5 Bahan Makanan yang Biasa Digunakan sebagai Garnish

5 Bahan Makanan yang Biasa Digunakan sebagai Garnish

Selain rasa, tampilan visual makanan juga sangat berpengaruh terhadap selera kita pada makanan tersebut. Oleh karena itu, tampilan atau visual makanan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam aspek penyajian makanan. Akan sangat disayangkan apabila makanan tersebut memiliki rasa yang sangat lezat tetapi tidak memiliki tampilan atau visual yang menarik. Pada kali pertama, kita akan enggan untuk menyicipinya, bukan?

Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mempercantik tampilan atau visual makanan atau hidangan adalah dengan menambahkan . Selain mempercantik tampilan makanan atau hidangan, juga dapat meningkatkan nilai jual dari makanan atau hidangan tersebut, loh. Kita sering melihat bukan, di restoran-restoran mewah, hidangan utamanya biasanya sangat sedikit atau berukuran kecil. Namun, memiliki tampilan visual yang menarik dengan aneka . Rasa yang lezat dan didukung dengan tampilan makanan yang cantik membuat makanan di restoran-restoran tersebut memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Baca juga  Stik Kepiting Ternyata Adalah Daging Kepiting Imitasi

Secara sederhana, atau merupakan bahan makanan atau bagian dari sajian yang dihidangkan yang dibentuk sedemikian rupa untuk mempercantik tampilan makanan yang disajikan. Biasanya, terbuat dari bahan makanan yang bisa dimakan dan merupakan bagian yang menyatu dengan sajian utama agar tidak disisakan di piring.

Nah, berikut merupakan beberapa bahan makanan yang biasa digunakan sebagai untuk mempercantik tampilan makanan.

1. Tomat

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Tomat yang biasa digunakan sebagai

Baca juga  Tips Mengiris Bawang Merah Agar Tidak Pedih di Mata
adalah tomat merah. Warna merah segar pada tomat dapat mempercantik tampilan atau visual makanan. Selain itu, warna merah segar pada tomat juga dapat menarik kita untuk segera memakan hidangannya. Sebagai , tomat dapat disajikan dengan mengirisnya kecil-kecil atau dibentuk sedemikian rupa, seperti dibuat menyerupai mawar, dan sebagainya.

2.

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

dengan menggunakan biasa kita temui di berbagai makanan khas nusantara, seperti nasi kuning, nasi uduk, tumpeng, hingga rendang. juga biasa digunakan untuk mempercantik tampilan makanan yang memiliki cita rasa . yang biasa digunakan untuk garnish ini adalah merah besar. Warna merah yang menyala dari merah besar ini, selain mempercantik makanan juga dapat merepresentasikan rasa dari hidangan yang disajikan.

Baca juga  Beberapa Bahan Masakan yang Dapat Digunakan untuk Membersikan Noda di Kamar Mandi

3. Daun Pandan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Daun pandan merupakan salah satu bahan makanan yang biasa digunakan sebagai garnish, terutama untuk makanan dessert, seperti pada aneka kue khas nusantara, bubur kacang hijau, es pisang hijau, dan sebagainya. Selain untuk mempercantik tampilan makanan, daun pandan ini juga akan menambah aroma wangi pada makanan dan menambah selera makan kita.

4. Timun

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Timun juga menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan untuk menghias makanan. Timun memiliki daging yang mudah untuk dibentuk menjadi beragam jenis hiasan cantik. Selain itu, timun juga biasa dikonsumsi sebagai lalapan. Jadi, selain untuk mempercantik tampilan hidangan, timun juga dapat dikonsumsi sebagai lalapan, sehingga tidak akan terbuang percuma.

5. Daun mint

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Daun mint lebih umum digunakan sebagai garnish minuman, terutama minuman yang menyegarkan. Namun, tidak sedikit pula makanan yang menggunakan daun mint sebagai hiasannya. Biasanya daun mint ini digunakan untuk menghias aneka dessert manis.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh