5 Buah Iblis Tipe Zoan Terkuat dalam Cerita One Piece

5 Buah Iblis Tipe Zoan Terkuat dalam Cerita One Piece 1

Cerita One Piece selalu menarik untuk dinikmati, meski sudah mencapai chapter 1010 sekalipun, salah satu manga tersukses di dunia ini selalu mampu menarik minat para pembaca untuk menantikan kelanjutan cerita setiap Minggunya.

Dalam cerita One Piece, adanya aspek “Devil Fruit” alias buah iblis, adalah salah satu daya tarik sekaligus keunikan dari cerita One Piece itu sendiri. Nah, buah iblis sendiri terbagi menjadi 3, yakni tipe Logia, Paramecia, dan Zoan.

Masing-masing tipe memiliki karateristiknya masing-masing. Logia adalah buah iblis yang kekuatannya berdasarkan elemen alam seperti api, air, angina, kegelapan, cahaya, pasir, tanah, magma, dll. Sedangkan Paramecia adalah buah iblis yang dapat memanipulasi zat, contohnya benang, racun, gempa, karet, dll. Yang terakhir, buah iblis tipe Zoan adalah dapat memanipulasi tubuh penggunanya menjadi spesies lain, namun kebanyakan binatang. Contohnya, jerapah, singa, T-rex, naga, burung phoenix, sampai jadi Buddha pun bisa.

Nah di artikel kali ini, saya akan mengurutkan buah iblis jenis Zoan terkuat yang sudah diperlihatkan dan dijelaskan kekuatannya dalam cerita One Piece. Penasaran? Berikut listnya.

1. Hyakuju no Kaido (Uo Uo no Mi)

Mode Hybrid Kaido One Piece. Sumber: id.pinterest.com
Mode Hybrid Kaido One Piece. Sumber: id.pinterest.com

Di urutan pertama buah iblis tipe Zoan terkuat saya tempatkan pemimpin dari bajak laut Beast, yakni Hyakuju no Kaido dengan buah iblis Uo Uo no Mi yang dimakannya dari hasil pemberian Big Mom. Ya, meski buah iblis Kaido ini tipenya ikan, namun nyatanya Kaido dapat berubah menjadi naga. Dan tidak main-main, kekuatan Kaido yang sudah mengerikan kian mematikan dengan adanya buah iblis Uo Uo no Mi ini.

Menurut spekulasi saya, Uo Uo no Mi yang dimakan Kaido ini sudah mengalami proses awakening, dimana wujud Kaido tidak lagi ikan, melainkan sudah berevolusi menjadi naga. Hal ini saya percaya berdasarkan filosofi dari serial “Pokemon”, dimana ada pokemon ikan bernama Magikarp, yang dapat berevolusi menjadi seekor naga bernama ‘Gyarados”. Maka dari itu, besar kemungkinan Oda melakukan plot yang sama seperti yang ada di serial Pokemon tersebut.

Mengenai kekuatan, tak perlu diragukan lagi bahwa Kaido dapat merubah dirinya menjadi full naga, maupun hybrid yang sangat kuat berkat buah iblis Uo Uo no Mi ini. Jurus-jurus seperti Boro Breath, Wind Scythes, dan masih banyak jurus kuat lainnya. Jadi, sudah tidak bisa dipungkiri bahwa Kaido memang layak duduk di peringkat pertama pemilik buah iblis Zoan terkuat

2. Sengoku (Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu)

Buah Iblis Sengoku Hito Hito no MI Model Daibutsu
Buah Iblis Sengoku Hito Hito no MI Model Daibutsu

Di urutan kedua pemilik buah iblis Zoan terkuat adalah mantan Fleet Admiral Sengoku. Yup, posisinya sebagai Fleet Admiral dan salah satu orang yang diakui Gol D. Roger kekuatannya, adalah alasan utama mengapa Sengoku saya tempatkan di posisi kedua.

Dua alasan tersebut menjadi yang utama, sebab kita sendiri sejatinya belum pernah diperlihatkan secara langsung bagaimana puncak kekuatan dari Hito Hito no Mi, Model Daibutsu ini. Lain halnya seperti Kaido yang sudah jelas kekuatannya ditampilkan di manga.

Keunggulan buah iblis Hito Hito no Mi sendiri adalah membuat Sengoku bisa berubah menjadi Buddha raksasa yang berwarna emas. Di wujud ini, saya prediksi defense dari Sengoku bahkan bisa lebih kuat dibanding Kaido. Namun dari segi serangan, hanya serangan gelombang shockwave dri telapak tangan Sengoku saja yang baru kita tahu. Selain itu, serangan Sengoku dalam mode Buddha emasnya ini juga cenderung lambat, sehingga lawan punya waktu menghindar, meski efek serangannya bisa benar-benar mematikan.

