5 Cara Bijak Menyikapi Berita Hoax Agar Tidak stres

5 Cara Bijak Menyikapi Berita Hoax Agar Tidak stres

Berita , saat ini sudah menjadi makanan sehari-. Di media sosial, maupun media on line, terkadang kita tidak bisa membedakan berita tersebut hoax atau berita sebenarnya. Menyikapi banyaknya berita hoax ada di , perlu cara yang bijak agar tidak menimbulkan stres.

Bagi orang yang biasa menelan isi berita mentah-mentah tanpa mencari tau kebenaranya,  bisa membuat, cara pandang dan pola berpikir menjadi rusak. Lalu, bagaimana cara menyikapi berita hoax agar tidak membuat stres. Mari simak ulasan berikut ini.

1. Perhatikan kondisi emosial saat membaca berita

5 Cara Bijak Menyikapi Berita Hoax Agar Tidak stres

Selain untuk meraup keuntungan, berita-berita yang disajikan terkadang juga digunakan sebagai kendaraan untuk mempengaruhi kita. Saat Anda menonton berita perhatikan kondisi mental Anda. Apakah saat menerima tersebut Anda merasakan mual atau sakit .

Kondisi yang terjadi pada Anda saat menerima informasi berhubungan dengan . Ada baiknya jika saat menbaca berita Anda memperhatikan kondisi emosional Anda. Jika membuat stres maka sebaiknya hentikan membaca berita.

2. Batasi waktu mengakses berita

5 Cara Bijak Menyikapi Berita Hoax Agar Tidak stres

Membaca berita tentu sangat penting dan memiliki manfaat bagi pengetahuan kita. Namun, jangan sampai Anda terobsesi untuk selalu update soal luar. Anda harus bisa membatasi menerima berita-berita hoax dan negatif.

Dengan membatasi akses berita, Anda akan bisa bersikap dan tidak melulu negatif. Anda harus bisa memiliki waktu tertentu untuk mengakses berita.

3. Imbangi dengan hal-hal positif

5 Cara Bijak Menyikapi Berita Hoax Agar Tidak stres

Setelah banyak menerima informasi negatif dari media, sebaiknya Anda mengimbanginya dengan melakukan hal-hal positif. Seperti bercengkrama dengan teman atau , berolahraga, melakukan hobi Anda atau ketempat hiburan.

Dengan melakukan kegiatan positif Anda akan merasa ringan dan bahagia, sehingga berita negatif tidak bisa mempengaruhi pola pikir Anda.

4. Saring beritanya dengan

5 Cara Bijak Menyikapi Berita Hoax Agar Tidak stres

Media sosial memiliki tautan berita-berita dengan sumber berita yang sedang terjadi. Berita tersebut akan menjadi bagi Anda, jika kamu menelannya mentah-mentah. Untukn menyikapi berita hoax dan negatif Anda harus selektif menyaring berita tersebut dari sumber yang terpecaya.

Hindar sumber berita yang mendramatisir dan membesar-besarkan suatu kejadian. Perhatikan nilai dan kualitas berita, dan bukan hanya sensasi semata.

5. Buat perubahan untuk dan sekitarnya

5 Cara Bijak Menyikapi Berita Hoax Agar Tidak stres

Bagi Anda yang sudah muak dengan berita-berita hoax dan negatif, hal ini bisa menjadi momen yang tepat untuk membuat perubahan. Beranjaklan dari depan tv dan letakan HP mu. Kamu bisa bergabung dengan relawan atau komunitas tertentu untuk perubahan kecil namun, dampaknya besar.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Asih Kurniaty