5 Cara Ampuh Mencegah Laptop Cepat Panas

5 Cara Ampuh Mencegah Laptop Cepat Panas

yang cepat , kerap kali membuat pengguna menjadi kesal. Pasalnya saat terlalu , akan menjadi lamban dan ujung-ujungnya malah macet atau not responding. Ada banyak faktor yang bisa membuat , mulai dari ruang penyimpanan yang sempit dan padat, sirkulasi udara dalam kurang begitu lancar, hingga kesalahan dari pengguna itu sendiri. Biar tidak pusing, berikut cara mencegah cepat yang perlu kamu ketahui.

Membersihkan secara teratur

5 Cara Ampuh Mencegah Laptop Cepat Panas

Jangan malas untuk rajin-rajin membersihkan , sebab di dalam sering kali banyak debu yang menempel sehingga dapat mengakibatkan sirkulasi udara tidak bisa berjalan dengan lancar. Saat sirkulasi udara tidak berjalan lancar, kemungkinan paling buruk adalah menjadi dan lamban dioperasikan. Membersihkan , sangat mudah dan tidak butuh waktu yang lama, yakni bisa dengan menggunakan alat penyedot debu ataupun cooling fan.

 

Baca juga  Pria Asal Jepang Ini Buat USB Unik Dengan Ikan Teri

Berikan jeda waktu istirahat pada laptop

5 Cara Ampuh Mencegah Laptop Cepat Panas

Meskipun barang elektronik, namun laptop juga bisa diibaratkan sebagai layaknya tubuh manusia. Saat manusia perlu beristirahat, maka begitu juga dengan laptop yang butuh istirahat. Untuk itu, cara mencegah laptop cepat yang tepat adalah dengan tidak menggunakan laptop dalam jangka waktu yang terlalu lama. Apalagi hingga seharian. Sebab, saat laptop tidak diistirahatkan dan selalu bekerja akhirnya akan berdampak terhadap kenaikan suhu di dalam laptop.

 

Jangan letakkan laptop di atas kasur

5 Cara Ampuh Mencegah Laptop Cepat Panas

Banyak orang yang menggunakan laptop saat berada di kasur. Meskipun terdengar sepele, akan tetapi sebaiknya hindari meletakkan atau menggunakan laptop di atas kasur. Pasalnya kasur bisa menyerap dari laptop, sehingga kasur bisa menjadi . Karena kasur yang , otomatis laptop menggunakan alas yang . Dengan demikian, laptop pun akan semakin . Tidak hanya itu, menggunakan laptop di atas kasur juga bisa membuat sirkulasi udara dalam laptop menjadi tidak lancar.

Baca juga  6 Langkah Perawatan Mobil yang Paling Sering Diabaikan

 

Jangan biarkan layar LCD terlalu terang

5 Cara Ampuh Mencegah Laptop Cepat Panas

Bagaimana cara mencegah laptop cepat panas yang tepat? Mungkin sebagian banyak orang akan mengeluarkan pertanyaan semacam itu. Untuk itu, cara yang tepat adalah mengusahakan saat menggunakan laptop tidak terlalu terang ataupun terlalu redup. Atur kecerahan layar LCD sesuai dengan kenyamanan mata. Pasalnya, layar yang terlalu cerah ternyata sangat mudah membuat laptop mengalami kenaikan suhu.

 

Pastikan kipas berfungsi dengan normal

5 Cara Ampuh Mencegah Laptop Cepat Panas

Setiap laptop biasanya dilengkapi dengan komponen kipas, dimana komponen tersebut memiliki peranan yang begitu penting. Sebab, kipas berfungsi untuk mengalirkan hawa panas yang ada di laptop. Ketika kipas tidak bisa berfungsi dengan normal, maka akan menyebabkan hawa panas dalam laptop pun menumpuk. Akibatnya, laptop menjadi panas dan sulit dioperasikan bahkan hingga not responding.

Untuk itu, salah satu cara mencegah laptop cepat panas yang dapat dilakukan adalah selalu pastikan bahwa kipas dapat berfungsi dengan normal. Rajin-rajinlah memberikan pada kipas. Bagaimana caranya? Sangat mudah. Kamu hanya perlu membersihkan kipas agar tidak ada kotoran yang menempel di dalam. Sebab kotoran tersebut bisa membuat kibas berjalan lambat dan tidak berfungsi dengan normal.

Baca juga  7 Tips Agar Gadget Lawas mu Tampak Baru

Itulah beberapa cara cerdas yang dapat digunakan untuk mencegah agar laptop tidak cepat mengalami kenaikan suhu. Sebab laptop yang panas akan sangat mengganggu jika sampai menyebabkan laptop lemot hingga not responding. Jika lemot, pastinya pekerjaan atau kegiatanmu saat menggunakan laptop akan terganggu. Untuk itu, diharapkan cara dalam ulasan ini bisa membantu.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rado