5 Basic Treatment untuk Kuku Cantikmu

5 Basic Treatment untuk Kuku Cantikmu 1

Tidak jauh berbeda dengan bagian-bagian lain dalam tubuh kita, kuku juga membutuhkan perawatan yang serupa. Merawat kuku secara rutin akan membuat kuku menjadi lebih sehat dan terlihat lebih cantik. Memiliki kuku yang sehat dan cantik dapat menjadi salah satu penunjang penampilan kita dan menambah rasa percaya diri kita. Terdapat beberapa aspek yang dapat kita perhatikan untuk mengetahui apakah kuku yang kita miliki dalam keadaan sehat atau belum, seperti permukaan kuku rata dan halus, kuat dan tidak mudah patah, memiliki warna yang jernih, serta terlihat bersih.

Tidak sedikit dari kita yang masih sering melewatkan perawatan kuku. Padahal, kuku yang tidak dirawat juga dapat menimbulkan beragam masalah yang dapat membuat kita tidak nyaman, seperti kuku yang mudah rapuh atau patah, kuku memiliki warna yang tidak cantik, hingga dapat menimbulkan infeksi jamur. Agar terhindar dari masalah-masalah tersebut, kita perlu menambahkan kegiatan merawat kuku dalam jadwal selfcare kita.

Beberapa hal berikut dapat kita lakukan untuk merawat kuku kita agar tetap sehat dan terlihat lebih cantik.

1. Memotong kuku secara rutin

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kegiatan merawat kuku yang paling mudah dan umum untuk dilakukan adalah memotong kuku. Memotong kuku secara rutin dapat membuat kuku menjadi tetap kuat dan terhindar dari risiko kuku patah akibat kuku terlalu panjang. Membiarkan kuku menjadi panjang juga dapat memungkinkan bakteri lebih banyak tertinggal dalam kuku bagian dalam. Oleh karena itu, memotong kuku secara rutin perlu dilakukan agar tangan terasa nyaman digunakan saat beraktivitas dan mencegah terjadinya masalah kesehatan.

2.   Menjaga kuku tetap kering

Setelah kamu mencuci tangan atau kaki kamu atau melakukan hal-hal yang berhubungan dengan air, pastikan kamu langsung mengeringkan bagian kuku kamu. Hal ini untuk mencegah bakteri atau jamur tumbuh di bawah atau di bagian dalam kuku. Selain itu, kuku yang terendam atau terkena air terus menerus dapat membuat kuku menjadi lebih lembap dan mudah patah.

3. Hindari mengaplikasikan cat kuku terlalu sering

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Meski dapat membuat kuku terlihat lebih cantik, namun penggunaan cat kuku perlu dibatasi. Kebanyakan cat kuku mengandung zat yang dapat membuat lapisan kuku menjadi lebih tipis dan mudah rapuh, serta warna kuku pun dapat berubah menjadi lebih kuning. Oleh karena itu, menggunakan cat kuku secara terus menerus justru sangat tidak direkomendasikan.

4. Gunakan pelembap

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Meski harus menjaga agar kuku tidak dalam keadaan basah, akan tetapi kuku juga perlu sesuatu yang membuatnya tidak dalam kondisi terlalu kering. Memakai pelembap akan membuat kuku menjadi tidak dalam keadaan terlalu kering. Mengaplikasikan pelembap secara rutin pada kuku dapat membantu merawat kuku agar tidak mudah rapuh dan patah.

5. Sesekali, jadwalkan ke salon kuku

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Tidak ada salahnya untuk sesekali menjadwalkan merawat kuku di salon kuku. Yang perlu diperhatikan adalah frekuensi kamu merawat kuku di salon kuku. Terlalu sering merawat kuku di salon kuku justru dapat meningkatkan risiko permasalahan pada kuku karena ditakutkan ada bahan-bahan kimia yang tidak cocok dengan kuku kita. Namun, sesekali merawat kuku di salon kuku juga tidak masalah. Merawat kuku di salon kuku memungkinkan kuku kita dapat dibersihkan dan dirawat dengan menyeluruh.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.