3. Marco the Phoenix (Tori Tori no Mi, Model: Phoenix)

Marco the Phoenix One Piece. Sumber: pinterest.com
Marco the Phoenix One Piece. Sumber: pinterest.com

Marco adalah salah satu karakter dalam cerita One Piece yang bisa dikatakan sudah banyak ditampilkan kekuatannya oleh Oda Sensei. Marco pernah menghadapi Aokiji, Kizaru, dan Akainu, secara bergantian, dan berhasil melukai Aokiji dan Kizaru. Setelah itu, baru-baru kehebatan Marco pun kembali ditunjukan ketika ia mampu menahan King dan Queen sekaligus, meski ia sendiri cukup kesulitan.

Kekuatan utama mantan komandan divisi pertama bajak laut Shirohige ini adalah buah iblis Tori Tori no Mi Model Phoenix yang ia makan. Ya, bisa dibilang tingkat ketergantungan Marco pada buah iblisnya adalah 90%, yang berarti juga sudah menunjukan betapa hebatnya buah iblis Tori Tori no Mi Model Phoenix ini.

Tak hanya itu, Marco juga disinyalir sudah mencapai awakening, karena api birunya yang disebut Oda tak bisa digunakan menyerang, kini bisa digunakan untuk menyerang, terbukti ketika Marco menyerang King hingga menghantam tembok. Selain itu, skill regenerasi dan penyembuhan yang dimiliki Marco juga rasanya sudah membuktikan dirinya pantas berada di posisi ketiga dalam list pengguna buah iblis Zoan terkuat di One Piece saat ini.

4. Catarina Devon (Inu Inu no Mi, Model: Kyubi no Kitsune)

5 Buah Iblis Tipe Zoan Terkuat dalam Cerita One Piece 3

Catarina Devon adalah salah satu kru dari Blackbeard alias Kurohige. Ia merupakan salah satu mantan narapidana Impel Down level 6 yang dibebaskan Kurohige. Devon sendiri memakan buah iblis Inu Inu no Mi Model: Kyubi no Kitsune.

Kemampuan utama buah iblis tersebut adalah membuat Devon mampu bertransformasi menjadi karakter tertentu. Hal itu tentu sesuatu yang cukup berguna ketika digunakan untuk pertempuran, apalagi bajak laut Kurohige memang dikenal licik, jadi Devon dan Inu Inu no Mi Model: Kyubi no Kitsune ini sudah sangat cocok sekali dengan bajak laut Kurohige.

Namun memang, buah iblis tersebut tidak terlalu berguna ketika digunakan untuk pertarungan langsung. Nah saya menduga, Devon sendiri merupakan petarung yang handal meski tanpa buah iblisnya sekalipun. Karena kedepannya bajak laut Blackbeard akan menjadi lawan dari Luffy dan kawan-kawan, maka Devon dan buah iblisnya wajib diwaspadai.

5. King the Wildfire (Ryu Ryu no Mi, Model: Pteranodon)

Zoan King One Piece
Zoan King One Piece

Di posisi terakhir buah iblis tipe Zoan terkuat di One Piece adalah komandan pertama bajak laut Beast sekaligus tangan kanan dari Kaido, yakni King the Wildfire. Sejauh ini, kekuatan King memang masih menjadi misteri, namun performanya selama perang Wano berlangsung sekarang boleh dibilang dibawah standar ekspektasi para fans.

Ya sebabnya, King yang digadang-gadang punya kekuatan besar, malah dihajar oleh Marco, itupun ia sudah bekerja sama dengan Queen. Memang King pernah sekali menghajar Sanji, tapi toh serangan itu tak terlalu berefek pada Sanji. Maka dari itu, bila memang King adalah tangan kanan Kaido, pasti masih ada kekuatan tersembunyi lainnya yang belum dikeluarkan oleh King.

Saya masukan King di daftar kali ini meski kekuatannya belum banyak di eksplor karena reputasinya yang memang ditakuti dan sudah diakui oleh Who’s Who dan Big Mom. Ia pun juga sudah otomatis ada diatas Queen dari segi apapun, jadi rasanya tidak ada lagi pengguna Zoan lain yang layak berada di posisi terakhir ini selain King itu sendiri.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Steven Chaniago

   

Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University. Tertarik menulis tentang olahraga, otaku, drakor, dan pendidikan.