5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak – anak

5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak - anak

Seperti yang kita tahu bahwa rokok memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Selain rokok, asap rokok juga bisa menjadi sangat berbahaya untuk orang – orang yang menghirupnya.

Terlebih lagi jika asap rokok terhirup oleh bayi dan balita. Selain itu, asap rokok juga bisa menempel pada baju, kulit dan rambut yang bisa membahayakan atau balita.

Melihat dari kondisi daya tahan tubuh, anak – anak memilik daya tahan tubuh jauh lebih lemah daripada orang dewasa. Karena itu, berikut ini ada 5 yang bisa berdampak buruk bagi – anak.

5 Bahaya Asap Rokok Yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak - anak

1. Masalah Pernafasan

yang kerap terjadi pada anak – anak adalah munculnya gangguan pada sistem pernafasan.

Baca juga  Tips Memilih Permainan Untuk Anak Laki - Laki, Agar Tumbuh Kembang Dengan Baik dan Benar

Anak – anak yang memiliki orangtuaĀ  sebagai pecandu rokok akan lebih mudah terkena seperti asma, bronkitis, sampai pneumonia karena seringnya menghirup asap rokok.

Anak yang sering terpapar oleh asap rokok juga diketahui lebih mudah terserang pilek dan batuk karena alergi akibat paparan asap rokok.

2. Terinfeksi Mata dan Telinga

Selain dapat mengganggu sistem pernafasan, asap rokok juga bisa menyebabkan infeksi mata dan telinga pada anak. Asap rokok yang secara terus – menerus terpapar bagi anak akan membuat mata menjadi kering dan akhirnya mudah mengalami iritasi.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa infeksi telinga meningkat pada anak yang terpapar dengan asap rokok.

3. Gangguan Pertumbuhan

bukan hanya menjadi masalah pada bayi dan balita saja, tetapi juga bisa berpengaruh buruk untuk janin yang masih ada dalam kandungan.

Baca juga  5 Manfaat Mengangkat Kaki ke Dinding Sambil Tiduran, Pecaya Tidak Percaya Boleh Dicoba !

Saat ibu hamil menghirup atau menyentuh lingkungan yang sudah terkontanminasi dengan asap rokok, maka zat berbahaya yang ada dalam asap rokok tersebut dapat masuk ke pembuluh darah dan mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan serta akan terus berlanjut sampai bayi tersebut lahir.

4. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan karbonmonoksida yang ada pada rokok diketahui bisa menurunkan fungsi dari organ tubuh. Akibatnya, kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan virus dari lingkungan menjadi menurun.

Karena itu, anak yang terpapar asap rokok akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah dan akan mudah terserang .

Baca juga  5 Penyakit Rambut Rontok Yang Ditandai Dengan Gejala Berikut Ini, Jangan Sepelekan ya

5. Memicu Perilaku Yang Agresif

Menurut sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa jika asap rokok tidak hanya berdampak buruk bagi , tetapi juga dapat memicu perilaku agresif hingga anti sosial.

Bahan – bahan berbahaya yang ada dalam asap rokok dapat mempengaruhi perkembangan otak dan mengganggu perilaku si anak berubah menjadi buruk.

Itulah ke – 5 yang berdampak buruk bagi .

Jadi, sebaiknya hindari asap rokok pada anak – anak jika di lingkungan kalian ada perokok aktif dan mungkin sebaiknya hentikan merokok agar terhindar dari berbagai . Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng