5 Cara Memasak Telur Dengan Baik dan Sempurna


5 Cara Memasak Telur Dengan Baik dan Sempurna

merupakan bahan yang paling banyak digemari oleh orang – orang. Ditambah lagi, memiliki gizi yang cukp tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi tubuh.

Dan untuk memasak menjadi sebuah masakan apapun juga tidak begitu sulit. Beriku ini ada 5 cara memasak dengan baik dan sempurna, yang dijamin masakan telurmu menjadi lebih lezat.

1. Mata Sapi

Pada umumnya, masakan mata sapi terdapat dua tipe, yang pertama adalah tipe matang secara keseluruhan dan setengah matang atau membuat kuning menjadi setengah matang.

Untuk matang secara keseluruhan cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu memanaskan wajan atau teflon dengan api sedang lalu tuangkan dua sendok makan margarin.

Pecahkan ke dalam mangkuk kecil, lalu tuangkan ke dalam wajan secara perlahan – lahan, kemudian kurangi panasnya dan masak sampai putih mulai mengembang.

Dan saat kuning mulai menebal, balik dan tunggu hingga kuning menjadi bena r -benar matang.

Dan untuk setengah matang, caranya sangat simpel yaitu kamu tidak perlu membalikan telur, saat kuning telur mulai menebal segera matikan api dan angkat telur.

2. Telur Rebus

Mungkin memasak telur rebus merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tetapi, ada cara  agar telur rebus yang kamu masak benar – benar matang dengan sempurna.

Untuk memasak telur rebu, pertama tempatkan telur ke dalam panci dan rendam dalam air dingin. Lalu, letakkan panci di atas api sedang dan didihkan.

Setelah mendidih, tutup panci lalu rebus telur selama delapan sampai sepuluh menit untuk mendapatkan hasil matang yang sempurna.

3. Telur Rebus Tanpa Kulit atau Poached Egg

Telur rebus tanpa kulit atau Poached egg ini merupakan cara memasak telur dengan cara yang berbeda dari merebus telur pada umumnya dengan kulitnya..

Untuk membuat poached egg ini kamu tidak boleh menggunakan air yang terlalu mendidih. Suhu yang disarankan berkisar 95 hingga 97 derajat Celsius. Selain itu, kondisi telur harus benar – benar masih fresh dan baru.

Jika telur dalam kondisi tidak segar maka kuning dan putih telur biasanya akan terpisah saat direbus.

Cara membuatnya adalah pecahkan telur ke dalam mangkuk kecil lalu panaskan air hingga hampir mendidih dan tambahkan cuka sedikit demi sedikit sampai kamu bisa mencium aroma asam cuka yang keluar dari uap air.

Setelah air hampir mendidih, aduk air secara perlahan secara memutar hingga membentuk seperti pusaran. Saat air masih memutar, masukkan telur.

4. Telur Orak – Arik

Untuk membuat telur orak – arik menjadi sempurna, kamu bisa menambahkan mentega atau krim sebelum memasaknya. Setelah mengocok telur, campurkan mentega tau krim, garam, dan sedikit merica di dalam mangkuk kecil.

Lalu kocok lagi hingga rata. Lalu, goreng telur orak – arik seperti biasa.

5. Memasak Telur Dengan Microwave

Selain merebus dan menggoreng, kamu juga bisa memasak telur dengan menggunakan microwave. Cara membuatnya adalah taburkan sedikit garam ke dalam cangkir anti panas, lalu pecahkan telur ke dalam cangkir.

Tusuk kuning dan putih telur beberapa kali menggunakan garpu. Lalu, tutup cangkir menggunakan bungkus plastik antimicrowave.

Kemudian, masukkan cangkir ke dalam microwave dan set pada suhu tinggi selama sekitar 1 menit. Angkat dan sisihkan sekitar 30 detik sebelum melepaskan bungkus plastik.

Itulah ke – 5 cara memasak telur dengan baik dan sempurna. Apakah kamu sudah pernah mencoba kelima hal di atas ? Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga

Exit mobile version