5 Aplikasi yang Cocok Bagi Kalian Pencinta Baca

5 Aplikasi yang Cocok Bagi Kalian Pencinta Baca 1

Ada beberapa aplikasi yang cocok sekali bagi kamu yang senang sekali membaca. Dengan aplikasi-aplikasi ini kamu dapat membaca dengan mudah kapan saja, dimana saja. 

Bagi kamu yang menjadikan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari tentu selalu merasa haus akan bacaan yang menarik. 

Mulai dari membaca buku sampai artikel atau opini anti mainstream dapat kamu temukan pada aplikasi berikut ini. 

Ini dia beberapa aplikasinya:

1. iPusnas

Logo iPusnas
Logo iPusnas

Kenapa iPusnas ada di peringkat pertama, tidak lain adalah karena aplikasi ini mampu menggantikan fungsi perpustakaan konvensional pada umumnya. 

Bahkan sistemnya pun sama seperti perpustakaan. Kamu disini dapat meminjam buku incaran kamu, lalu kamu kembalikan lagi setelah 3 – 5 hari. 

Koleksi yang ada di aplikasi ini sangat lengkap. Walaupun memang buku yang masih terbilang sangat baru tidak langsung tersedia. Namun tenang saja karena aplikasi ini selalu melakukan update koleksinya. 

Buku-buku yang tersedia disini adalah resmi, jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai legalitasnya. Tidak ada yang namanya khawatir terkena virus seperti ketika kamu mengunduh berkas PDF dari situs tidak resmi. 

Penggunaannya pun sangat mudah. Kamu cukup memasangnya, kemudian daftar, lalu kamu sudah langsung dapat meminjam buku. Tanpa harus keluar rumah, tanpa keluar uang. 

Aplikasi ini sepenuhnya GRATIS. 

2. Medium

Logo Aplikasi Medium
Logo Aplikasi Medium

Medium adalah aplikasi yang berisi artikel-artikel bersumber dari kontributornya. Kebanyakan memang dalam bahasa Inggris namun sudah banyak artikel berbahasa Indonesia disini. 

Di dalam aplikasi ini kamu akan menemukan sangat banyak artikel yang berisi pembahasan mendalam mengenai suatu topik. 

Topik-topik seperti bisnis, sosial, kesehatan mental, sampai dengan topik yang berisi pengalaman mendapatkan uang dari menulis juga tersedia di Medium. 

Salah satu hal yang menarik adalah sudut pandang artikel di Medium menggunakan sudut pandang orang pertama. Sehingga kamu seolah dibawa hanyut oleh pengalaman asli penulisnya. 

Aplikasi ini gratis, namun untuk mendapatkan seluruh kontennya kamu dikenakan biaya berlangganan bulanan. Tetapi tidak ada ruginya mengeluarkan biaya berlangganan, karena keuntungan yang akan kamu dapatkan serta ilmu yang kamu pelajari sangat banyak. 

Hal menarik lainnya adalah kamu juga bisa menulis di aplikasi ini. Jika tulisan kamu banyak yang menyukai, kamu bahkan berpeluang untuk menjadi bagian dari publisher yang akan menjangkau lebih banyak lagi pembaca. Keren kan?

3. Quora

Logo Quora
Logo Quora

Aplikasi berikutnya bagi kamu yang sangat suka membaca adalah Quora. Platform ini cukup unik karena berbasis tanya jawab. Dimana ada seseorang yang mengajukan pertanyaan, kemudian siapapun dapat menjawab pertanyaan tersebut. 

Pertanyaan yang ada disini sangat unik dan tidak terbatas. Oleh karena itu jawaban yang diutarakan juga menjadi sangat luas. 

Kamu bisa mendapatkan jawaban-jawaban menarik dan berasal dari berbagai latar belakang penulis jawaban. 

Hal menarik lainnya adalah Quora terdiri dari dua versi yaitu versi internasional yang berbahasa Inggris dan versi lokal yang berbahasa Indonesia. 

Pembahasan diantara keduanya cukup berbeda karena masalah sosial yang menjadi latar belakang pertanyaan dan jawabannya juga berbeda. Ada baiknya kamu menjelajahi keduanya, agar kamu mendapatkan pengalaman penuh saat menggunakan aplikasi ini. 

Oya, aplikasi ini gratis 100%, jadi kamu hanya perlu mengeluarkan modal kuota saja saat mengakses aplikasi ini. 

4. Wattpad

Logo aplikasi wattpad
Logo aplikasi wattpad

Nah aplikasi ini sangat cocok bagi kamu pecinta cerita-cerita fiksi. Ada banyak sekali cerpen sampai novel tersedia di Wattpad. Genre yang ada juga bermacam-macam. Mulai dari romansa sampai dengan horor. 

Kamu dapat menyelami alam pikiran penulis novel dan hanyut di dalam kisah-kisah yang menegangkan, menyebalkan atau bahkan menggemaskan. 

Hal menarik di aplikasi ini adalah kamu dan penulis seolah tidak berjarak karena kamu dapat memberikan komentar mengenai karangan yang kamu baca. Sehingga terjadi interaksi yang tidak akan kamu dapatkan jika kamu membaca buku konvensional. 

Kamu juga bisa menjadi penulis cerita fiksi kamu sendiri di aplikasi ini. Bahkan jika karangan kamu sangat menarik dan viral, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari cerita yang kamu buat itu. 

5. Kaskus

Logo aplikasi forum Kaskus
Logo aplikasi forum Kaskus

Aplikasi yang satu ini dapat dikatakan merupakan aplikasi dari situs legendaris. Memang saat ini sudah banyak aplikasi dan situs yang menarik perhatian, namun hal yang unik adalah Kaskus memiliki bentuk sebagai forum. 

Jadi penulis yang menempatkan tulisan di aplikasi ini dapat langsung kamu komentari, apakah setuju atau tidak. Bisa dibilang, prototipe media sosial yang marak saat ini sudah diberikan oleh Kaskus sejak jauh-jauh hari. 

Dimana ketika ada seseorang yang menulis sesuatu, maka pembacanya dapat langsung mengomentari. 

Berbeda dari Quora yang sifatnya tanya jawab, di Kaskus kamu menulis sesuatu hal yang bersifat non-fiksi lengkap dengan sumbernya. Bentuk tulisan layaknya artikel pada umumnya. 

Hanya saja karena bentuknya berupa forum maka terkadang ada beberapa pengguna yang mengeluarkan komentar yang tidak etis. Tetapi jika kamu cukup dewasa pemikirannya, dijamin kamu akan tetap bisa menikmati aplikasi situs legendaris ini. 

***

Itulah beberapa aplikasi yang dapat kamu jelajahi untuk mendapatkan jutaan bacaan menarik. Ada yang bersifat “serius”, ada pula yang memiliki karakter “bebas”. Semua kembali kepada pilihan kamu. 

Kamulah yang menyaring dan memfilter seluruh yang kamu baca dan tulis. Yuk terus membaca agar wawasan semakin luas!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ario Seno