5 Cara Membuat Postingan Jualan Di Facebook Yang Wajib Anda Tahu


5 Cara Membuat Postingan Jualan Di Facebook Yang Wajib Anda Tahu 1

Dengan pengguna aktif lebih dari 60 juta orang tiap bulannya, facebook kemudian menjadi tempat yang ideal untuk menawarkan produk yang akan kita pasarkan. Pengguna facebook saat ini juga semakin beragam, tidak ada batasan usia serta dapat diakses oleh semua kelas masyarakat. Artinya segala macam produk bisa dipasarkan di facebook. Baik itu produk baru dengan merek terkenal, produk bekas, produk buatan sendiri, dsb.

Ketika anda berjualan di facebook, artinya anda tidak akan bertemu dengan calon pembeli secara langsung. Dia berada ditempat yang mungkin sangat jauh  dari tempat anda berada. Maka dari itu, kemampuan membangun kepercayaan sangat penting untuk anda lakukan sebelum mulai menawarkan produk yang akan anda jual. Meski anda seseorang yang jujur, namun calon pembeli belum tentu percaya begitu saja. Ia mungkin akan membuka profil anda, membaca informasi, melihat foto dan video anda, atau melihat postingan-postingan yang anda buat. Itu artinya detil-detil profil anda memang harus begitu anda perhatikan dengan seksama,supaya dapat meyakinkan calon pembeli anda.

5 Cara Membuat Postingan Jualan Di Facebook Yang Wajib Anda Tahu 3

Calon pembeli tidak serta-merta mendatangi profil kita tanpa ada daya tarik yang membuatnya mengklik nama profil kita untuk mengecek. Ia terlebih dahulu melihat postingan atau komentar yang kita buat. Jika anda sudah berteman, maka postingan pada News Feed yang akan memiliki peran terbesar agar anda diketahui oleh calon pembeli. Postingan merupakan alat anda untuk menarik calon pembeli agar produk anda terjual. Artinya anda harus benar-benar membuat postingan yang menarik, agar calon pembeli mau membaca, melihat foto atau video, mengirimi anda pesan, atau langsung menghubungi nomor telfon anda.

Untuk membuat postingan yang menarik, tentu saja tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Meskipun pengguna facebook jutaan, namun jika postingan yang anda buat tidak berkwalitas mereka juga tak akan tertarik dengan penawaran anda. Diperlukan teknik khusus agar postingan anda mampu menarik pembeli. Setidaknya ada lima hal yang wajib anda ketahui dan praktekan dalam membuat postingan di facebook. Berikut satu per satu akan saya ulas untuk anda :

Kenali Audiens Anda

Audiens merupakan orang yang akan membaca dan melihat postingan yang anda buat. Dengan mengenali audiens ini, anda akan mampu menentukan postingan yang cocok dengan mereka, baik secara umur, minat, dsb. Hal ini dimaksudkan agar setiap postingan yang anda buat mampu memancing respon positif dari audiens. Atau agar anda bisa menghindari postingan yang menyebabkan para audiens marah, tersinggung dan sakit hati. Jika hal itu terjadi maka mereka akan meninggalkan postingan anda, atau bahkan menghapus pertemanan dengan anda.

Membuat Postingan Secara Rutin

cara menghapus akun fb

Dengan membuat postingan secara rutin, anda akan tetap menjalin hubungan dengan para audiens. Mereka akan menganggap bahwa anda selalu ada. Hal ini akan membuat anda begitu dekat dengan para audiens. Yang perlu diperhatikan adalah postingan tersebut tetap sesuai dengan kebutuhan para audiens. Postingan tidak monoton serta tidak hanya tentang produk yang anda jual. Selain itu, usahakan agar postingan anda tidak membuat para audiens merasa bosan dan meninggalkan anda.

Mengatur Waktu Posting

masuk facebook

Para audiens tidak sepanjang hari selalu berada di facebook. Ada saat-saat tertentu ketika mereka membuka facebook. Anda harus menemukan waktu yang tepat kapan mereka membuka facebook. Cara termudah yang bisa anda lakukan adalah melakukan pengecekan teman yang online melalui messenger. Mengirim postingan di waktu yang tepat akan membuat interaksi semakin baik, begitu juga sebaliknya.

Hindari Membuat Postingan Spam

Membuat postingan yang tidak relevan tentu saja akan membuat para audiens menjadi bosan dan tidak menyukainya. Atau terlalu banyak share di grup misalnya. Hal ini tidak hanya akan membuat para audiens tidak menyukai anda. Sistem facebook kemungkinan juga akan memberi hukuman terhadap perilaku ini. Jadi usahakan untuk membuat postingan yang relevan dan tidak berlebihan.

Manfaatkan Hastag

Hastag di facebook mungkin memang tidak terlalu dimanfaatkan seperti halnya di twitter maupun instagram. Namun sangat penting juga untuk anda manfaatkan untuk memperudah pencarian. Dengan catatan pemanfaatan hastag ini juga relevan dan tidak berlebihan.

Itulah lima hal yang perlu anda perhatikan ketika membuat postingan untuk jualan di facebook. Memang butuh pengalaman dan jam terbang agar semua bisa berjalan dengan lancar. Itu semua memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Berjualan di facebook juga membutuhkan kesabaran agar apa yang kita inginkan tercapai.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Elang

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments