5 Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Secara Berlebihan, Dikurangin ya !


5 Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Secara Berlebihan, Dikurangin ya ! 1

Mendengar namanya saja pastinya sudah tidak asing lagi bagi kamu. Telur puyuh memang dikenal dan menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Dari berbagai menu, pastinya ada olahan dari telur puyuh yang  mudah untuk ditemui seperti sate tusuk, semur, atau dicampur dalam berbagai macam tumis sayuran.

Telur puyuh berbeda dengan telur pada biasanya karena memiliki bentuk yang lebih kecil dan memiliki rasa yang lebih gurih. Selain itu, telur puyuh juga memiliki begitu banyak manfaat antara lain menjaga kesehatan mata, meningkatkan kesehatan gigi dan meningkatkan stamina. Tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata telur puyuh juga bisa membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja bahayanya ? Berikut 5 bahaya telur puyuh yang perlu kamu ketahui.

1. Dapat Menimbulkan Gejala Alergi

5 Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Secara Berlebihan, Dikurangin ya ! 3

Telur puyuh memang diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, tetapi bagi tubuh yang tidak kuat dengan protein hewani yang cukup tinggi justru akan sangat berbahaya.  Karena jika tubuh yang tidak bisa menerima asupan protein hewani yang tinggi maka akan mengeluarkan antibodi imunoglobin yang akan melawan protein yang masuk ke dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan alergi. Gejala alergi ini sendiri bisa berupa gatal Рgatal, sesak napas dan kepala pusing.

2. Gangguan Pencernaan

5 Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Secara Berlebihan, Dikurangin ya ! 4

Selain dapat menyebabkan alergi, mengkonsumsi telur puyuh secara berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini karena telur puyuh memiliki kandungan lemak dan protein yang sangat tinggi yang dimana jika lemak dan protein itu tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh, maka akan mengakibatkan gangguan pencernaan seperti radang lambung (gastritis) hingga diare.

3. Tidak Cocok Untuk Ibu Hamil

5 Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Secara Berlebihan, Dikurangin ya ! 5

Khusus untuk ibu hamil juga tidak disarankan mengkonsumsi telur puyuh secara berlebihan. Hal ini karena kandungan kolesterol yang cukup tinggi dapat memicu timbulnya lemak jahat dalam tubuh. Selain itu telur puyuh juga harus dimasak dengan matang karena dikhawatirkan akan memicu bakteri salmonella yang berbahaya bagi kesehatan si janin. Bakteri salmonella yang menyerang ibu hamil dapat berisiko mengakibatkan kontraksi dini sehingga bisa menyebabkan risiko keguguran jika terjadi pada trimester pertama.

4. Dapat Menyebabkan Hipoglekimia

5 Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Secara Berlebihan, Dikurangin ya ! 6

Hipoglekimia adalah situasi tubuh yang dimana kadar gula darah berada di bawah standar normal. Gejala hipoglekimia sendiri ditandai dengan rasanya lapar, emosi yang tidak stabil, kepala pusing, konsentrasi yang terpecah dan gangguan penglihatan. Selain itu, telur puyuh juga tidak cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang mengkonsumsi obat diabetes karena dapat mengganggu dan memperlambat proses penyembuhan.

5. Dapat Menyebabkan Risiko Kanker

5 Bahaya Mengkonsumsi Telur Puyuh Secara Berlebihan, Dikurangin ya ! 7

Seperti yang kita tahu bahwa telur puyuh memiliki kandungan antioksidan. Tetapi, mengkonsumsi telur puyuh secara berlebihan akan membuat asupan antioksidan yang masuk ke dalam tubuh juga akan ikut berlebihan. Antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas, justru akan berbalik menyerang dan mengikat radikal bebas, yang dimana radikal bebas semakin kuat untuk menyerang tubuh. Radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh juga dapat merusak sel – sel tubuh serta menyebabkan risiko timbulnya kanker atau tumor.

Itulah ke – 5 bahaya jika mengkonsumsi telur puyuh secara berlebihan. Jika kamu salah satu penggemar telur puyuh maka sebaiknya untuk mengurangi atau tidak mengkonsumsinya dalam waktu yang lama. Karena bisa mengganggu kesehatan tubuhmu. Semoga bermanfaat ya !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap