5 Bahan Alami, Untuk Hilangkan Bekas Luka Bakar


luka bakar

Bekas luka bakar yang ada pada kulit, tentu menganggu penampilan. Apalagi jika bekas luka bakar  ini, pada bagian yang terlihat, misalkan pada jari tangan. Sebelum melakukan tindakan medis, kamu bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Jika diaplikasikan, menggunakan bahan alami juga aman untuk jangka panjang. Karena bahan alami biasanya tidak menunjukan hasil secara langsung. Namun, penggunaan secara teratur, bisa mengobati bekas luka bakar kamu.

Berikut ini 5 bahan alami dan caranya agar bekas luka bakar kamu, bisa sembuh dengan cara ekonomis.

 

1. Madu

5 Bahan Alami, Untuk Hilangkan Bekas Luka Bakar 1

Madu adalah satu obat alami yang sudah dipercaya sejak dulu. Tidak hanya untuk obat, madu juga salah satu bahan dalam perawatan kecantikan. Tak heran, dengan manfaatnya yang begitu banyak, madu juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Madu dapat membantu mempercepat penyembuhan infeksi pada luka bakar serta memudarkan bekas luka bakar secara luas.

Caranya, campurkan madu dan kunyit, kemudian aduk hingga membentuk seperti pasta yang lembut dan lengket. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada bekas luka bakar. Biarkan selama 15-20 menit. Kemudian setelah waktu tersebut, usap dengan tisu.

Untuk hasil yang efektif, kamu bisa mengulanginya setiap hari.

 

2. Lidah buaya

5 Bahan Alami, Untuk Hilangkan Bekas Luka Bakar 2

Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi dan penyembuhan sehingga dapat membantu mengobati luka bakar, bekas luka bakar serta memiliki sifat yang menenangkan pada kulit yang teriritasi.  Kamu bisa menggunakan lidah buaya dengan cara mencampurkan gel lidah buaya yang segar kedalam air mawar. Setelah itu gunakan campuran kedua bahan tersebut untuk memijat pada bagian yang sakit selama 15-20 menit. Setelah selesai, bersihkan menggunakan air. Ulangi langkah tersebut untuk hasil yang diinginkan.

 

3. Kunyit dan susu

5 Bahan Alami, Untuk Hilangkan Bekas Luka Bakar 3

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik untuk mengobati luka bakar. Sedangkan susu, memiliki sifat menenangkan pada kulit yang teriritasi. Selain itu, susu juga dapat memudarkan bekas luka bakar dengan penggunaan berulang.

Caranya, campurkan susu mentah dan kunyit kedalam mangkuk. Lalu aduk hingga merata. Ambil bola kapas, celupkan pada cairan susu dan kunyit, kemudian oleskan pada bekas luka bakar. Lalu pijat dengan lembut, dan biarkan selama 5 menit. Setelah selesai bilas dengan air atau dengan handuk basah. Ulangi dua hari sekali untuk hasil yang maksimal.

 

4. Tomat, putih telur dan yogurt

5 Bahan Alami, Untuk Hilangkan Bekas Luka Bakar 4

Tomat memiliki khasiat menyejukkan dan melembabkan kulit kamu. Sementara putih telur dan yogurt bisa membantu mencerahkan bekas luka. Campuran tiga bahan tersebut dapat memudarkan bekas luka bakar.

Caranya kamu harus mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan, putih telur dan yogurt kedalam mangkuk. Aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada bagian yang sakit dan pijat. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi cara ini untuk hasil yang dinginkan.

 

5. Kentang

5 Bahan Alami, Untuk Hilangkan Bekas Luka Bakar 5

Kentang dikenal dapat mengeluarkan panas dari tubuh. Sehingga kentang dapat membantu mengobati luka bakar. Selain itu, kentang juga dapat membantu memudarkan bekas luka, bila dilakukan secara ritun dan terus menerus.

Caranya kentang direbus terlebih dahulu, kemudian oleskan pada bagian yang luka. Pijat ringan selama 15 menit kemudian bisa dengan air. Ulangi, hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap