5 Aplikasi Untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu

5 Aplikasi Untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu 1

Teknologi semakin berkembang, menggeluti dunia fotografi sudah tidak harus memiliki kamera DSLR. Dengan memanfaatkan kamera ponsel, kamu bisa saja menghasilkan kualitas foto yang hampir sama bagusnya dengan hasil jepretan kamera DSLR dengan spek tinggi.

Daripada hanya mengumpulkan koleksi fotomu di galeri yang hanya membuat memori ponselmu penuh, kamu bisa menghasilkan uang dengan menjual foto-foto hasil jepretanmu loh.

Bingung mau jual kemana?

Dengan perkembangan teknologi, sudah banyak website dan aplikasi yang bisa kamu coba untuk menjual karya-karyamu. Ini dia, lima aplikasi dan website untuk menjual foto karyamu.

1. Gettyimages

5 Aplikasi Untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu 3

Getyyimages adalah salah satu platform jual beli foto terbesar yang membantu fotografer-fotografer untuk memasarkan foto karya mereka. Gettyimages menyasar foto-foto berkualitas tinggi atau foto-foto eksklusif dengan pasar brand atau penerbit. Jadi, jangan heran ketika melihat foto-foto yang dijual di Gettyimages digunakan oleh perusahaan dan media-media besar.

Dengan sasaran pasar Gettyimages, kamu tentunya harus mempersiapkan karya terbaikmu jika berniat menjual fotomu di situs ini. Kamu juga harus siap bersaing dengan fotografer-fotografer profesional lainnya.

2. EyeEm

5 Aplikasi Untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu 4

EyeEm adalah salah satu aplikasi paling populer untuk menjual foto dan sudah tersedia di Playstore. Aplikasi ini sudah memiliki koneksi dengan 25 juta fotografer dari seluruh dunia. Cara mengunggahnya pun gampang. Kamu hanya perlu memilih foto yang akan kamu jual. Setelah mengunggah, pihak EyeEm setidaknya membutuhkan waktu 7 hari untuk mereview foto yang kamu unggah. Foto yang lolos dari penilaian EyeEm akan bertuliskan “On Market” dan “Not Selected For Market” untuk foto yang tidak memenuhi kriteria.

Aplikasi ini juga bekerja sama dengan GettyImages. Jika fotomu dinilai cukup bagus, foto juga akan di jual di GettyImages. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai kompetisi yang diadakan oleh pihak EyeEm untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

3. Shutterstock Contributor

5 Aplikasi Untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu 5

Aplikasi ini adalah aplikasi khusus untuk para fotografer menjual foto-foto hasil karya mereka. Aplikasi yang sudah ada selama kurang lebih 15 tahun ini telah membayar lebih dari 1 juta Dollar untuk seluruh kontributor mereka. Hampir sama dengan EyeEm, cara mengunggah di aplikasi ini cukup mudah. Kamu hanya mengunggah karya terbaikmu dan akan direview  selama beberapa hari.

Apabila fotomu tidak lolos, pihak Shutterstock akan memberitahumu alasan mengapa fotomu ditolak. Sedangkan foto yang diterima akan di pasarkan di aplikasi Shutterstock yang merupakan aplikasi khusus untuk konsumen yang ingin membeli foto dari kontributor Shutterstock.

4. Dreamstime

5 Aplikasi Untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu 6

Platform ini sudah berdiri sejak tahun 2000 dengan pengguna yang sudah menembus angka 34 juta dan bekerja sama dengan lebih dari 700.000 kontributor. Dreamstime sendiri menerima berbagai konten seperti foto, video, vektor, ilustrasi bahkan hingga klip audio. Namun, seperti platform-platform besar pada umumnya ada beberapa kriteria yang harus karyamu penuhi untuk bisa lolos menjual karyamu di Dreamstime.

5. Agora Image

5 Aplikasi Untuk Menjual Foto Hasil Jepretanmu 7

Agora Image adalah salah satu situs untuk menjual foto yang menawarkan keuntungan 100%. Jadi semua hasil penjualan karyamu sepenuhnya masuk ke kantongmu. Situs ini juga menyediakan banyak kompetisi untuk mendapatkan hadiah tambahan.

Nah, itu dia 5 platform yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan dari hobi fotografimu. Salah satu kunci keberhasilannya adalah kamu harus konsisten dan rajin mengirim karya-karyamu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

RintihHujan