5 Benda Yang Bisa Menularkan Bakteri & Virus, Flu Terutama

5 Benda Yang Bisa Menularkan Bakteri & Virus, Flu Terutama

Disaat kondisi pandemi seperti sekarang ini tentunya kita harus menjaga kesehatan tubuh serta berhati – hati dengan berbagai macam yang bisa tertular, salah satunya adalah .

dapat menular dari satu orang ke orang lainnya dengan begitu cepat melalui droplet atau cairan yang berasal dari sistem pernapasan dalam tubuh.

Dan tanpa sadar, kita juga bisa saja tertular oleh virus melalui benda – benda disekitaran kita. Apa saja benda tersebut ? Yuk simak 5 bendanya di bawah ini.

1. Gelas

5 Benda Yang Bisa Menularkan Bakteri & Virus, Flu Terutama

Jika orang yang memiliki lalu memegang gelas atau cangkir, kemungkinan besar setelah orang lain memegang cangkir atau gelas tersebut akan bisa terkena .

Namun, jika gelas atau cangkir tersebut di cuci sangat bersih dan kamu sendiri melakukan cuci tangan sebelum itu, maka potensi untuk terkena tersebut sangatlah kecil.

Baca juga  5 Jenis Kanker Yang Sering Menyerang Anak - Anak, Para Orang Tua Harus Waspada ya !

2. Remote

5 Benda Yang Bisa Menularkan Bakteri & Virus, Flu Terutama

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Family Physicians, mengatakan bahwa dapat menyebar melalui cairan tubuh dan bisa terinfeksi melalui batuk atau bersin.

Selain itu, droplet juga bisa menyebar melalui sentuhan tangan terhadap benda – benda seperti remote yang paling sering banyak menempel virus dan .

3. Saklar Lampu

5 Benda Yang Bisa Menularkan Bakteri & Virus, Flu Terutama

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Amesh A. Adalja dari Johns Hopkins Center for Health Security, menjelaskan bahwa seluruh anggota keluarga di dalam rumah bisa saja terinfeksi jika ada salah satu anggota keluarga yang mengalami .

Hal ini karena mereka tinggal bersama  dalam satu atap dan berbagi semua hal atau benda yang ada di dalam rumah, misalnya seperti saklar lampu.

Baca juga  5 Manfaat Mengangkat Kaki ke Dinding Sambil Tiduran, Pecaya Tidak Percaya Boleh Dicoba !

Karena itu, jika ada salah satu anggota keluarga yang menderita , sebaiknya secara rutin untuk memberishkan permukaan benda yang sering disentuh menggunakan tissu basah.

4. Handuk

5 Benda Yang Bisa Menularkan Bakteri & Virus, Flu Terutama

Pastinya saat mandi kita menggunakan handuk untuk membersihkan seluruh bagian tubuh dengan benda ini. Tapi tahukah kamu bahwa handuk juga bisa menyimpan banyak serta virus, salah satunya ?

Seperti dilansir dari laman The Healthy mengatakan bahwa virus bisa bertahan di handuk yang lembab selama 45 menit lamanya.

Karena itu sudah seharusnya kita mengganti handuk 1 atau 2 minggu sekali, kemudian setelah mandi jemurlah handuk di tempat yang panas atau tidak lembap.

Baca juga  5 Gejala Jantung Yang Harus Kamu Ketahui dan Waspadai

5. Gagang Pintu

5 Benda Yang Bisa Menularkan Bakteri & Virus, Flu Terutama

Seperti yang kita tahu bahwa gagang pintu adalah benda yang paling sering disentuh dan mungkin saja telah terinfeksi oleh atau virus tanpa sepengetahuan kita.

Gagang pintu memang sangat rentan untuk terkontaminasi oleh virus, karena itu setelah memegang gagang pintu di tempat – tempat umum, sebaiknya untuk segera mencuci tangan.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa gagang pintu dirumah juga aman – aman saja. Karena sangat mudah untuk menyebar melalui benda tersebut.

Itulah ke – 5 benda yang bisa menularkan dan virus, terutama flu.

Karena itu, rajinlah untuk membersihkan benda – benda yang rentan terkontaminasi oleh dan virus ya. Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng