kalau aplikasi yang terakhir ini, pasti kamu sudah tidak asing lagi kan? Sebab memang dari dulu sudah cukup terkenal mengingat penerbit gramedia juga merupakan salah satu penerbit mayor di Indonesia. E-book yang tersedia di gramedia digital sudah pasti adalah e-book terbitan gramedia dan informasi terakhir ada juga e-book terbitan republika.

Layanan yang diberikan oleh gramedia digital adalah layanan berlangganan. Dimana ada paket pilihan seperti paket e-book fiksi dan non fiksi yang bisa kamu pilih dan kamu harus bayar untuk bisa mengakses e-book yang kamu pilih selama sebulan penuh. Tidak ada perpanjangan otomatis, jadi kamu juga berhak jika sewaktu-waktu berhenti berlangganan.

Aplikasi gramedia digital juga termasuk aplikasi yang user friendly karena sudah dirancang sedemikian rupa agar nyaman berlama-lama di apliaksi ini.

Itu dia 5 aplikasi penyedia e-book legal yang bisa kamu download di play store, semoga bermanfaat dan happy reading!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap